Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan yang Bisa Dicoba

Dalam budidaya ikan lele, pemberian pakan alami ikan lele dari tumbuhan bisa dicoba. Peternak ikan lele bisa memberikan pakan alami maupun pakan buatan. Akan tetapi, pakan alami menjadi yang paling direkomendasikan. Alasannya karena cukup efektif dalam membantu tumbuh kembang ikan lele.

Sahabat bisa memberikan pakan alami ikan lele dari tumbuhan karena kata akan nutrisi. Ada banyak pilihan tumbuhan yang bisa digunakan. Pastikan untuk memilih tumbuhan yang mengandung serat tinggi karena sangat baik untu pencernaan ikan. Kira-kira, apa saja tumbuhan yang bisa dijadikan pakan alami untuk ikan lele?

Baca Juga :

6 Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan yang Bisa Dicoba

Pemberian pakan dari tumbuhan untuk ikan lele tidak hanya murah dan mudah didapatkan, tetapi juga kaya akan nutrisi. Berikut beberapa pilihan tumbuhan yang bisa Sahabat pilih untuk pakan ikan lele:

1. Daun Singkong

Daun singkong adalah pakan alami ikan lele dari tumbuhan yang sering digunakan
Sumber: Liputan6.com

Daun singkong bisa dijadikan pilihan pakan tambahan ikan lele. Daun singkong sangat bak untuk pakan ikan lele karena mengandung banyak protein sehingga bisa membantu tumbuh kembang ikan. Daun ini mudah untuk didapatkan dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Dipilihnya daun singkong untuk pakan tentu saja bisa menghemat pengeluaran.

Sebelum diberikan pada ikan lele, sebaiknya daun singkong diolah terlebih dahulu. Cara mengolahnya yaitu dengan mencuci bersih daun singkong lalu direbus hingga mendidih. Setelah itu, tiriskan daun dengan cara diperas lalu jemur dibawah sinar matahari sampai kering.

Jika daun singkong sudah kering bisa langsung dihaluskan dengan cara diblender. Setelah halus bisa dicampur dengan telur ataupun tepung ikan. Campur hingga rata lalu berikan pada ikan lele.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya bisa juga menjadi pakan alami ikan lele dari tumbuhan
Sumber: Sukabumi.halojabar.com

Sama seperti daun singkong, daun pepaya juga mudah didapatkan dan harganya juga murah. Daun pepaya memiliki kandungan zat yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga berguna untuk membantu ikan lele terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Daun pepaya sendiri sangat efektif dalam menjaga kadar pH keasaman air kolam.

Sahabat bisa memberikan daun pepaya dengan cara diberikan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Masukkan beberapa daun pepaya dalam kolam, tunggu beberapa hari sampai daun ditumbuhi lumut. Setelah lumut tumbuh di sekitar daun tersebut, ikan lele akan memakannya.

Sahabat juga bisa memberikan daun pepaya untuk pakan dengan cara memotongnya sampai halus lalu mencampurkannya dengan pelet dan air. Setelah tercampur rata, rebus dan aduk adunan sampai teksturnya berubah seperti bubur. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu disebarkan ke dalam kolam ikan lele.

3. Daun Talas

Salah satu pakan alami ikan lele dari tumbuhan adalah daun talas
Sumber: Aceh.tribunnews.com

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan selanjutnya adalah daun talas. Daun talas bisa dijadikan pakan alternatif karena kaya akan kandungan energi, protein, lemak dan karbohidrat. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele. Daun talas juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas air dalam kolam.

Sebelum diberikan pada ikan lele, daun talas harus diolah terlebih dahulu. Pertama-tama, siapkan beberapa lembar daun talas lalu pisahkan daun dengan bagian tangkainya. Supaya mudah ditelan oleh ikan, potong-potong daunnya menjadi lebih kecil. Setelah itu, bisa diberi tambahan bahan pakan lainnya seperti tepung ikan agar nutrisinya lebih lengkap.

4. Kangkung

Kangkung bisa digunakan sebagai pakan alami ikan lele dari tumbuhan
Sumber: Orami.co.id

Kangkung tidak hanya baik dikonsumsi oleh manusia tetapi juga baik dijadikan pakan ikan lele. Hal ini bukan tanpa alasan karena kangkung kaya akan nutrisi, seperti protein dan serat. Kangkung juga mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang murah. Sahabat bisa menggunakan kangkung sebagai pengganti pelet.

Kangkung bisa diberikan secara langsung pada ikan lele atau diolah terlebih dahulu. Jika ingin nutrisinya lebih lengkap bisa diolah dengan dicampur dengan tepung ikan. Tambahan tepung ikan juga akan memperkuat aroma pakan sehingga nafsu makan ikan lele meningkat.

5. Batang Pisang

Batang pisang ternyata bisa menjadi pakan alami ikan lele dari tumbuhan
Sumber: Health.grid.id

Pakan alami untuk ikan lele berikutnya adalah batang pisang. Batang pisang sangat cocok diberikan pada ikan lele yang berusia 1-2 minggu. Supaya ikan lele bisa dengan mudah memakannya, terlebih dahulu potong-potong batang pisang menjadi beberapa bagian.

Setelah itu, bersihkan zat lilin yang menempel lalu masukkan ke dalam kolam lele. Diamkan batang tersebut selama 2-3 hari agar larva muncul pada batang tersebut. Larva yang muncul akan menjadi pakan ikan lele.

6. Azolla Microphylla

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan terakhir adalah Azolla Microphylla
Sumber: Faunadanflora.com

Azolla microphylla adalah salah satu jenis tumbuhan paku yang biasanya tumbuh di sekitar rumah. Tumbuhan satu ini termasuk tumbuhan parasit yang bisa dijadikan pakan alternatif untuk ikan lele. Kandungan protein pada tumbuhan ini sangat rendah sehingga hanya cocok dijadikan pakan selingan saja.

Jika Sahabat ingin ikan lele mau makan azolla microphylla maka hindari untuk memberikan pelet dalam jangka waktu 24 jam. Pemberian pelet sebelum diberikan tumbuhan ini membuat ikan lele enggan memakannya.

Kesimpulan

Pakan terbaik untuk ikan lele tidak hanya pakan buatan tetapi juga pakan alami. Ada banyak pilihan pakan alami ikan lele dari tumbuhan yang bisa dicoba. Selain mudah didapatkan, tumbuhan-tumbuhan tersebut juga dijual dengan harga yang terjangkau. Paling penting tumbuhan-tumbuhan yang disebutkan mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan lele untuk tumbuh.

Sharing Is Caring: