8 Umpan Ikan Gabus Alami Palng Jitu dan Murah Meriah

Ikan gabus atau yang lebih dikenal dengan channa merupakan spesies ikan yang hidup di  air tawar seperti sungai, danau hingga rawa-rawa. Jenis ikan ini kini naik daun dan banyak dicari oleh orang. Untuk bisa menangkapnya, biasanya mereka akan menggunakan umpan ikan gabus alami.

Dari bentuk fisiknya, ikan gabus memuliki tubuh yang panjang dan silindris dengan kepala agak runcing. Pada beberapa spesies ikan gabus, warna tubuhnya pun bervariasi mulai dari coklat, hijau atau bahkan belang. Meski termasuk ikan pemangsa, namun ikan gabus juga sangat cocok dijadikan santapan lezat.

Tidak hanya lezat, ikan gabus juga dikenal mengandung nutrisi yang baik mulai dari protein, vitamin, mineral sampai omega 3. Kandungan nutrisi tinggi ini sangat cocok dinikmati oleh anak-anak yang tengah masa pertumbuhan. Tidak heran, jika banyak yang mencari ikan gabus untuk dikonsumsi.

Daftar Umpan Ikan Gabus Alami Paling Jitu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis ikan gabus merupakan salah satu ikan pemangsa. Artinya, makanan utama ikann gabus adalah hewan-hewan kecil yang ada di sekitarnya. Biasanya, ikan gabus lebih suka memangsa ikan kecil, amfibi atau serangga yang ada di sekitar perairan.

Dengan kebiasaan makan ikan gabus yang seperti ini, tentu saja para pemburunya juga harus menyesuaikan. Jika bertanya apa saja umpan alami ikan gabus paling jitu, tentu jawabannya tidak jauh dari hewan-hewan kecil yang ada di sekitar wilayah perairan air tawar. Apa sajakah daftarnya?

1. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Umpan satu ini rasanya tidak pernah boleh dilewatkan dari daftar umpan. Pasalnya, cacing tanah adalah salah satu hewan yang sangat disukai oleh ikan gabus. Hal ini disebabkan karena cacing tahan memiliki aroma amis yang bisa menarik perhatian sang ikan.

Untuk bisa mendapatkan cacing tanah, para pemancing bisa menemukannya dengan mudah. Cukup kumpulkan cacing tanag yang berada di area sekitar tanah gembur. Jika tidak ingin repot, cacing umpan untuk ikan biasanya sudah banyak dijual di pasar.

Namun, perlu diperhatikan jika memutuskan untuk menggunakan umpan gabus alami. Pastikan untuk memilih cacing tanah yang segar dan sehat. Cacing tanah yang segar dan aktif akan lebih efektif digunakan untuk menarik perhatian sang ikan gabus.

2. Berbagai Jenis Ikan Kecil

Berbagai Jenis Ikan Kecil

Umpan ikan gabus alami lainnya yang bisa dicoba adalah berbagai jenis ikan kecil mulai dari wader, sepat atau anak emas. Jenis ikan kecil ini sangat cocok digunakan sebagai umpan karena ikan gabus sendiri juga sangat menyukai memangsa ikan-ikan kecil di perairan untuk makanan utamanya.

Dengan menggunakan umpan ikan kecil ini, insting berburu sangn ikan gabus akan semakin meningkat. Hasilnya, umpan akan lebih mudah diserobot oleh ikan gabus. Namun perlu diperhatikan untuk memiilih ikan kecil yang masih segar. Semakin segar umpan ikan gabus liar, maka semakin menarik perhatian.

3. Katak Kecil

Katak Kecil

Katak kecil memang secara alamiah sudah menjadi bagian dari makanan utama ikan gabus. Hidupnya yang berdampingan juga membuat katak kecil kerap diburu ikan gabus untuk dijadikan makanan. Karena itulah, katak kecil bisa jadi salah satu umpan ikan gabus yang terbaik untuk dicoba.

Meski demikian, para pemancing harus tetap memerhatikan tata cara memancing ikan gabus agar bisa menghasilkan. Pasalnya, cara mancing ikan gabus siang hari tentu harus menerapkan teknik yang berbeda dengan malam hari meskipun umpan yang digunakan sama.

4. Belalang

Belalang

Belalang juga bisa jadi alternatif terbaik untuk menjadi umpan ikan gabus. Nah, belalang yang masih segar dapat membat ikan gabus tertarik dan mendekat ke arah jebakan. Alhasil, para pemancing pun bisa dengan mudah mendapatkan ikan gabus. Atau bisa menerapkan cara membuat essen ikan gabus.

Meski demikian, teknik memancing menggunakan umpan belalang ini berbeda dengan yang lainnya. Jika menggunakan umpan ini, belalang cukup dilempar di area yang memiliki banyak populasi ikan gabus. Setelah dilempar, tunggu beberapa saat hingga sang belalang didekati ikan.

Umpan ikan gabus alami belalang ini pun bisa menarik perhatian sekelompok ikan gabus. Apabila ikan gabus sudah mendekat, secara barhati-hati jerat ikan. Setelah itu selama! Ikan gabus akhirnya sudah ada di genggaman. Namun, tetap berhati-hati jika menggunakan teknik ini.

5. Jangkrik

Jangkrik

Serangga lain yang bisa dijadikan umpan ikan gabus yang paling ampuh adalah jangkrik. Serangga satu ini sangat disukai oleh ikan gabus karena memiliki bau yang cukup menyengat, terlebih jika cairan dalam tubuhnya keluat. Hal inilah yang membuat ikan gabus mudah tertarik pada jangkrik.

Khusus untuk teknik memancingnya, aplikasinya masih sama dengan belalang. Jangkrik dilempar di area yang terlihat berpotensi menjadi area ikan gabus, kemudian tunggu beberapa saat. Jika ikan gabus sudah mendekat, saatnya para pemancing untuk beraksi!

6. Ulat Daun

Ulat Daun

Ulat daun ternyata juga bisa digunakan sebagai umpan ikan gabus alami. Akses pencariannya sangat mudah. Biasanya, ulat daun akan banyak ditemukan pada daun pisang yang menggulung. Selanjutnya, langsung potong ulat dan gunakan untuk memancing. Ingat, pastikan ulat langsung digunakan.

Pasalnya, umpan ikan gabus yang susah makan itu disebabkan karena umpannya yang sudah tidak segar. Karena itulah, pastikan untuk mendapatkan umpan segar agar bisa lebih banyak dan mudah mendapatkan perhatian ikan gabus.

7. Umpan Racikan

Umpan Racikan

Jika ingin tips lebih ampuh untuk mendapatkan ikan gabus, maka bisa disisati dengan menggunakan umpan racikan. Racikan umpan ikan gabus ini biasanya terbuat dari campuran beberapa bahan. Saat mencampurnya, perhatikan benar-benar agar tidak terjadi kesalahan.

Adapun bahan yang digunakan untuk meracik umpan ikan gabus ini adalah pellet pf 100, sarden, bawang putih, tepung ikan, roti marie hingga air secukupnya. Apabila semua bahan sudah disiapkan, langsung olah semua bahan tersebut dengan mencampurkannya secara merata.

Jika sudah tercampur rata, maka umpan ikan gabus buatan ini sudah bisa digunakan. Campuran dari bahan berkualitas ini juga terbukti menjadi umpan ikan gabus babon terbaik. Jadi, jika tidak sempat berbelanja umpan, membuat sendiri juga tidak sulit dilakukan.

Baca Juga: Cara Panen Nila Secara Total dan Sebagian yang Benar

8. Cicak

Cicak

Setelah membahas tentang umpan buatan, kembali lagi pada jenis umpan yang alami. Selain yang sudah disebutkan di atas, ternyata cicak juga merupakan hewan yang bisa menjadi umpan ikan gabus alami lainnya. Tentu hal ini jadi amat sangat tidak terduga, bukan?

Saat menggunakan cicak untuk umpan alami, pemancing harus memotong badan cicak terlebih dahulu. Setelah itu, badan cicak yang sudah dipotong bisa dikaitkan ke kail pancing. Dengan aroma amis pada cicak ini, si ikan gabus akan tertarik. Karena itu, cicak sangat cocok jadi umpan gabus malam hari.

Kesimpulan

Pada akhirnya, ikan gabus memang menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati. Selain karena rasanya yang lezat, kandungan nutrisinya sangat bagus untuk kesehatan terutama bagi anak yang dalam masa pertumbuhan. Tidak heran, jika jenis ikan satu ini paling banyak dicari pemancing.

Agar bisa dengan mudah mendapatkan ikan gabus saat memancing, perlu diperhatikan pemilihan umpannya. Ada baiknya, para pemancing menggunakan umpan ikan gabus alami seperti ikan kecil, amfibi hingga seragga yang masih segar dan fresh. Hasilnya, tentu hasil memancing jadi lebih banyak.

Baca Juga: Manfaat Semut Rang Rang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sharing Is Caring: