Distributor Ayam Frozen Terpercaya, Ini Cirinya!

Memilih distributor ayam frozen terpercaya sangat menentukan kualitas ayam yang dijual ataupun dimasak. Ini sangat penting diketahui oleh pebisnis ayam frozen supaya bisa bisa memilih distributor paling tepat.

Distributor berkualitas pastinya mampu menyediakan ayam frozen yang berkualitas dan higienis. Ini dikarenakan kualitas produk sangatlah menentukan kandungan nutrisi di dalamnya.

Jadi, jangan sampai salah memilih ya saat membeli ataupun berlangganan dengan distributor ayam frozen.

Baca Juga :

Ciri-Ciri Distributor Ayam Frozen Terpercaya

Terlebih, jika sudah punya pelanggan sebelumnya dan ingin memulai bisnis ayam frozen. Sehingga, kamu wajib tahu ciri-ciri distributor ayam frozen terpercaya itu seperti apa.

1. Pengemasan Sudah Berlabel Halal

Distributor ayam frozen terpercaya cirinya pengemasan sudah berlabel halal
Sumber Gambar: Minanews.net

Kehalalan makanan di Indonesia menjadi hal yang cukup krusial. Pasalnya, sebagian penduduk indonesia beragama islam sehingga hal ini menjadi parameter utama kenapa ia harus membeli ayam frozen di distributor tersebut.

Selain itu, label halal biasanya ditemukan pada pengemasannya. Dimana, pengemasan sendiri juga menjadi hal pertama untuk menentukan kualitas produk. Sebab, mata pelanggan pastinya cenderung menilai sesuai dari bungkus luarnya saja.

Saat ini sangat banyak ayam frozen beredar di pasaran. Akan tetapi, tetap saja untuk memilih distributor terpercaya harus mempertimbangkan ini supaya pelanggan pun juga tetap loyal.

Pada bagian pengemasan, minimal sudah berlabel sertifikat halal dari MUI. Lalu, sertifikat izin dari BPOM juga tak kalah penting ya.

Ini akan menjadi alasan kenapa ayam frozen ini harus dibeli. Tak lain karena sudah melewati proses standarisasi yang panjang dan disyaratkan BPOM.

Adanya label MUI serta BPOM di bagian bungkusnya sebenarnya sudah cukup mewakili bahwa ayam frozen sehat dan halal dikonsumsi. Halal tentu tidak hanya dari proses dan bahannya saja, tetapi dari segi manfaatnya untuk konsumen.

Sementara itu, label BPOM lebih menunjukkan kalau produk ini tidaklah mengandung bahan kimia berbahaya. Ini termasuk dari segi perasa, pewarna, pengawet, dan sebagainya. Jadi, akan mengatakan kalau makanan ini sehat dan bernutrisi.

2. Jenis Plastik MInimal Tebal Food Grade BPA Free

Jenis plastik yang digunakan distributor ayam frozen mInimal tebal food grade BPA free
Sumber Gambar: Id.theasianparent.com

Selain memperhatikan poin pada bungkus kemasan ayam frozen, bahan plastik yang digunakan juga turut menjadi pertimbangannya. Pastikan plastikan yang digunakan tersebut minimal tebal food grade BPA free.

Di samping itu, beberapa informasi dasar seperti tanggal expired dan pengemasannya tertera dengan jelas. Biasanya ini digambarkan sebagai ED (expired date) dan MD (manufacturing date). Jadi, pelanggan bisa yakin kalau ini adalah produk ayam frozen asli bukan tiruan apalagi manipulasi tanggal.

Kadang, beberapa jenis produk ditemukan dalam kemasan di press. Sebenarnya inilah salah satu yang mengindikasikan kalau pengemasan dilakukan dengan bahan-bahan berkualitas. Kemasan yang demikian pada umumnya sudah melalui tahapan pasteurisasi.

3. Menggunakan Sistem Pendinginan Berteknologi Tinggi

Distributor ayam frozen menggunakan sistem pendinginan berteknologi tinggi
Sumber Gambar: Lalamove.com

Kehigienisan sebuah produk frozen juga bisa dinilai dari proses pendinginan yang telah dilakukannya. Berikut adalah tahapan pendinginan yang umumnya dilakukan para distributor.

Untuk pendinginan pertama ditujukan untuk mematikan mikroba. Jadi, ayam frozen tidak akan ikut terkontaminasi oleh mikroba yang ada. proses tersebut seharus telah dimulai sejak pemotongan ayam frozen itu sendiri.

Prosesnya dilakukan dengan perendaman air panas ketika pencabutan bulu-bulu ayam. Ini sebenarnya juga bisa mempermudah pekerjaan sekaligus membersihkan kotoran yang ada pada tubuh ayam.

Sementara itu, untuk pencucian dagingnya dilakukan dengan air mengalir untuk mendukung kualitas kebersihan aya sebelum proses pendinginan. Adapun pendinginan yang cepat tidak hanya bisa mensterilkannya dari mikroba, tetapi juga bisa menjaga kualitas daging, lho.

Kemudian, sebelum terpapar oleh suhu udara di luar, pastikan kualitas daging masih prima. Misalnya, tingkat kekenyalan dan elastis yang maksimal. Untuk itu, harus didinginkan dulu untuk mempertahankan penggunanya sehingga lebih lama.

Proses pendinginan kedua akan dilakukan ketika proses pengemasannya. Dimana ayam dibekukan dalam suhu kurang dari 180 derajat celcius. Setelah pengemasan, penyimpanan pun harus di ruang khusus dengan sistem pendinginan berteknologi tinggi.

4. Menggunakan Fasilitas Pengiriman yang Aman

Distributor ayam frozen menggunakan fasilitas pengiriman yang aman
Sumber Gambar: Accesslogistik.com

Ternyata distributor recommended tidak bisa dilihat dari proses pembuatan ayam frozen yang sesuai saja, tetapi pengirimannya juga harus mampu menjamin kualitas ayam frozen. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih fasilitas pengiriman khusus frozen food.

Pertama, memiliki kendaraan dengan teknologi pendingin yang khusus. Sudah harus sesuai dengan standar mutu frozen food. Kedua, armada sudah disetting secara khusus agar makanan dingin hingga beku.

Lalu, tidak semua kurir juga memiliki akses masuk keluar gudang. Jadi, kontaminasi pun dapat diminimalisir, entah itu karena kurirnya sendiri ataupun alat yang dibawa ke dalam gudang.

Kesimpulan

Itulah ciri-ciri distributor ayam frozen terpercaya. Pahami dengan cermat supaya kamu mendapatkan agen distributor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kepercayaan pelanggan pun dengan mudah bisa didapatkan.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment