Halo sahabat pecinta ikan! Pasti tidak asing lagi bukan dengan ikan Oscar? Ikan ini merupakan salah satu jenis predator yang menarik. Sebab meski termasuk predator, tapi ikan ini tidak memiliki sifat yang terlalu agresif. Tidak heran jika kemudian ikan ini juga banyak dipelihara. Jika sahabat juga tertarik memeliharanya, pahami dulu apa saja makanan ikan Oscar. 

Pengetahuan soal makanan ikan Oscar ini tergolong penting untuk memastikan kesehatannya terjaga. Selain itu, dengan makanan yang tepat sahabat bisa memiliki ikan Oscar yang sehat dan juga besar. Yuk, simak informasi lengkapnya disini! 

Baca Juga:

Mengenal Ikan Oscar: Salah Satu Jenis Ikan Hias Cukup Agresif

ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang berasal dari keluarga Cichlidae
sumber gambar: Fishinformer.com

Sebelum membahas lebih lanjut soal makanan ikan Oscar, sahabat bisa berkenalan dulu dengan jenis ikan agresif yang satu ini. Pada dasarnya, ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang berasal dari keluarga Cichlidae. Ikan ini memiliki habitat asli di Sungai Amazon yang berada pada negara Amerika Selatan. 

Di Indonesia bentuk dan karakter serta warna yang indah pada ikan jenis ini, membuatnya menjadi salah satu primadona bagi penggemar ikan hias. Selain keindahannya ikan Oscar juga terkenal dengan sifatnya yang agresif dan membuat para sahabat pecinta ikan hias dibuat terkagum saat melihat ikan Oscar sedang melahap mangsanya dengan sangat ganas. 

Makanan Ikan Oscar yang Berkualitas

Untuk menunjang kebutuhan pakan ikan Oscar, perlu sahabat perhatikan jenis pakan yang hendak diberikan. Ikan Oscar termasuk kedalam jenis ikan karnivora yang berarti ia tertarik pada jenis makanan daging atau ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dari pada dirinya. 

Namun perlu digaris bawahi bahwasannya pemberian pakan pada ikan Oscar tidak dapat disamaratakan. Sahabat perlu memilih jenis dan ukuran porsi yang sesuai dengan usia dan ukuran ikan Oscar kesayangan sahabat. Sahabat dapat mengklasifikasikan ikan Oscar yang dimiliki masih merupakan kategori anakan, remaja maupun dewasa hanya dengan melihat panjang tubuhnya. 

Pada dasarnya kategori anakan hingga remaja akan memiliki rentang Panjang tubuh kurang dari 10 cm hingga menyentuh angka 10 cm. setelahnya ikan Oscar dengan Panjang tubuh lebih dari 10 cm merupakan kategori dewasa. Pada usia anakan hingga remaja pemberian pakan dilakukan 2-3 kali sehari dan saat menginjak usia dewasa pemberian pakan cukup dilakukan sehari sekali. 

Jika sahabat menginginkan perkembangan yang bagus untuk ikan Oscar kesayangan, tentu perlu dipikirkan jenis makanan yang memiliki kualitas tinggi guna menunjang kebutuhan lemak dan protein predator air tawar yang satu ini. Berikut coba kami rangkum apa saja pakan yang cocok untuk sahabat berikan kepada ikan Oscar kesayangan sahabat :

1. Cacing Sutra 

cacing sutra ini sangat mudah ditemukan dan mengandung banyak nutrisi
sumber gambar: Myaquas.ru

Tentunya jenis pakan satu ini sudah tidak lagi asing terdengar pada telinga sahabat. Selain kandungan lemak dan protein yang tinggi di dalamnya, cacing sutra ini sangat mudah sahabat temukan pada penjual di toko ikan hias atau semacamnya. Selain itu memberikan pakan ini dalam kondisi hidup tentunya akan semakin melatih insting predator pada ikan Oscar yang sahabat miliki.

2. Udang Kecil

udang kecil juga cocok diberikan untuk ikan oscar
sumber gambar: Pertanianku.com

Jenis makanan ikan Oscar yang berkualitas selanjutnya adalah udang kecil. Tidak hanya sangat menyukai makanan ini, kandungan zat karoten dalam udang mempunyai manfaat yang baik guna mencerahkan warna pada sisik ikan Oscar. Meskipun begitu jika ikan Oscar yang sahabat miliki masih tergolong jenis anakan, bagian sungut pada udang perlu dibuang terlebih dahulu agar tidak melukai anakan ikan. 

3. Jangkrik 

jangkrik cocok diberikan pada ikan oscar yang sedang tidak nafsu makan
sumber gambar: Goodnewsfromindonesia.id

Jika sahabat menjumpai ikan Oscar yang kurang bernafsu saat diberikan pakan, coba pertimbangkan untuk memberikan jangkrik yang masih hidup dan segar. Pasalnya, jangkrik dapat digunakan sebagai pakan alami bagi ikan Oscar sahabat yang mulai kehilangan nafsu makan. Selain itu, pakan jenis ini juga sangat baik untuk menunjang perkembangan ikan.

4. Katak Kecil 

ikan oscar juga bisa memakan katak kecil untuk menuruti naluri predatornya
sumber gambar: Blibli.com

Mungkin sahabat bertanya-tanya, apakah mungkin ikan Oscar dapat memangsa seekor katak? Jawabnya adalah benar, faktanya ikan ini merupakan jenis predator air tawar yang memiliki sifat agresif. Tentunya memangsa seekor katak yang lebih kecil dari ukuran tubuh ikan Oscar itu sendiri bukan suatu masalah, bahkan pertumbuhan ikan Oscar sahabat dapat semakin cepat jika dilakukan pemberian pakan jenis ini secara teratur.

5. Anakan Ikan 

ikan oscar juga bisa memakan anakan ikan
sumber gambar: Jurnalasia.com

Terakhir, sahabat juga bisa memberikan anakan ikan sebagai makanan ikan Oscar. Karena memiliki naluri predator, ikan Oscar pun bisa memangsa ikan lain dengan ukuran yang lebih kecil dari tubuhnya. Selain itu, ikan Oscar gemar untuk memburu dan menyantap mangsanya dalam keadaan segar, hal ini juga akan meningkatkan nafsu makan dari ikan Oscar sahabat.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan singkat tentang ikan Oscar serta pakan yang digemari, dapat disimpulkan bahwa alasan mengapa ikan Oscar menjadi primadona saat ini karena ia memiliki keindahan fisik ditambah dengan sifatnya yang merupakan seorang predator yang agresif. Sahabat akan dibuat terkagum dengan keindahan dan keagresifan ikan Oscar ini. 

Untuk makanan ikan Oscar sendiri terbilang beragam dan bisa sahabat berikan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari anakan ikan, udang kecil, katak kecil, jangkrik, dan cacing sutra. Dengan makanan yang tepat, ikan pun bisa tumbuh besar dan sehat. 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close