Ciri Penyakit White Spot pada Ikan dan Cara Mengobati

Sudah tahu apa itu penyakit white spot pada ikan? Jika belum, yuk simak disini. Memiliki usaha ternak ikan memang sangat menguntungkan. Akan tetapi, sebelum ikan dipanen ada banyak hal yang harus dilakukan dan dihadapi. Salah satunya yaitu ikan terkena penyakit. Ada banyak penyakit yang kapan saja bisa menyerang ikan. Dimana ikan yang terserang penyakit berisiko mengalami kematian.

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh ikan adalah penyakit white spot atau bintik putih. Penyakit ini bisa menyerang berbagai jenis ikan sehingga akan mengganggu pertumbuhannya. Buat Sahabat yang belum tahu penyakit white spot dan cara untuk mengobatinya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga :

Apa Itu Penyakit White Spot?

Kenali apa itu penyakit white spot lebih dalam disini
Sumber: Catatandokterikan.com

White spot merupakan penyakit yang menyerang ikan dan disebabkan oleh parasit yang bernama Ichthyophthirius multifilis. Kemungkinan besar parasit penyebab penyakit ini berasal dari tempat ikan dibeli. Akan tetapi, parasit tersebut hanya akan menyerang ikan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah.

Ikan yang terserang white spot akan menyebabkan bagian tubuhnya muncul bintik-bintik kecil. Bintik-bintik kecil tersebut tidak hanya ditemukan di bagiana tubuhnya saja tetapi juga ada di bagian insang dan sirip.

Ikan yang terkena penyakit white spot biasanya akan terlihat lemas, lebih banyak diam di pojokkan, menyendiri, serta tidak mau makan atau nafsu makannya menurun. Jika kondisi ini dibiarkan akan membuat pertumbuhannya terganggu dan paling buruk membuatnya mati.

Ciri Penyakit White Spot pada Ikan

Ada banyak ciri penyakit white spot pada ikan
Sumber: Swelluk.com

White spot merupakan penyakit yang umum terjadi pada ikan. Meski penyakit ini bisa menyebabkan ikan mati tetapi bisa dicegah dan diobati. Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri penyakit white spot pada ikan. Berikut beberapa ciri-ciri yang harus diketahui:

1. Muncul Bintik Putih

Ciri pertama ikan yang Sahabat pelihara sedang  menderita penyakit white spot adalah muncul bintik putih di tubuh, sirip dan insang ikan. Bintik-bintik putih yang muncul bisa berkelompok ataupun membentuk suatu gumpalan putih. Ciri satu ini merupakan ciri yang paling umu terjadi.

2. Ikan Bergerak Berlebihan dan Cepat

Ciri-ciri berikutnya yaitu ikan cenderung untuk bergerak secara berlebihan. Selain itu, ikan juga akan bergerak lebih cepat dan sering menggosokkan tubuhnya di bebatuan ataupun tanaman yang ada di akuarium. Perilaku tersebut dilakukan karena ikan ingin melepaskan parasit yang ada di tubuhnya.

3. Hilangnya Nafsu Makan

Ikan yang sedang sakit white spot biasanya akan kehilangan nafsu makan. Ciri ini terjadi karena ikan stres atau sakit. Jika kondisi ini terus dibiarkan bisa membuat ikan menjadi mati.

4. Lebih Banyak Menyendiri

Ikan yang sedang sakit biasanya akan lebih sering untuk bersembunyi di balik hiasan yang ada di akuarium. Selain itu, juga akan menghabiskan waktu di pojokkan. Ikan yang terkena white spot cenderung tidak bersemangat untuk beraktivitas.

Cara Mengobati Penyakit White Spot pada Ikan

Cara mengobati penyakit white spot pada ikan sangat mudah
Sumber: Nakamaaquatics.id

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mengobati penyakit white spot pada ikan:

1. Menjaga Suhu Air Sekitar 30ºC

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu mengatur dan juga menjaga suhu pada akuarium. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan parasit penyebab penyakit ini. Sahabat bisa mengatur suhu ar di akuarium sekitar 30ºC. Suhu ini memang cukup tinggi tetapi bisa mempersulit dan membuat parasit mati. Jangan mengatur suhu air lebih tinggi lagi karena bisa membuat ikan ikut mati.

2. Tingkatkan Oksigen dengan Cara Memberi Aerator

Pada dasarnya setiap ikan itu memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup ikan, mengurangi risiko ikan stress serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan.

Salah satu dampak buruk ikan yang terserang white spot adalah ikan akan kesulitan untuk bernafas. Maka dari itu, sistem aerasi yang baik bisa membantu pernapasan ikan. Jadi ketika ikan belum terserang penyakit ini maka perlu untuk menambahkan aerator karena bisa mengurangi risiko ikan terkena penyakit ini.

3. Beri Garam Ikan

Cara paling sering dilakukan untuk mengobati ikan yang terkena white spot adalah dengan memberi garam ikan. Cara mengobati penyakit white spot dengan cara ini merupakan cara yang paling simpel dan anti ribet.

Cukup dengan menuangkan garam ikan secukupnya ke dalam akuarium, white spot bisa sembuh. Untuk takaran garam yang dituangkan yaitu 1 sendok teh untuk 4 liter air dalam akuarium. Jangan terlalu banyak menuangkan garam karena bisa mempengaruhi tingkat sanitasi air.

4. Mengobatinya dengan Memberikan Metil Biru (Methylene Blue)

Metil beru merupakan obat yang biasanya digunakan oleh peternak ikan untuk mengobati ikan yang sakit akibat terkena jamur, protozoa dan juga mikroorganisme lainnya. Obat ini merupakan zat berbentuk cair, warnanya biru dan harganya juga sangat murah.

Pemberian metil biru tidak boleh sembarangan. Jika aquarium berukuran 175x40x75 cm maka perlu diberi metil biru sekitar 7-9 tetes. Disarankan untuk meneteskan metil biru di tempat yang berbeda atau jangan meneteskannya hanya di satu titik tempat saja.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang ciri penyakit white spot pada ikan dan cara mengobatinya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Sahabat dan peternak ikan lainnya jika ikan yang dibudidayakan terkena penyakit ini. Semoga bermanfaat ya!

Sharing Is Caring: