Salah satu peliharaan yang banyak difavoritkan selain kucing dan anjing adalah kelinci. Hewan ini sangat lucu dan menggemaskan sehingga banyak yang memeliharanya. Jika kelinci hamil, ketahui berapa lama kelinci hamil agar pemilik kelinci dapat mempersiapkan dengan baik.

Kelinci termasuk hewan yang produktif. Hal ini ditandai dengan seringnya siklus kehamilan yang terjadi yaitu 5 kali dalam waktu satu tahun. Hanya dengan satu kali kehamilan ini kelinci tersebut bisa melahirkan  3-15 ekor.

Sedangkan dalam waktu 5 bulan setelah kelahiran, kelinci betina sudah siap kawin sehingga tergolong cepat melakukan reproduksi. Menariknya, kelinci tersebut sudah dapat dibuahi lagi setelah 15 hari melahirkan.

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Bagi yang baru memelihara kelinci, penting diketahui ciri-ciri dari kelinci hamil. Dengan memahaminya, kalian tidak perlu mengira-ngira lagi dan bisa langsung mempersiapkan kebutuhan dalam persalinan seperti kandang untuk anak-anak kelinci.

Adapun ciri-ciri kelinci sedang hamil adalah sebagai berikut:

  • Bentuk perutnya yang membuncit sesuai dengan kehamilan.
  • Mulutnya berwarna merah.
  • Nafsu makan yang tinggi dan meningkat.
  • Kelinci yang sedang hamil pertama memiliki sifat yang lebih agresif dibandingkan biasanya.
  • Memiliki kebiasaan mengorek tanah.
  • Bulu kelinci dapat mengalami kerontokana.

Setelah diketahui beberapa ciri-ciri di atas, Anda dapat memahami apakah kelinci hamil atau tidak. Namun, ada juga kelinci yang tidak memiliki tanda-tanda kehamilan karena faktor tertentu.

Ciri-ciri Kelinci Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kelinci Mau Melahirkan

Sebelum mengetahui berapa lama kelinci hamil, Anda perlu memperhatikan tanda kelinci ingin melahirkan. Bagi pemilik kelinci harus mengetahui tanda-tandanya sehingga apabila mengalami masalah bisa langsung datang ke dokter hewan.

Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Kelinci merasa gelisah dan lebih ingin sendiri. Jika ingin melahirkan, kelinci akan terlihat gelisah karena adanya kontraksi pada perut sehingga terasa menyakitkan.
  • Buat sarang yang biasanya dilakukan satu minggi sebelum melahirkan. Pembuatan sarang ini dengan menumpuk jerami di sudut tempat tidurnya. Bisa juga dengan menggali tanah untuk membuat sarang kecil.
  • Lebih agresif.
  • Nasfu makan mulai menurun
  • Sering menggaruk-garuk kandang
  • Lebih sering berbaring.

Berapa Lama Kelinci Hamil?

Berapa Lama Kelinci Hamil_

Banyak yang penasaran  tentang jangka waktu kelahiran anak kelinci. Pasalnya, pemelihara kelinci ingin mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk anak kelinci dengan baik termasuk makanannya.

Berapa lama kelinci hamil menjadi tanda tanya besar. Namun, supaya tidak penasaran, akan dijelaskan bahwa lama kelinci  mengandung cukup cepat yaitu sekitar 29-35 hari. Adapun rata-rata kehamilan kelinci adalah 31 hari.

Jika sudah lewat 33 hari tetapi kelinci tidak kunjung lahiran, maka disarankan untuk mengunjungi dokter hewan. Hal ini terjadi karena pada umumnya kelahiran kelinci setelah 33 hari bisa mengalai masalah.

Jadi, supaya kelahiran anak kelinci berlangsung lancar, maka penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewanjika tidak kunjung lahiran. Dokter hewan tersebut nantinya akan mengecek berapa lama kelinci hamil dan apakah ada gangguan atau tidak.

Baca Juga: Masa Hamil Sapi yang Wajib Diketahui Peternak

Makanan Untuk Kelinci Hamil

Makanan Untuk Kelinci Hamil

Setelah diketahui berapa lama kelinci hamil, ketahui juga makanan yang perlu diberikan untuk kelinci betina yang sedang mengandung. Manfaatnya agar kebutuhan nutrisi dari ibu dan janin kelinci menjadi tercukupi.

Kelinci yang sedang hamil biasanya membutuhkan asupan yang lebih banyak karena untuk kebutuhan perkembangan anaknya. Jadi, dibutuhkan makanan kelinci yang memiliki nutrisi baik.

Jangan berikan makanan rumput liar karena ini akan membuat fesesnya menjadi lebih cair dan lunak. Selain itu, memakan rumput liar juga dapat mengakibatkan kelinci betina diare karena sudah kotor dan terkontaminasi oleh bakteri.

Disarankan untuk menggunakan bahan makanan pengganti. Contohnya adalah jerami alfalfa dicampur dengan sayuran. Tidak hanya soal makanannya saja, penting juga memberikan ketersediaan air yang cukup supaya kelinci tidak mengalami dehidrasi.

Kandang Kelinci Hamil

Kandang Kelinci Hamil

Ada beberapa hal dalam mempersiapkan kelahiran kelinci. Salah satunya adalah soal kandang yang menjadi tempat tinggal kelinci betina. Anda perlu menyiapkan sebuah ruang yang nyaman dan tidak sempit agar dapat menampung semua bayi kelinci setelah lahir.

Setiap kelinci biasanya dapat melahirkan anak sebanyak 15 bayi. Dengan begitu, persiapan kandangnya harus benar-benar dipersiapkan agar anak kelinci merasa lebih nyaman. Banyak kandang kelinci yang dijual secara luas baik lewat online maupun offline.

Namun, ada juga yang lebih memilih untuk membuat kandang kelinci sendiri untuk tempat tinggal anak-anak kelinci nantinya. Tips yang perlu dilakukan yaitu membuat kotak kandang yang luas dan membuat Anda gampang membersihkannya.

Caranya dengan membuat kotak kotoran kelinci yang kemudian ditambahkan dengan jerami. Hal ini untuk mengurangi bau kotoran kelinci dan supaya lebih mudah untuk dibersihkan. Disarankan  juga untuk membuat kotak dari plastik untuk kotoran kelinci.

Alasannya agar lebih mudah dalam pembersihan dibandingkan menggunakan bahan dari kayu.

Baca Juga: 7 Pakan Pantangan Buat Kambing Saat Hamil!

Kesimpulan

Berapa lama kelinci hamil penting diketahui agar memastikan tidak terjadi masalah kelahiran pada kelinci betina. Selain itu, masa kehamilan juga perlu dipahami agar sebagai pemilik kucing bisa mempersiapkan perlengkapan dan makanan untuk anak kelinci yang telah lahir.

Share:
close