Ikan koi adalah ikan asal Jepang yang menjadi salah satu ikan hias paling populer di seluruh dunia. Di Indonesia, ada banyak jenis ikan koi yang dijual mulai dari yang harga termurah hingga termahal. Perbedaan jenis inilah yang memengaruhi adanya perbedaan harga ikan koi.

Selain karena adanya perbedaan jenis, harga ikan koi juga dipengaruhi dari perbedaan warnanya. Semakin indah corak pada ikan koi, maka semakin mahal harganya. Adapun warna-warna koi yang sangat populer adalah merah, oranyem hijau, biru bahkan ada juga yang ungu.

Salah satu alasan paling umum orang memelihara koi adalah karena dianggap membawa keberuntungan. Hal inilah yang membuat koi kian digandrungi sebagai hewan peliharaan. Sebagai informasi, koi dewasa bisa tumbuh sampai ukuran lebih dari 60 cm sehingga butuh ruang yang besar.

Apa Saja Jenis Ikan Koi yang Banyak Diminati?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan koi memiliki berbagai jenis. Berbagai jenis koi ini bisa dikelompokkan sesuai dengan warna, pola hingga ciri-ciri fisiknya. Penasaran apa saja jenis koi yang paling umum dan banyak dibudidayakan? Simak informasi selengkapnya di sini!

1. Ikan Koi Chagoi

Ikan Koi Chagoi

Jenis koi satu ini sangat terkenal dengan warna-warnanya yang hangat seperti coklat, kuning, oranye hingga krem. Selain warnanya yang hangat, corak pada Chagoi biasanya solid dan monokromatik. Artinya, warna tubuhnya memiliki satu warna utama dengan pola yang tidak terlalu rumit.

Meskipun coraknya sederhana, namun tetap terlihat mewah. Karena coraknya yang tidak terlalu rumit, harga ikan koi jenis Chagoi termasuk yang paling mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk ukuran dewasa, chagoi hanya dibanderol dari harga mulai dari Rp200.000 sampai Rp400.000-an saja

2. Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Koi Tancho merupakan salah satu jenis koi yang sangat dihargai. Hal ini disebabkan karena pola warna pada Tancho disebut menyerupai simbol matahari terbit yang ada di bendera Jepang. Pada Tancho, dapat terlihat jelas salah satu bercak merah yang menonjol di kepala yang menjadi ciri khasnya.

Nama Tancho sendiri diambil dari bendera nasional Jepang, Hinomaru yang punya ciri khas seperti matahari terbit. Tidak heran jika jenis ikan koi Tancho sangat dihargai oleh para pecinta koi. Harganya pun dibandol mulai dari Rp700.000 hingga Rp1.000.000 tergantung ukuran dan usianya.

3. Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

 

Jenis koi ini merupakan salah satu yang memiliki pola warna khas. Adapun ciri khasnya adalah memiliki pola hitam dan putih pada tubuhnya. Kedua warna yang kontras ini sering tampak seperti sumbu harfiah dengan warna hitam yang menyebar di atas warna tubuh yang putih.

Biasanya, jenis anakan ikan koi Shiro Utsiri akan terus berkembang hingga dewasa. Seiring bertambahnya usia, pola hitam bisa makin intens dan makin meluas hingga memberikan kombinasi kontras yang menarik. Ikan koi Shiro Utsiri dewasa dibanderol mulai Rp700.000 hingga Rp800.000-an.

4. Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri

Jika bertanya jenis ikan koi apa yang paling mahal, maka Ki Utsiri bisa jadi masuk ke salah satu list-nya. Pasalnya, harga pasaran ikan koi yang punya ciri khas warna jingga dengan bercak hitam ini  dipatok mulai dari Rp850.000-Rp900.000. Harganya pun bisa bertambah sesuai usia dan ukuran ikan.

Penting untuk diketahui bahwa Koi Ki Utsuri ini merupakan variasi ikan koi yang kualitasnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor milai dari usia, ukuran hingga perawatan. Meski demikian, ikan hias satu ini masih menjadi salah satu yang motifnya paling eksotis dan memesona.

Baca Juga: Syarat Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis Depan Rumah

5. Ikan Koi Slayer Kumpay

Ikan Koi Slayer Kumpay

Jenis satu ini juga disebut sebagai koi butterfly. Hal ini disebabkan karena ikan koi Slayer Kumpai punya sirip yang panjang dan indah menyerupai kupu-kupu. Semakin tua usia ikan, maka semakin besar ukurannya. Tentu saja, harga jualnya pun akan jadi lebih mahal.

Adapun budget yang harus disiapkan jika ingin memiliki jenis ikan koi slayer adalah sekitar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta-an. Namun, harga ini bisa lebih mudah jika memutuskan untuk memelihara dari anakan. Pasalnya, harga anakan ikan slayer bisanya akan jauh lebih mudah dibandingkan dewasa.

6. Ikan Koi Ochiba Shigure

Ikan Koi Ochiba Shigure

Koi satu ini termasuk salah satu jenis yang harganya lebih mudah jika dibandingkan yang lainnya. Harganya untuk ukutan dewasa diketahui hanya berada di kisaran Rp200.000 sampai Rp300.000. Meskipun harganya tergolong murah, namun pola warnanya tetap tidak kalah indah.

Ciri khas Ochiba Sigure adalah warna menyerupai daun gugur. Pola warnanya juga terdiri dari abu-abu atau biru kehijauan dengan bercak berwarna merah atau oranye. Jika diletakkan di kolam, warna akan menciptakan efek alami. Tidak heran jika Ochiba Shigure jadi salah satu jenis koi yang banyak diminati.

7. Ikan Koi Kumonryu

Ikan Koi Kumonryu

Jika bertanya ikan koi yang bagus jenis apa sementara seleranya adalah minimalis, maka jenis Koi Kumonryu bisa jadi pertimbangan terbaik. Pasalnya, jenis koi ini memiliki warna dasar putih dan hitam. Ikan dengan tampak misterius ini pun dibanderol mulai dari Rp600.000 hingga Rp700.000-an.

8. Ikan Koi Shusui

Ikan Koi Shusui

Ikan jenis ini umumnya memiliki pola warna yang sangat mencolok. Ciri utamanya adalah memiliki warna biru atau kehijauan. Sementara itu, dibagian sisiknya berbentuk jala atau garis-garis horizontal yang menciptakan efek menyerupai aliaran air.

Untuk jenis ini, pada beberapa bagian juga terlihat seperti meyerupai tulang punggung. Harganya pun dibanderol hanya Rp400.000 sampau Rp500.000 saja. Jenis ikan koi dan harganya ini pun bisa dijadikan sebuah pertimbangan khusus sebelum memutuskan membeli koi yang diinginkan.

9. Ikan Koi Geromo

Ikan Koi Geromo

Jika ingin memberikan warna motif yang lebih bervariasi, ikan koi jenis Geromo ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Koi Geromo pada dasarnya adalah hasil dari persilangan antara Koi Kohaku dan Asagi. Kedua motif koi terbaik ini akhirnya menyatu dan menciptakan motif corak yang unik dan menarik.

Adapun corak warna yang menonjol: hitam, jingga hingga ungu. Tidak heran jika harga dibanderol bervariasi mulai harga Rp450.000-Rp700.000. Para pemeliharanya juga bisa mencoba menyilangkan sendiri dengan memerhatikan dan mempelajari cara mengetahui jenis kelamin ikan koi.

10. Ikan Koi Goshiki

Ikan Koi Goshiki

Dalam Bahasa Jepang, Goshiki berarti lima warna. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bahwa ikan koi jenis ini memiliki pola dan karakteristik warna yang kompleks dan beragam. Umumnya, cakupan warna dari Koi Goshiki adalah merah, hitam, biru, putih hingga abu-abu.

Selain itu, polanya juga bisanya bisa berupa bercak atau garis yang saling bersilangan. Dengan pol aini, tentu saja akan menciptakan warna yang kontras dan dramatis. Pola inilah yang sangat dicintai oleh para pecinta koi. Khusus untuk harga ikan koi jenis goshiki umumnya dipatok mulai Rp700.000.

Kesimpulan

Ikan koi masih menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dicari oleh para pencintanya. Berbagai jenis koi pada dasarnya dapat dibedakan dengan mudah dari motifnya. Semakin kompleks motifnya, maka semakin mahal harga yang harus dirogoh.

Dari daftar diatas, jenis ikan koi termahal jatuh pada Koi Slayer Kumpay yang dibanderol dengan harga Rp1,5 juta sampai Rp2 juta rupiah. Sementara itu, yang paling murah ada jenis Koi Ochiba Shigure yang hanya dihargai mulai Rp200.000-an saja.

Baca Juga: Budidaya Ikan Koi Modal Kecil Untung Besar

Share:
close