Ciri-Ciri Ikan Gabus yang Unggul dan Berkualitas

Ciri ciri ikan gabus berkualitas menjadi salah satu faktor penting, yang harus diperhatikan oleh sahabat ketika melakukan budidaya. Hal ini menjadi salah satu faktor, yang nantinya akan mendukung kesuksesan dan kelancaran proses budidaya tersebut.

Maka dari itu Anda bisa melihat ciri-cirinya dalam artikel di bawah ini:

Baca Juga :

Apa Itu Ikan Gabus? Kenali Lebih Dekat Disini

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar, yang populer dikonsumsi di Indonesia. Ikan ini memiliki daging yang lezat dan kaya protein serta nutrisi lainnya. Namun untuk mendapatkan ikan gabus yang berkualitas, ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan.

Bahkan ikan ini juga sering disandingkan dengan beberapa ikan berkualitas lainnya, yaitu salmon, tuna dan genus channa. Hal ini membuat ikan gabus dapat dikonsumsi karena mempunyai nutrisi dan gizi yang tinggi.

Bahkan kandungan proteinnya saja mencapai 25.5%. sedangkan untuk jenis proteinnya adalah albumin, yang memiliki manfaat cukup baik dalam proses penyembuhan luka. Sehingga tidak heran jika jenis ikan ini banyak dicari oleh masyarakat.

Sebenarnya tren pembudidayaan ikan gabus sudah populer dari beberapa waktu belakangan. Namun hal ini tidak membuat peluang bisnisnya menurun. Bahkan di tahun ini dapat diprediksi peluang masih terbuka lebar bagi seluruh masyarakat. Tentunya hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan pasar terhadap ikan gabus tersebut.

Ciri-Ciri Ikan Gabus Berkualitas dan Unggul

Dalam proses pemilihan bibit ikan gabus perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan sahabat memilih bibit ikan gabus yang terbaik dan memiliki kualitas unggul. Hal ini nantinya akan berpengaruh dalam kesuksesan panennya.

Berikut ini adalah ciri dari bibit ikan gabus berkualitas, yang bisa Anda cermati, yaitu:

  • Memiliki ukuran tubuh lebih dari 1 m.
  • Kepala menyerupai ular sehingga sering disebut dengan snakehead.
  • Memiliki sisik berukuran besar dan kasar pada bagian kepala.
  • Bentuk tubuhnya menyerupai peluru. Sedangkan untuk tekstur tubuhnya cenderung licin.
  • Warnanya cenderung gelap karena sesuai pada habitat asalnya.
  • Mulutnya berukuran lebar dan besar, serta mempunyai gigi tajam.

Selain mengetahui ciri-ciri bibit ikan gabus. Anda juga perlu melihat bagaimana ciri ikan gabus dewasa, yang sudah dipanen dan memiliki kualitas terbaik. Berikut adalah beberapa ciri ikan gabus yang baik dan berkualitas secara lengkap.

1. Ukuran

Ciri-ciri ikan gabus bisa dilihat dari ukurannya
Sumber Gambar: Kolamterpal.net

Ciri pertama dari ikan gabus yang berkualitas adalah ukurannya. Ikan gabus yang berkualitas biasanya memiliki ukuran, yang besar dan berat dengan panjang mencapai 50 cm atau lebih. Ikan gabus yang besar dan berat menandakan bahwa ikan tersebut telah tumbuh dengan baik dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Sehingga memiliki daging yang tebal dan padat.

2. Warna

Ciri-ciri ikan gabus bisa dilihat dari warnanya yang cerah dan bersih
Sumber Gambar: Rimbakita.com

Warna ikan gabus juga menjadi indikator kualitas ikan. Ikan gabus berkualitas memiliki warna kulit yang cerah dan bersih. Hal tersebut akan diimbangi dengan pola atau bintik-bintik yang jelas. Warna kulit yang cerah dan bersih menunjukkan bahwa ikan tersebut sehat dan bebas dari penyakit atau infeksi.

3. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan gabus simetris dan proporsional menjadi ciri-ciri ikan gabus.
Sumber Gambar: Panggungharjo.desa.id

Ikan gabus yang berkualitas memiliki bentuk tubuh yang simetris dan proporsional. Bagian kepala, badan, dan ekor ikan gabus berkualitas terlihat seimbang dan proporsional. Tentunya hal ini menjadi salah satu faktor penting, yang perlu diperhatikan.

4. Tekstur Daging

Ciri-ciri ikan gabus adalah tekstur dagingnya yang kenyal tidak terlalu lembut
Sumber Gambar: Ibudanbalita.com

Tekstur daging ikan gabus juga menjadi ciri penting yang menunjukkan kualitas ikan. Ikan gabus yang berkualitas memiliki daging kenyal dan tidak terlalu lembut. Daging yang kenyal menunjukkan bahwa ikan tersebut sehat dan berkualitas, serta memiliki rasa yang lezat. Tentunya hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi Anda, yang membutuhkan ikan gabus untuk keperluan pengolahan makanan.

5. Kandungan Lemak

Kandungan lemak yang seimbang menjadi ciri-ciri ikan gabus berkualitas
Sumber Gambar: Orami.co.id

Ikan gabus yang berkualitas memiliki kandungan lemak yang seimbang, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Kandungan lemak yang seimbang pada ikan gabus memberikan rasa yang enak dan tidak berminyak. Sehingga membuat ikan tersebut cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

6. Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup bisa menentukan ciri-ciri ikan gabus berkualitas atau tidak
Sumber Gambar: Ikanesia.id

Ikan gabus yang hidup di lingkungan sehat dan bersih memiliki kualitas, yang lebih baik dibandingkan dengan ikan gabus yang hidup di lingkungan kotor dan tercemar. Tentunya ikan yang hidup di lingkungan sehat dan bersih biasanya lebih tumbuh lebih baik dan memiliki rasa yang lebih enak.

7. Cara Penangkapan

Cara penangkapan juga menentukan ciri-ciri ikan gabus berkualitas
Sumber Gambar: Bengkulu.antaranews.com

Ikan gabus yang ditangkap dengan teknik benar biasanya memiliki kualitas yang lebih baik, dibandingkan dengan ikan gabus yang ditangkap dengan cara yang kasar. Maka dari itu bagi sahabat yang ingin membudidayakannya penting sekali, untuk mengetahui teknik budidaya secara lengkap. hal tersebut meliputi teknik pembudidayaan bibit, pemberian makanan sampai dengan teknik penangkapan.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel diatas maka Sahabat bisa mengetahui bahwa ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu melalui artikel ini, sahabat dapat melihat bagaimana ciri ikan gabus terbaik dan berkualitas.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment