7 Cara Agar Kucing Tidak Hamil Selain Harus di Steril

Sebagian pemelihara kucing tidak mengingonkan kucing betinanya beranak pinak atau hamil. Saat kucing beranak pinak, hal tersebut akan merepotkan perawatan kucing tersebut. Untuk itu dibutuhkan cara agar kucing tidak hamil tentunya dengan cara yang lebih aman.

Umumnya kucing yang tidak diinginkan kehamilannya akan disterilkan ke dokter hewan yang sudah ahlinya. Memang cara tersebut aman, tetap dikhawatirkan terdapat efek samping setelahnya. Ternyata selain cara steril, ada cara lain agar bisa kucing lebih terkontrol.

Hal ini mengingat birahi kucing akan meningkat dalam beberapa bulan, sehingga menginginkan hubungan dengan kucing lain. Dengan cara aman dalam mengontrol burahi kucing, maka kehamilan bisa dicegah lebih dini. Beberapa cara membuat kucing tidak hamil bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Agar Kucing Tidak Hamil Secara Lebih Aman

Ada banyak alternatif cara yang bisa digunakan untuk mengontrol tingkat kehamilan kucing. Cara-cara yang digunakan juga harus dipastikan aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kucing tersebut. Alternatif cara ini bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Diantara caranya adalah:

1. Melakukan Pijatan Pada Tubuh Kucing

Melakukan Pijatan Pada Tubuh Kucing

Alternatif cara pertama yang bisa digunakan untuk mengontrol kehamilan kucing betina adalah dengan melakukan pijatan pada tubuh kucing tersebut. Mungkin banyak dari Anda yang tidak menyangka bahwa cara yang satu ini cukup efektif dipraktekkan.

Pasalnya saat kucing mengalami birahi, ia akan mengeong dengan keras dan mulai menggesekkan kelaminnya pada benda atau lantai. Dengan memijat tubuh kucing ini, kucing akan merasa sedikit tenang dan nyaman.

Saat memijat pastikan menekan bagian atas pantat kucing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kucing betina agat merasa seperti sedang menyalurkan birahinya dengan kucing jantan. Kucing jantan memang akan melakukan tekanan pada pantat atas saat berhubungan dengan betina.

Cara mencegah kucing agar tidak hamil ini memang cukup efektif, namun biasanya tidak permanen alias harus diulang terus setiap kali rasa birahi kucing betina itu muncul.

2. Mengisolasi Kucing Dalam Ruangan Khusus

Mengisolasi Kucing Dalam Ruangan Khusus

Melakukan isolasi pada kucing bisa dilakukan dengan cara mengurangi kucing tersebut dalam sebuah ruangan khusus. Ruangan ini harus tetap dibuat senyaman dan seaman mungkin. Namun perlu diketahui, sebelum melakukan isolasi ini, pastikan sudah tahu siklus entrus kucing.

Siklus entrus sendiri merupakan masa munculnya birahi kucing tersebut dalam kurun waktu tertentu. Umumnya siklus entrus ini akan berjalan hingga 14 hari lamanya. Dalam kurun waktu ini, secara perlahan birahi kucing akan mereda.

Lama kelamaan, sistem isolasi ini dapat membuat kucing jadi lebih bisa mengendalikan birahinya sehingga tidak hamil sembarangan dengan kucing luar. Agar kucing tidak hamil tanpa steril, cara ini bisa digunakan secara rutin selama masa siklus entrusnya terjadi.

Pastikan saat membuat ruang isolasi, tidak ada celah bagi kucing lain untuk masuk ke dalam ruang tersebut utamanya bagi kucing jantan.

Baca Juga: 7 Pakan Pantangan Buat Kambing Saat Hamil!

3. Memberikan Dudukan Yang Hangat

Memberikan Dudukan Yang Hangat

Cara agar kucing tidak hamil selanjutnya adalah dengan memberikan dudukan yang terasa hangat pada kucing. Cara ini mungkin terdengar sangat sepele, namun ternyata cukup efektif.

Saat masa birahi muncul pada kucing betina, alat reproduksi kucing tersebut cenderung akan  membesar dan sensitif terhadap benda-benda yang dingin di sekitarnya. Untuk itu dudukan hangat ini bisa diberikan pada kucing sehingga ia merasa lebih nyaman.

Saat merasa nyaman, birahinya juga bisa jadi lebih mereda. Biasanya cara alami agar kucing tidak hamil ini dilakukan dengan menggunakan handuk lembut yang dibasahi dengan air hangat dan diperas terlebih dulu, barulah kemudian handuk dijadikan dudukan untuk kucing.

4. Memberikan Jatah Makan Lebih Banyak

Memberikan Jatah Makan Lebih Banyak

Percaya atau tidak saat perut kucing merasa kenyang ia akan merasa nyaman, dan kenyamanannya tersebut dapat membuat rasa birahinya mereda dengan sendirinya. Namun perlu diperhatikan saat masa birahi kucing datang, biasanya kucing merasa tidak nafsu makan.

Meski begitu, cara ini tetap bisa dicoba dengan mengganti makanan kucing yang biasanya dengan makanan yang lebih menggoda kucing. Berikan jatah berbagai macam menu makan kucing yang lebih banyak, sehingga hal tersebut dapat menarik perhatian kucing itu sendiri.

Cara agar kucing betina tidak hamil ini sudah dipastikan aman. Utamanya cara ini justru akan membuat daya tahan tubuh kucing jadi lebih baik dan nutrisi makanannya terpenuhi dengan baik. Pastikan juga untuk memberikan jenis makanan yang aman saja.

Pahami dengan baik makanan apa yang bisa dan tidak bisa dimakan oleh kucing betina tersebut. Karena sama halnya dengan manusia, terkadang ada beberapa kucing yang punya pantangan makanan.

5. Membersihkan Pasir Kucing Dengan Rutin

Membersihkan Pasir Kucing Dengan Rutin

Membersihkan pasir tempat kucing bermain bisa menjadi salah satu cara mencegah agar kucing tidak hamil. Mungkin banyak yang tidak menyadari metode yang satu ini karena terdengar sangat remeh.

Namun tahukah Anda bahwa saat kucing mengalami birahi, ia dapat membuat daya tarik dengan memanfaatkan air kencingnya. Air kencingnya ini biasanya dibuang di atas pasir tempatnya tinggal atau bermain.

Air kencing kucing birahi punya aroma yang berbeda dengan air kencing kucing sehari-hari di luar masa birahi.

Itulah mengapa dengan membersihkan tempat main kucing secara rutin dapat mencegah terjadinya hubungan antara kucing jantan dan betina karena daya tarik yang sudah dibuat oleh kucing betina tersebut.

6.  Mencampurkan Pakan Kucing Dengan Ragi

Mencampurkan Pakan Kucing Dengan Ragi

Cara agar kucing tidak hamil tanpa steril juga bisa dilakukan dengan alternatif pencampuran pakan kucing menggunakan ragi. Pasalnya ragi ini mampu mencegah terjadinya kehamilan atau kesuburan kucing betina.

Metode mencampurkan ragi ke dalam makanan kucing harus dilakukan setelah dipastikan bahwa kucing tersebut memang belum hamil. Mengapa demikian? Campuran ragi dalam makanan kucing dapat membuat kucing keguguran.

Efek lain jika tidak keguguran, anak kucing yang lahir akan jadi cacat. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Untuk itu harus benar-benar dipastikan kucing belum hamil barulah campuran ragi diberikan pada pakan kucing.

Adapun cara membuat kucing betina tidak bisa hamil ini sebenarnya juga tidak menjamin berhasil marina faktor kemauan kucing itu sendiri. Ragi akan memberikan efek bau yang menyengat, sedangkan kucing betina kurang suka dengan bau makanan yang menyengat.

7. Memandikan Kucing Saat Masa Birahi

Memandikan Kucing Saat Masa Birahi

Saat kucing sedang birahi, bulu-bulu harusnya akan banyak yang mengalami kerontokan. Setelah diketahui ciri-ciri masa birahinya sudah mulai, kucing bisa segera dimandikan.

Sebagian besar pecinta peliharaan kucing percaya bahwa dengan memandikan kucing saat birahi akan mengurangi atau meredakan nafsu birahinya untuk bersetubuh. Tentu saja cara ini tidak permanen hasilnya.

Selama masih masa birahi, kucing akan terus mengeong seolah memberikan isyarat bahwa ia ingin melampiaskan birahinya. Maka cara agar kucing tidak beranak terus bisa dimandikan secara rutin, setidaknya dua kali sehari selama masa birahinya berlangsung.

Jangan lupa, setelah itu pastikan kucing tidak keluar kandang untuk mencari jantan yang bisa memenuhi birahinya tersebut.

Kesimpulan

Cara agar kucing tidak hamil terus menerus memang bisa diakali tanpa harus menghilangkan Rahim kucing betina tersebut. Hal ini karena menghilangkan rahim kucing dengan mensterilkannya mungkin akan menimbulkan efek tertentu pada kucing.

Untuk itu beberapa alternatif cara yang sudah disebutkan di atas bisa dicoba sendiri di rumah dan keamanannya lebih bisa terjamin. Jika memang harus melakukan steril, pastikan berkonsultasi pada dokter hewan yang profesional.

Baca Juga: Ciri-Ciri Sapi Hamil yang Wajib Diketahui

Sharing Is Caring: