Ikan Channa akhir-akhir ini cukup banyak diburu oleh kolektor ikan. Pada dasarnya, ikan ini merupakan jenis ikan gabus hias yang mempunyai bentuk serta warna yang unik sehingga menarik perhatian. Jika sahabat tertarik untuk memeliharanya, maka satu hal yang perlu dipahami adalah perihal makanan ikan Channa. 

Pemberian pakan yang tepat akan berdampak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan. Ada banyak makanan untuk ikan Channa, namun ada beberapa diantaranya yang dapat membuat ikan menjadi lebih sehat, bergizi, berwarna, cerah, serta aktif. Apa sajakah makanan itu? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini! 

Baca Juga:

9 Makanan Ikan Channa Terbaik yang Bisa Diberikan 

Ikan Channa termasuk ikan teritorial, maka akan lebih baik jika sahabat memelihara hanya 1 ikan dalam 1 akuarium. Harga ikan Channa bisa mencapai puluhan juta rupiah, tapi hal ini tergantung kualitas ikan tersebut. Inilah beberapa makanan ikan Channa terbaik yang bisa sahabat berikan: 

1. Udang

udang adalah salah satu makanan yang sangat disukai ikan channa
sumber gambar: Fisheries.noaa.gov

Udang dijadikan makanan utama untuk ikan Channa karena ikan ini menyukainya. Pada bagian kepala serta kulitnya mengandung protein senyawa kitin dan pigmen karotenoid. Untuk cara memberikannya pada ikan, yakni bisa dipotong-potong kecil jika udang berukuran besar. Setelah dipotong-potong taruh udang tersebut ke dalam tank Channa atau juga bisa dengan ditaruh diatas jadi Channa menjadi terpancing untuk melompat keluar.

2 Cacing Tanah

cacing tanah bisa diberikan pada ikan Channa yang ukurannya masih kecil
sumber gambar: Willyswilderness.org

Makanan ikan Channa selanjutnya adalah cacing tanah. Makanan ini bisa diberikan pada ikan Channa yang ukurannya masih kecil. Tidak hanya itu, cacing tanah juga bermanfaat untuk membantu pemulihan luka bagi ikan. Jadi jika ada ikan Channa yang sisiknya lepas karena terbentur, maka sahabat bisa memberikan makanan berupa cacing tanah. 

Sekarang untuk mencari cacing tanah tidak perlu ribet. Sudah ada yang menjualnya 1 Kg harganya sekitar Rp55.000. Ikan Channa biasanya menghabiskan sekitar 2 hingga 3 cacing tanah untuk sekali makan.

3. Maggot

maggot yang kaya protein sangat baik untuk pertumbuhan ikan channa
sumber gambar: Bandung.kompas.com

Maggot merupakan larva lalat black soldier fly yang istimewa dibandingkan dengan pakan lainnya. Hal ini karena maggot mengandung nutrien yang lengkap untuk ikan chan serta kualitasnya juga baik. Pada pertumbuhan ikan chan nutrisi yang berperan penting adalah protein. Kualitas dari protein ditentukan dari kemudahannya untuk dicerna serta nilai biologis yang ditentukan oleh asam amino yang menyusunnya.

Protein akan semakin baik jika asam aminonya lengkap. Untuk mencari maggot mudah karena sekarang sudah ada yang menjualnya dalam bentuk kemasan. Jika ikan tidak mau diberi makan ini, maka sahabat puasakan dulu ikannya sekitar 1 hingga 3 hari.

4. Jangkrik

ikan channa juga sangat menyukai jangkrik
sumber gambar: Orkidapest.com

Makanan ikan Channa terbaik selanjutnya adalah jangkrik yang juga sangat disenangi oleh ikan Channa. Ikan chand akan tampak antusias jika diberi makanan ini, terlebih lagi chana termasuk ikan yang aktif dan agresif. Cara memberikannya bisa langsung dibiarkan di atas permukaan air tujuannya agar sekaligus melatih insting ikan. Karena jika insting ikan menurun atau hilang itu akan berdampak tidak baik pada ikan.

5. Pelet

pelet bagus diberikan untuk ikan channa karena memang diformulasikan secara khusus
sumber gambar: Schubu.at

Pelet memang biasa dijadikan untuk pakan ikan. Pelet sendiri memiliki kandungan yang lebih karena memang diformulasikan secara khusus. Jenis pelet untuk ikan Channa beragam tergantung merek, kegunaan, serta manfaatnya. Akan tetapi yang terkenal dan sering dipakai adalah akari, dan akari memiliki varian, merah, kuning, dan biru.  

Jika ikan Channa yang sahabat pelihara dasarnya kuning seperti maru zelo sentarum bisa memberikan akari varian kuning. Kemudian jika ikan Channa berwarna dasar merah seperti Channa Maru Red barito sahabat bisa memberikan akari varian merah. Dan untuk ikan Channa yang memiliki dasar biru seperti cana blue polka sahabat bisa memberikan agar ring yang varian biru. 

6. Kutu Air

kutu air bisa mendukung pertumbuhan tulang ikan channa
sumber gambar: Smartaquariumguide.com

Bagi ikan Channa kecil kutu air sangat bermanfaat jika diberikan dengan takaran yang tepat. Pasalnya, kutu air bisa memberikan khasiat yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang ikan. Jadi sahabat bisa memberikan pakan ini sebagai variasi nutrisi untuk ikan Channa. 

7. Cacing Sutra

cacing sutera bagus untuk pencernaan ikan channa
sumber gambar: Agrozine.id

Dengan memberikan cacing sutra pada ikan Channa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena cacing sutra mempunyai serat dan kandungan mineral yang tinggi. Selain itu, cacing sutra juga mengandung lemak, protein, serta nutrisi yang baik bagi ikan Channa.

8. Ikan-ikan Kecil

ikan-ikan kecil bisa diberikan untuk ikan channa yang sudah besar
sumber gambar: Freepik.com

Pakan ini cocok untuk ikan Channa yang berukuran besar. Kandungan yang ada pada ikan-ikan kecil cukup baik dalam membantu pertumbuhan ikan. Selain itu dengan memberikan ikan-ikan kecil mengapung di air akuarium juga bisa menambah insting ikan predator ini.

9. Kecoa Dubia

kecoa dubia cocok diberikan ke ikan channa yang sudah besar
sumber gambar: Newsweek.com

Kecoa dubia memiliki ukuran sekitar 4 hingga 5 cm. Jika dilihat dari ukurannya pakan ini bisa diberikan hingga ikan Channa berukuran besar. Untuk harganya cukup murah sekitar Rp 300 hingga Rp 1000 hal ini ditentukan dari ukuran kecoa dubai tersebut. 

Kesimpulan  

Meski termasuk ke golongan ikan predator, nyatanya makanan ikan Channa tidaklah rumit dan sulit untuk didapatkan. Mulai dari udang, maggot, cacing tanah, pelet, dan lain sebagainya. Jika sahabat ingin membudidayakan ikan Channa sahabat hendaknya mengetahui makanannya dengan baik. Karena makanannya sangat berpengaruh untuk perkembangan ikan. Jadi, pastikan sahabat memberikan makanan bagi ikan Channa yang tepat ya! 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close