Wamentan Luncurkan Bibit Sapi Bali ‘Super’ di Jembrana

DUNIATERNAK.COM, – Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan meluncurkan bibit dan pejantan sapi kualitas terbaik atau super. Bibit sapi ini telah memperoleh sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) Benih dan Bibit Ternak.
Sapi Bali super ini merupakan hasil pengembangan bibit sapi secara modern yang dilakukan di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Denpasar, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan.

Pengembangan sapi Bali super dilakukan dengan cara memberi pakan khusus hingga sistem perkawinan buatan (inseminasi). Perawatan sapi juga dilakukan secara khusus. Lokasi pengembangan terletak di Desa Pangyangan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali.

Rusman menjelaskan pengembangan bibit sapi unggul merupakan cara pemerintah melahirkan sapi lokal yang berkualitas. Penciptaan bibit sapi Bali super ini, akan terus dilakukan mulai dari proses pembibitan awal hingga siap penggemukan di sentra-sentra pengembangan dan peternakan.

“Launching sapi nggak hanya panen bibit. Merupakan proses lengkap dari awal sampai akhir. Pembibitan dengan seleksi performance di sentra ternak sampai melepas pejantan dan betina unggul.

Nggak sekedar di BPTU HPT Bali yang kita launching. Kita kenal juga kenal sapi Onggol, sapi Madura dan sapi Aceh,” kata Rusman saat launching sapi pejantan Bali di BPTU HPT Denpasar, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (26/4).

BPTU HPT Denpasar hari ini melepaskan 83 ekor bibit sapi unggul yang telah tersertifikasi. Sapi ini selanjutkan akan disebar ke berbagai daerah di Indonesia untuk keperluan pengembangan ternak hingga penelitian.

Ketua BPTU HPT Denpasar Drh Edi Suprapto menjelaskan pihaknya memiliki persediaan bibit hingga indukan sapi Bali unggul sebanyak 866 ekor. Sapi tersebut dikembangkan dan diternakan pada lahan seluas 102 hektar.

“Launching sapi bali yang bersertifukat merupakan uji performance BPTU Denpasar sejak 5 tahun lalu,” sebutnya.

Melalui pengembangan bibit sapi unggul ini, ke depan para peternak bisa menghasilkan sapi lokal khususnya sapi Bali yang unggul dan berkualitas.

“Kita berharap di dalam seleksi bisa terukur dan continue untuk sumber bibit sapi potong. Dapat bibit berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Jembrana Made Kembang Hartawan menyebut adanya pusat pengembangan sapi di Jembrana merupakan wujud penerapan teknologi dan keilmuan di dalam pengembangan peternakan. Kembang juga mengaku wilayah Jembrana yang secara geografis berbukit dan memiliki pantai, sangat sesuai untuk pengembangan peternakan sapi modern.

“Launching sapi Bali, merupakan wujud pembangunan peternakan. Rangsangan petani ternak. Untuk manfaatkan pejantan unggul sehingga hasilkan sapi unggul standar nasional,” papar Kembang.(Sumber : Medanbisnisdaily.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

One Comment on "Wamentan Luncurkan Bibit Sapi Bali ‘Super’ di Jembrana"

  1. samaudin April 30, 2016 at 12:41 pm - Reply

    Permisi saya mau bertanya harga sapi yang berat bersihnya 80kg kisaran berapa ya terimakasih

Leave A Response