Sebelum memulai usaha ternak ayam broiler, pastikan kandang ayam broiler sudah dibuat dengan benar. Usaha ternak ayam broiler memang menguntungkan. Akan tetapi, untuk meraih keuntungan yang besar tidak bisa didapatkan begitu saja. Dimana ada beberapa hal yang harus di lakukan. Salah satunya menyiapkan kandang ayam broiler yang tepat dan sesuai ketentuan. Kandang ayam yang baik tentu saja akan membantu pertumbuhan dan perkembangan ayam broiler.

Sebagai pemula, Sahabat bisa membuat kandang ayam yang sederhana. Meski sederhana tetapi tetap harus memperhatikan kenyamanan ayam broiler. Perlu diketahui jika kandang yang baik adalah kandang yang dibuat dengan memperhatikan serta menjaga kehangatan lingkungannya.

Baca Juga :

6 Cara Membuat Kandang Ayam Broiler

Sebelum membangun kandang, Sahabat harus mencari lokasi yang tepat. Pastikan lokasinya tidak berdekatan dengan permukiman. Tujuannya agar ayam tidak mudah terkena infeksi dan polusi udara dari kotoran ternak tidak mengganggu masyarakat sekitar. Berikut beberapa cara untuk membuat kandang ayam broiler:

1. Tentukan Tipe Kandang yang Ingin Dibuat

Tentukan tipe kandang ayam broiler yang ingin dibuat
Sumber Gambar: Ayamjoper.id

Pada tahapan ini, Sahabat harus tahu berapa banyak ayam broiler yang nantinya akan di ternak di kandang tersebut. Dengan mengetahui banyaknya ayam yang akan di ternak, maka Sahabat menjadi lebih mudah dalam memilih tipe kandang yang akan dibuat.

Ada 3 tipe kandang ayam pedaging yang bisa dibuat seperti:

  • Kandang Open House (terbuka) : Kandang ayam panggung dan kandang ayam postal.
  • Kandang Close House ( tertutup): kandang ayam tunnel ventilation system dan kandang ayam cross flow.
  • Kandang Semi Close House ( terbuka-tertutup).

2. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang ayam broiler
Sumber Gambar: Blog.agrinis.com

Setelah menentukan tipe kandang apa yang akan dibuat, selanjutnya siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kandang adalah bambu, kayu bekas, triplek, gergaji, paku, meteran, ampelas dan pensil/bolpoin. Gergaji menjadi alat yang harus disiapkan karena akan digunakan untuk motong bambu atau kayu bekas.

Ketika memotong bambu atau kayu bekas, disarankan untuk menggunakan peralatan yang safety, seperti menggunakan sarung tangan. Untuk melindungi ayam broiler dari air hujan dan sinar matahari, bagian atap bisa menggunakan seng, triplek, terpal, ijuk dan sebagainya.

3. Membuat Bentuk Kerangka

Membuat bentuk kerangka kandang ayam broiler
Sumber Gambar: Pndice.com

Semua alat dan bahan sudah disiapkan, selanjutnya Sahabat harus membuat kerangka dasarnya. Biasanya tinggi kaki kandang ayam yang dibuat minimal 10 cm. Tinggi kaki tersebut harus menyesuaikan panjang kandang yang ingin dibuat. Tujuannya agar kandang tetap seimbang dan juga kokoh untuk berdiri.

4. Membuat Alas atau Lantai Kandang

Membuat alas atau lantai kandang ayam broiler
Sumber Gambar: Chickin.id

Setelah kerangka dasar kandang ayam selesai dibuat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat alas kandang. Alas kandang bisa dibuat sesuai keinginan agar mudah untuk membersihkannya. Sebelum digunakan, pastikan permukaan alas kandang sudah halus agar ayam tidak terluka. Cara menghaluskannya yaitu dengan diamplas.

Akas kandnag dibedakan menjadi dua yaitu alas untuk berpijak dan alas untuk kotoran ayam. Bahan yang bisa digunakan untuk membuat alas kandang adalah bambu atau kayu bekas. Pemasangan alas atau lantai jangan terlalu rapat agar kotoran ayam bisa jatuh ke bawah sehingga mudah dibersihkan.

5. Membuat Dinding Kandang

Membuat dinding kandang ayam broiler
Sumber Gambar: Hobiternak.com

Cara membuat kandang ayam broiler selanjutnya adalah dengan membuat bagian dindingnya. Pembuatan dinding harus sesuai dengan kerangka dasar yang sebelumnya sudah dibuat. Adapun bahan yang bisa digunakan adalah kayu bekas atau bambu yang berukuran 2-3 cm.

Dalam memasang kayu bekas atau kayu untuk dinding, pastikan sudah diampelas terlebih dahulu sehingga permukaannya halus. Jangan lupa untuk membuat pintu agar ayam broiler bisa keluar masuk kandang dengan mudah. Pembuatan dinding kandang disarankan tidak terlalu rapat agar sirkulasi udara pada kandang terjaga dengan baik.

6. Membuat Atap Kandang

Membuat atap kandang ayam broiler
Sumber Gambar: Arboge.com

Tahap terakhir dalam pembuatan kandang adalah membuat bagian atapnya. Atap kandang ayam ini biasanya menggunakan bahan dari seng atau triplek. Bahan lain yang bisa digunakan adalah asbes. Tujuannya pembuatan atap kandang agar ayam yang ada di dalam kandang terhindar dari air hujan dan sinar matahari berlebih.

Pastikan atap kandang ayam yang dibuat tidak berhimpitan dengan ukuran rangka. Ayam broiler juga harus dibebaskan untuk berkeliaran di sekitar kandang dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya supaya ayam broiler tidak stres. Jika ayam stres maka pertumbuhan dan perkembangannya menjadi tidak maksimal.

Tips Membangun Kandang Ayam Broiler

Berikut beberapa tips membangun kandang ayam broiler yang perlu diketahui:

  • Kandang harus memiliki ventilasi yang baik.
  • Pastikan sinar matahari dan udara segar bisa masuk ke dalam andang dengan cukup.
  • Pilih lokasi kandang di lokasi yang sepi, bebas polusi dan jauh dari pemukiman.
  • Bersihkan kandang dengan benar sebelum digunakan.
  • Kandang dan semua peralatannya harus bebas parasit, virus dan kuman.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara membangun kandang ayam broiler. Dari penjelasan diatas diketahui jika pembuatan kandang ayam boiler tidaklah sulit. Proses pembuatannya menjadi lebih mudah dan cepat jika alat dan bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan. Selamat mencoba ya!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close