Ayam jowo super termasuk salah satu spesies ayam yang saat ini banyak sekali peminatnya di Indonesia. Jenis ayam satu ini memiliki beberapa penyebutan lain yang juga sering digunakan seperti ayam kampung super, jowo super, dan joper. Karena popularitasnya ayam ini pun banyak jadi pilihan ternak.

Selain banyak peminatnya, ternak ayam ini juga sangat mudah dilakukan dan bisa tumbuh dengan cepat. Jadi saat beternak ayam ini Sahabat tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Bagi Sahabat yang masih mencari informasi seputar ayam jowo super, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Mengenal Apa Itu Ayam Jowo Super

Ayam jowo super menjadi salah satu jenis ayam yang populer
Sumber : Safras.com.br

Sebelum membahas pada cara budidaya ayam satu ini. maka terlebih dahulu pastikan untuk berkenalan lebih jauh dengan ayam jowo super. Ayam satu ini termasuk salah satu jenis ayam kampung, yang didapatkan dari hasil persilangan. Ayam ini merupakan kombinasi antara ayam kampung dan ayam petelur. Hal ini menjadi salah satu inovasi terbaik yang mampu menciptakan ayam berkualitas. Kenapa demikian?

Tentunya sebagai seorang peternak Sahabat sudah mengetahui bahwa ayam kampung memiliki waktu budidaya cukup lama. Tidak heran jika banyak sekali peternak mengeluh tentang ketidaknyamanan tersebut. Hal inilah yang coba dipecahkan dengan inovasi silang dalam wujud ayam jowo super yang mampu  memberikan peluang keuntungan yang lebih besar kepada peternak.

Sebab pada dasarnya ayam ini dapat panen dalam waktu cukup sebentar, yaitu antara 45 sampai dengan 60 hari saja. Hal tersebut tentunya berbeda jauh dengan jenis ayam lainnya. Inilah yang kemudian membuat banyak sekali masyarakat memilih untuk melakukan budidaya ayam jenis ini.

Bukan hanya itu saja, resiko kematian jenis ayam ini pun cenderung kecil sehingga angka harapan hidupnya cenderung tinggi. Meskipun demikian kualitas rasa dari dagingnya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan daging ayam jowo super ini kaya akan cita rasa dan mirip dengan ayam kampung asli.

Cara Ternak Ayam Jowo Super

Melihat berbagai manfaat dan keunggulan dari ayam jowo super tersebut, tentunya Sahabat bisa melihat peluang usaha di dalamnya. Jika tertarik menggeluti ternak ayam joper, inilah cara ternak yang bisa Sahabat ikuti:

1. Persiapan Kandang

Persiapan kandang ayam jowo super
Sumber : Infoagribisnis.com

Langkah pertama yang harus dilakukan Sahabat dalam beternak ayam jowo super adalah menyiapkan kandang dan berbagai peralatan lain terlebih dahulu. Dalam tahap ini Sahabat perlu menyiapkan kandang untuk masa grower dengan ukuran 1 m persegi. Dimana ukuran tersebut dapat menampung 100 ekor ayam kecil.

Begitu berusia 2 bulan maka langsung pindahkan ayam pada kandang dengan ukuran sejenis namun hanya untuk 9–10 ekor saja.  Pastikan Sahabat memperhatikan beberapa faktor lainnya seperti lantai kandang yang dibuat dari sekam dan pasir. Hal tersebut untuk menyerap kotoran agar tidak berbau. Sedangkan di masa pembesaran serta finisher, lakukan pemindahan di kandang yang memiliki lantai sekam namun dengan pasir lebih tebal.

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit ayam jowo super
Sumber : Facebook.com

Begitu persiapan kandang selesai, maka lanjutkan untuk memilih bibit sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk memilih bibit ayam yang sehat dan tidak cacat agar hasil panen pun bisa berkualitas baik.

3. Memilih Jenis Pakan Sesuai

Memilih pakan ayam jowo super penting diperhatikan
Sumber : Theplaceboston.com

Porsi makan dan jenis pakan dari ayam ini berbeda pada setiap fasenya. Untuk jenis pakan, Sahabat bisa memberikan jenis berupa konsentrat, dedak, bekatul, onggok, jagung kuning, pelet, dan lain sebagainya.

4. Melakukan Breeding

Breeding harus dilakukan pada ayam jowo super
Sumber : Rm.id

Breeding adalah saat ayam berusia 1 – 10 hari. Disini ayam perlu dimanjakan agar bisa berkembang di masa selanjutnya. Penanganan yang salah akan meningkatkan risiko kematian ayam anakan.

5. Melakukan Pembesaran

Pembesaran ayam jowo super wajib dilakukan
Sumber : Arenahewan.com

Pada fase ini dilakukan pada kandang litter atau umbaran. Sehingga ayam bisa berkembang dengan baik dan sehat. Selain itu pada tahapan ini juga perlu adanya perawatan secara maksimal. Perawatan yang dimaksud seperti pemberian pakan, kebersihan, dan vaksin. Selain itu, Sahabat juga bisa menyemprotkan cairan probiotik di kandang agar terhindar dari kuman penyebab penyakit.

6. Masa Panen

Panen ayam jowo super yang melimpah
Sumber : Money.kompas.com

Ketika sudah melewati berbagai tahapan tersebut maka Sahabat bisa memanen ayam tergantung dari bobot atau usia berapa ingin dipanen. Sedangkan Sahabat juga bisa memanfaatkan telur yang dimilikinya.

Daftar Harga Bibit dan Indukan Ayam Jowo Super Terbaru

Pada dasarnya harga bibit ayam ini pada beberapa daerah cenderung berbeda. Sedangkan harga di luar pulau jawa bisa dua kali lipat lebih mahal dari harga di pulau jawa. Inilah beberapa kisaran harga bibit ayam joper yang bisa disimak:

1. Harga Ayam Jowo Super Bibit

Bibit ayam jowo super dijual per box
Sumber : Ayamjoper.id

Umumnya harga ini dijual dengan per ekor. Namun ada juga pihak menjualnya per box dengan isi 1 boxnya sebanyak 100 ekor. Harga 1 ekor di pulau jawa adalah Rp. 5.800. sehingga untuk satu boxnya bisa dibeli mulai dari harga Rp. 580.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu dan pada beberapa wilayah bisa saja berbeda.

2. Harga Indukan Ayam Jowo Super

Indukan ayam jowo super cukup mahal
Sumber : Pertanianku.com

Sedangkan untuk ayam indukan bisa dibeli mulai dari harga Rp. 1.175.000 per 100 ekornya untuk pembelian di pulau Jawa. Harga di luar pulau jawa cenderung lebih mahal.

Kesimpulan

Ayam jowo super menjadi salah satu komoditi peternakan yang sangat menjanjikan karena memiliki permintaan yang tinggi. Apalagi cara budidayanya cukup mudah sehingga tidak akan menyulitkan Sahabat sebagai peternak. Harga bibit ayam joper pun bervariasi tergantung pada kualitas dan lokasi pembelian.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close