Setiap peternak ayam tentu ingin agar hewan ternaknya tumbuh sehat dan hasil panennya melimpah. Untuk mencapai keinginan tersebut, peternak ayam bisa memberi vitamin pada hewan peliharaannya. Salah satu vitamin yang bisa diberikan ialah Vitachick.

Apa itu Vita Chick? Ini adalah produk vitamin yang bisa diberikan kepada ayam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Kandungan multivitamin di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam. Tertarik ingin tahu lebih banyak soal produk ini? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Gambaran Umum Vitachick Ayam

Gambaran Umum Vitachick Ayam

Produk ini hadir dalam bentuk serbuk yang berwarna coklat muda. Serbuk tersebut bisa dilarutkan dalam air dan serbuk ini mengandung multivitamin dengan kombinasi Growth Promoter Antibiotik. Kedua kandungan tersebut akan membantu pertumbuhan anak ayam agar bisa berlangsung dengan cepat.

Lalu, muncul pertanyaan Vita Chick untuk ayam umur berapa? Produk ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada ayam yang usianya masih di bawah 1,5 bulan atau 6 minggu. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut anak ayam sangat rentan terkena penyakit.

Meskipun demikian, Anda pun bisa memberikan produk ini pada ayam yang sudah dewasa supaya kesehatannya ikut terjaga.

Kandungan Vitachick

Kandungan Vitachick

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam produk ini terdapat kandungan multivitamin dan dikombinasikan dnegan Growth Promoter Antibiotik. Dengan kandungan tersebut, tentu tidak heran jika manfaat Vitachick begitu besar untuk pertimbuhan ayam.

Untuk lebih lengkapnya, dalam setiap kilogram produk ini terdapat sejumlah kandungan sebagai berikut:

  • Vitamin C 20.000 mg
  • Nicotinic acid 15.000 mg
  • Vitamin B12 1 mg
  • Vitamin K3 1.000 mg
  • D-pantothenate 5.000 mg
  • Vitamin E 2.500 IU
  • Vitamin D3 500.000 IU
  • Calcium
  • Vitamin A 5.000.000 IU
  • Bacitracin MD 35.000 mg

Manfaat Vita Chick Untuk Ayam

Manfaat Vita Chick Untuk Ayam

Melihat berbagai kandungan di atas, sudah jelas bahwa ini merupakan produk yang sangat bagus. Dengan produk ini, ternak ayam Anda bisa terhindar dari paparan virus yang bisa mengganggu kesehatan dan menghambat pertumbuhannya.

Lebih lanjut lagi soal manfaat pemberian Vita Chick untuk ayam ini sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi stres yang berkepanjangan pada ayam
  • Mempercepat pertumbuhan ayam
  • Mencegah terjadinya kekurangan vitamin pada ayam
  • Membantu mengurangi angka kematian anak ayam

Selain bisa diberikan kepada ayam, sebenarnya produk ini juga bisa diberikan untuk burung dan bebek. Hanya saja, untuk kedua jenis hewan ini belum ada aturan pemakaian pastinya.

Baca Juga: Macam-macam Pakan Ayam Supaya Cepat Bertelur

Alasan Perlunya Memberikan Produk Multivitamin Vita Chick Pada Ayam

Alasan Perlunya Memberikan Produk Multivitamin Vita Chick Pada Ayam

Sebenarnya berbagai kandungan dan manfaat produk ini sudah menjadi alasan yang jelas mengapa Anda perlu memberikan Vita Chick pada ayam peliharaan. Namun, untuk memperkuat alasan di atas, mari simak alasan lainnya di bawah ini.

1. Kandungan yang Sangat Lengkap

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, produk ini memiliki kandungan yang sangat lengkap. Kandungan tersebut akan membantu menjaga kesehatan ayam secara keseluruhan dan sekaligus memaksimalkan pertumbuhannya.

2. Efisien

Produk ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu melarutkan bubuk produk ini ke dalam air minum ayam. Proses pelarutan ini juga bisa lebih mudah karena memang bubuk produk ini cepat larut dalam air.

3. Tahan Lama

Keunggulan lain dari produk ini ialah kandungannya yang bisa memicu pertumbuhan ayam dengan stabil. Selain itu, produk ini juga tahan lama sehingga Anda bisa menggunakannya selama beberapa waktu.

Dosis dan Cara Pemberian Vitachick Pada Ayam

Dosis dan Cara Pemberian Vitachick Pada Ayam

Produk ini memang merupakan produk yang aman bagi ayam. Meskipun demikian, pemberiannya tidak boleh asal apalagi sembarangan dan berlebihan. Anda tetap wajib mengikuti aturan pakai Vitachick dan dosis yang biasanya sudah tertera di label kemasan.

Namun secara umum, takaran atau dosis pemberian bubuk multivitamin ini kepada ayam aturannya sebagai berikut:

  • Anak ayam yang usianya masih 0 – 2 minggu bisa diberikan sekitar 5 gram untuk setiap 7 liter air minum setiap harinya
  • Anak ayam yang usianya masih 3 – 4 minggu bisa diberikan sekitar 5 gram untuk setiap 12 liter air minum setiap harinya
  • Anak ayam yang usianya sudah 5 minggu sampai usia dewasa bisa diberikan sekitar 5 gram untuk setiap 7 liter air minum setiap harinya dan ini khusus apabila ayam tersebut mengalami gangguan

Soal cara pemberiannya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Anda hanya perlu mencampurkan serbuk multivitamin ini pada air minum ayam. Atau bisa juga menaburkannya pada pakan ayam. Soal jadwal, Anda bisa memberikannya baik saat siang hari, pagi hari atau sore hari.

Serbuk multivitamin yang dicampur dengan air, harap diusahakan agar bisa habis dalam kurun waktu 24 jam. Apabila dalam waktu tersebut air ini tidak habis, air bisa dibuang lalu diganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Pada intinya, Vitachick adalah produk yang sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak ayam. Namun, bukan hanya bisa diberikan pada anak ayam, produk inipun bisa diberikan pada ayam dewasa. Bahkan Anda juga bisa memberikannya pada burung dan bebek.

Baca Juga: Tips Budidaya Ayam Sentul yang Menjanjikan

Share:
close