Kucing Muntah Cacing? Ini Penyebab, Gejala & Mengatasinya

Bagi yang memelihara kucing harus tahu cara merawatnya dengan baik  agar kucing tersebut tumbuh dengan sehat. Ada banyak risiko penyakit yang mengintai kucing tersebut. Salah satunya kucing muntah cacing yang bisa menyebabkan masalah serius.

Jika ini terjadi pada kucing peliharaan Anda, penting diketahui apa penyebabnya dan cara mengatasi masalah kucing yang muntah cacing. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi cacing parasit yang masuk ke usus.

Selanjutnya, di dalam usus tersebut berkembang biak cacing. Apabila infeksi tersebut sudah terbilang cukup parah, maka kucing bisa mengalami muntah-muntah. Untuk mengetahui gejala, penyebab, dan penanganannya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Gejala Kucing Mengalami Infeksi Cacing

Gejala Kucing Mengalami Infeksi Cacing

Ciri dari kucing yang mengalami infeksi yaitu muntah cacing dan ini terjadi apabila sudah parah. Selain mengalami muntah-muntah, ada gejala lain yang dialami kucing ketika mengalami infeksi tersebut dan gejalanya bisa datang bersamaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Diare
  • Perun buncit
  • BAB bedarah
  • Luka pada permukaan kulit atau koreng
  • Bulu mengalami kerontokan dan warnanya berubah menjadi kusam.
  • Terjadi penurunan berat badan
  • Serta tidak aktif da lemas setiap harinya

Apabila gejala kucing terinfeksi cacing ini tidak segera diobati maka ini akan menjadi lebih parah dan berbahaya. Beberapa komplikasi penyakit yang bisa timbul apabila gejalanya tidak segera diobati yaitu bisa menyebabkan dehidrasi, anemia, sampai dengan kematian.

Penyebab Kucing Muntah Cacing

Pembahasan yang tidak kalah penting yaitu mengetahui penyebab kenapa kucing muntah cacing. Dengan begitu, sebagai pemelihara bisa dilakukan tindakan agar tidak mengulang masalah yang sama. Adapun beberapa penyebabnya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Infeksi Cacing Parasit

Infeksi Cacing Parasit

Penyebab pertama tentu karena adanya infeksi dari cacing parasit ke tubuh kucing. Ada banyak cacing parasit yang bisa masuk ke tubuh hewan termasuk kucing. Contoh cacing parasit adalah cacing gelang, cacing pita, cacing tambang, cacing hati.

Diantara contoh cacing parasit diatas yang paling umum diderita oleh kucing yaitu karena dari cacing gelang. Ciri khas dari ciri cacing gelang yaitu berwarna kecoklatan dengan bentuk bulat panjang.

Infeksi cacing ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa terjangkit oleh kucing umur berapa saja mulai dari anak kucing sampai dengan dewasa.

Hal ini terjadi terutama bagi kucing liar karena hidupnya diluar sehingga mudah terjangkit infeksi cacing parasit.

Baca Juga: Ciri Penyakit White Spot pada Ikan dan Cara Mengobati

2. Kontak dengan Air Tercemar

Kontak dengan Air Tercemar

Penyakit kucing muntah cacing ini terjadi bisa karena kontak dengan air tercemar yang mengandung telur, larva, atau kotoran cacing. Dengan begitu, akan mudah untuk masuk ke tubuh kucing karena terkena minum air tercemar.

3. Rumput dan Tanah yang Terkontaminasi Telur Cacing

Kenali apa itu rumput pakchong agar memahami rumput pakchong vs odot

Biasanya , kucing tidak sengaja menjilat tanah dan rumput bekas sisa makanannya . Bisa saja rumput atau tanah tersebut sudah mengandung telur cacing selanjutnya terkena jilatan atau terinjak oleh kucing sampai masuk ke organ pencernaannya.a

4. Makan Hewan yang Mengandung Cacing

Makan Hewan yang Mengandung Cacing

Kucing seringkali memakan makanan serangga atau tikus yang ditemuinya. Jika ditubuh hewan tersebut sudah terkontaminasi cacing, maka kucing yang menyentuh atau memakannya juga dapat terinfeksi cacing tersebut.

5. Berbagi Litter Box dengan Kucing Lain yang Terinfeksi

Berbagi Litter Box dengan Kucing Lain yang Terinfeksi

Apabila kucing tersebut pada mulanya tidak terinfeksi kemudian terinfeksi ini bisa jadi karena kotak kotoran kucing tersebut bercampur dengan kucing yang sudah lebih dulu terkontaminasi.

Dengan demikian, kucing yang tadinya sehat dapat terkontaminasi cacing parasit.

Kucing yang sudah terinfeksi tentu akan sangat berbahaya bagi beberapa organ lainnya dan tidak hanya merusak perutnya. Contohnya yaitu terjadi gangguan di hati, otak, sampai dengan paru-paru sehingga perlu penanganan segera.

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing

Cara Mengatasi Kucing Muntah Cacing

Setelah Anda mendapati kucing perliharaan muntah cacing, penting untuk segera membawanya ke dokter hewan. Hal ini diperuntukkan agar dokter akan segera menganalisis kondisi kucing tersebut dan meneliti muntahan kucing apakah ada cacing penyebab infeksi.

Jika ternyata ada, dokter akan meresepkan obat cacing untuk kucing bisa dalam bentuk suntikan atau tablet. Untuk dosisnya sendiri disesuaikan dengan keparahan dari infeksi cacing tersebut.

Semakin cepat diatasi, maka kemungkinan efektivitas obat tersebut menjad lebih tinggi sehingga kucing bisa diselamatkan.

Cara Mencegah Kucing Muntah Cacing

Cara Mencegah Kucing Muntah Cacing

Sebelum terjangkit infeksi cacing hendaknya perlu melakukan tindakan pencegahan agar terbebas dari cacing parasit. Langkah yang dapat dilakukan seperti pemberian obat cacing sesuai dengan pemakaian yang tepat.

Hal ini diberikan terutama bagi anak kucing karena lebih berisiko tinggi terkena infeksi. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan kandang dan bersihkan litter boxnya secara rutin dengan cairan pembersih agar kucing tidak terkontaminasi infeksi.

Kesimpulan

Kucing muntah cacing adalah kondisi yang tidak disepelekan dan perlu penanganan yang segera. Hal ini karena gejala cacing tersebut tidak hanya muntah tetapi juga dapat berdampak pada organ lainnya sehingga menyebabkan kematian.

Penanganan yang tepat harus dilakukan dengan cara segera mengunjungi dokter hewan. Selain itu, menjaga kebersihan kandang kucing juga harus dilakukan guna sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga: 7 Pakan Pantangan Buat Kambing Saat Hamil!

Sharing Is Caring: