Bubut menjadi salah satu jenis burung yang menarik minat banyak pecinta burung di Indonesia. Sayangnya, untuk mendapatkannya burung ini Anda perlu menyediakan dana yang cukup banyak. Sebab, harga burung bubut anakan maupun yang dewasa cukup tinggi.

Terlepas dari hal itu, burung bubut ini tampak mirip seperti burung elang. Walaupun memiliki penampilan yang mirip, keduanya ternyata berasal dari keluarga yang berbeda. Namun, inilah yang membuat burung bubut menjadi istimewa dan keunikan ini pula yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Burung bubut sebenarnya tersebar di banyak wilayah Indonesia. Sayangnya, walaupun populasinya begitu luas, burung ini terancam mengalami kepunahan khususnya karena banyaknya orang yang memburunya dan juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Harga Burung Bubut Anakan dan Dewasa

harga Burung Bubut Anakan dan Dewasa

Sebelumnya perlu diketahui bahwa burung bubut ini terdiri atas berbagai jenis. Berbagai jenis tersebut tentunya dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis burung bubut ini diantaranya sebagai berikut:

1. Burung Bubut Pacar Jambul

Pertama, ada burung bubut pacar jambul yang sebenarnya adalah burung migran. Sesuai dengan namanya, jenis burung bubut ini mempunyai ciri khas yang berupa jambul di bagian kepalanya. Burung ini memiliki bulu yang warnanya perpaduan antara warna hitam, putih dan coklat.

Suara burung ini tentunya sangat merdu. Namun kalau berbicara soal dana, harga burung bubut pacar jambul kalau yang anakan sekitar Rp400.000 sampai dengan Rp2.000.000 per ekornya. Sementara kalau yang sudah dewasanya, harganya sekitar Rp2.000.000 per ekornya.

2. Burung Bubut Jawa

Sesuai dengan namanya, burung bubut jawa hanya bisa Anda temukan di Pulau Jawa. Burung ini begitu khas dengan badannya yang hitam, matanya yang merah dan sayapnya yang berwarna coklat kemerahan.

Dibandingkan dengan yang jenis pacar jambul, harga pasaran burung bubut jawa lebih terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan dana yang besarnya antara Rp200.000 sampai dengan Rp600.000 untuk mendapatkan satu ekor anakan burung bubut jawa.

Sedangkan kalau Anda lebih tertarik untuk beli burung bubut jawa yang sudah dewasa, bisa siapkan dana yang besarnya lebih dari Rp600.000 per ekornya.

3. Burung Bubut Alang-Alang

Kalau jenis burung bubut yang satu ini, juga cenderung mudah dikenali dengan warna bulunya yang sangat khas, yaitu warna coklat dengan disertai bintik-bintik warna hitam. Perpaduan warna dan motif ini menyebar mulai dari bagian kepala hingga bagian ekor.

Sama seperti harga bubut sebelumnya, jenis yang satu inipun juga dibandrol degan harga yang bervariasi. Adapun penyebabnya adalah kualitas bulu serta usia burung bubut yang dimaksud. Untuk yang anakan, kisaran harganya antara Rp250.000 sampai dengan Rp1.000.000 per ekornya.

Sementara harga burung bubut besar untuk jenis alang-alang, sekitar Rp1.000.000 per ekornya dan bahkan bisa lebih. Sekali lagi, faktor harga ini dipengaruhi oleh usia si burung serta kualitas warna bulunya.

Agar lebih mudah memahami perbedaan harga anak burung bubut dan harga burung bubut dewasa untuk setiap jenisnya, mari simak tabel yang ada di bawah ini.

Jenis Burung Bubut Kisaran Harga
Pacar Jambul Anakan Rp400.000
Pacar Jambul Dewasa Rp2.000.000
Jawa Anakan Rp200.000
Jawa Dewasa Rp600.000
Alang-Alang Anakan Rp250.000
Alang-Alang Dewasa Rp1.000.000

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Bubut

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Bubut

Sebelumnya sudah disampaikan kalau masalah harga ini sangat dipengaruhi oleh kualitas bulu serta usia si burung. Namun, selain kedua faktor tersebut, ada pula faktor lain yang juga bisa mempengaruhi harga burung ini, termasuk ukuran tubuh dan suara burung itu sendiri.

Umumnya, harga burung bubut gacor dan suaranya bagus lebih mahal dibandingkan dengan burung bubut yang suaranya biasa saja. Meskipun lebih mahal, rata-rata pecinta burung lebih menyukai burung bubut yang sudah gacor ini untuk dijadikan burung masteran.

Makanan Burung Bubut

Tidak hanya perlu mengetahui kisaran harga saja, Anda pun harus tahu apa saja makanan burung yang satu ini khususnya jika Anda berniat untuk memeliharanya. Perihal makanan, sebenarnya burung bubut suka mengonsumsi serangga kecil yang ada di sekitarnya.

Akan tetapi, kalau Anda sudah memeliharanya, burung ini bisa dilatih agar bisa memakan voer serta memakan extra fooding. Contoh extra fooding yang bisa diberikan ialah ulat hongkong, jangkrik dan kroto yang merupakan sumber protein yang bagus untuk burung.

Baca Juga: Makanan Burung Nuri Kepala Hitam, Apa Saja?

Kepercayaan Terkait Burung Bubut

Kepercayaan Terkait Burung Bubut

Burung bubut diketahui memiliki suara kicau yang merdu. Habitat aslinya berada di dataran rendah dan daerah persawahan. Hewan satu ini masih termasuk dalam keluarga cuckoo. Burung bubut juga terkenal karena sering menitipkan telurnya ke sarang burung yang lain agar dierami.

Sebagian masyarakat percaya bahwasanya burung ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan keseleo, patah tulang maupun nyeri otot. Pemanfaatan burung tersebut dilakukan dengan cara mengambil minyaknya.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah mendapatkan gambaran soal harga burung bubut baik yang anakan maupun yang sudah dewasa? Kini, Anda hanya perlu menyediakan dana yang cukup kalau ingin memelihara hewan yang satu ini. Tetapi jangan lupa, setelah memilikinya, rawat burung ini dengan baik ya.

Baca Juga: Makanan Burung Kolibri yang Bagus dan Terbaik

Share:
close