Banyak kucing peliharaan yang diadopsi dari shelter hewan. Hal ini menjadi opsi lain selain membeli hewan di pet shop Anda bisa melakukan adopsi kucing di Shelter kucing Jakarta jika tinggal di wilayah tersebut.

Ada banyak alasan kenapa shelter kucing ini menjadi pilihan untuk adopsi. Hal ini karena tidak memerlukan biaya sehingga lebih berhemat. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai wujud kasih sayang kepada kucing yang terlantar atau sebelumnya ditermukan dijalan.

Dengan begitu, ini memberikan kehidupan kedua untuk kucing tersebut mendapatkan kasih sayang bagi pemilik kucing. Namun, dalam memilih shelter, penting untuk memilih tempatnya dengan cermat. Simak lokasinya berikut ini.

Lokasi Shelter Kucing Jakarta

Ada banyak rekomendasi bagi yang ingin merawat kucing dan berlokasi di Jakarta. Salah satunya dengan memilih shelter hewan kucing. Beberapa lokasi ini menampung hewan yang sakit, terlantar, atau pemilik kucing yang tidak sanggup untuk memeliharanya.

Biasanya, tidak hanya kucing yang ditampung dalam shelter. Namun, ada juga hewan lainnya seperti anjing. Di dalam shelter ini nantinya kucing tersebut akan ditampung serta diberikan perawatan yang memadai.

Perawatan ini terbilang cukup lengkap dengan pemberian asupan makanan, obat cacing, pemberian vaksin, sampai kepada sterilisasi yang dilakukan agar mencegah banyaknya populasi secara berlebihan.

Anda tidak perlu khawatir karena adopsi ke shelter juga bisa mendapatkan kucing yang cantik dibandingkan harus membelinya di petshop. Penasaran dengan lokasinya? Mari lihat rekomenadasinya berikut ini.

1. Jakarta Animal Aid Network

Jakarta Animal Aid Network

Rekomendasi pertama dari shelter kucing Jakarta yaitu JAAN atau Jakarta Animal Aid Network. Tempat ini termasuk lokasi yang dibuat oleh Femke den Haas, Natalie Stewart, dan Karin Franken pada tahun 2008.

JAAN ini termasuk dalam organisasi nirlaba milik mereka. Selain kucing, ada juga hewan lain yang bisa diadopsi yaitu anjing. Jenis dari JAAN ini terbagi menjadi dua, yaitu Wildlife dan Domestic.

Wildlife ini lebih kepada penampungan hewan liar sedangkan Domestic berfokus pada penampungan hewan domestik seperti halnya anjing dan kucing. Jasa dari JAAN ini cukup besar yaitu tidak hanya mengadopsi tetapi menerima laporan penganiayaan hewan.

Ada juga kampanye yang diadakan dengan tema yang tidak jauh-jauh dari kesejahteraan hewan agar masyarakat sekitar memiliki kesadaran.

Adapun lokasinya ada di Jl. H. Hasan No. 48, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Selain itu, bagi yang tertarik mengadopsi dan mencari informasi lebih lanjutnya bisa mengunjungi Instagram @jakartaanimalaidnetwork.

Baca Juga: Ciri Ciri Hamster Stress dan Cara Mengatasi

2. Animal Defenders Indonesia

Animal Defenders Indonesia

Shelter kucing Jakarta  selanjutnya adalah Animal Defenders Indonesia yang merupakan organisasi penyelamat hewan. Tempat ini sudah didirikan dari tahun 2011. Selain kucing, ada juga adopsi anjing yang disediakan.

Aktivitas yang tersedia di tempat ini yaitu melakukan rehabilitasi, adopsi, sampai memberikan edukasi tentang perawatan hewan dan kesejahteraannya. Shelter hewan Jakarta ini menjadi terkenal berkat adanya Doni Herdaru yang peduli hewan.

Jika pecinta kucing ingin mengadopsinya, maka bisa langsung diambil tanpa perlu membayar biaya apapun. Namun, shelter ini memiliki syarat yang perlu dilakukan yaitu harus wajib lapor mengenai kondisi hewan tersebut minimalnya adalah 1 bulan sekali.

Alamat yang bisa dikunjungi yaitu Palem Ganda Asri 2 Cluster CC Blok U No. 9, Jl. Barito Raya, Karang Mulya, Karang Tengah, Banten. ‘

3. Catrescue.id

Catrescue.id

Bagi yang ingin mengadopsi kucing di Jakarta, bisa mengunjungi shelter Catrescue.id. Wilayah ini ada di di wilayah Depok, Tanjung Barat, dan di daerah Menteng. Tempat shelter ini dibuat untuk tujuan baik yaitu sebagai sterilisasi kucing yang ada di jalanan.

Program tersebut dinamakan dengan Trap Neuter Return atau tangkap, steril, dan lepaskan. Dengan begitu, ini akan mengurangi overpopulasi dari kucing. Lembaga ini juga memberikan peluang untuk adopsi hewan dan lebih diutamakan bagi yang berkebutuhan khusus.

Contohnya kucing cacat, kucing yang sakit, kucing hamil, atau kucing yang memiliki tempat tinggal yang membahayakan. Jika tertarik, bisa mengunjungi situs resminya adalah https://catrescue.id/ Sedangkan media sosial Instagramnya yaitu @catrescuedotid

4. Pusat Kesehatan Hewan Ragunan

Pusat Kesehatan Hewan Ragunan

Rekomendasi terakhir dari shelter kucing Jakarta yaitu ada Puskeswan di Ragunan. Biasanya, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) ini disediakan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi hewan yang sakit.

Namun, di tempat ini tidak hanya menyediakan pelayanan kesehatan saja, tetapi juga menjadi pusat penampungan bagi kucing dan ada juga untuk hewan. Shelter ini dikelola oleh pemerintah sehingga diperlukan adanya syarat administrasi bagi yang ingin mengadopsi kucing.

Jika ingin mendaftar, cara yang perlu dilakukan yaitu mengisi formulir terlebih dahulu. Tunjukkan  bukti KTP yang berasal dari Jakarta. Selain itu, perlu membayar biaya administrasi cukup Rp 20 ribu saja.

Semua hewan yang diadopsi di tempat ini sudah diberi vaksin, steril, dan perawatan yang mumpuni.

Kesimpulan

Shelter kucing Jakarta ini dapat menjadi opsi bagi Anda yang berniat ingin mengadopsi kucing dan mengekspresikan kasih sayang kepada hewan berbulu satu ini. Daripada membelinya di petshop mendatangi shelter merupakan cara terbaik untuk mengadopsi tanpa keluar biaya.

Baca Juga: Minuman Ayam agar Cepat Besar dan Sehat

Share:
close