Wali Kota Serahkan Bantuan Ternak Babi dan Sapi


SORONG – Bertempat di salah satu lahan ternak kelompok ternak sapi di Kelurahan Klamana Distrik Sorong Timur, Jumat (11/7), Wali Kota Sorong, Drs.Ec Lambert Jitmau,MM menyerahkan bantuan ternak sapi dan babi kepada kelompok ternak Keikere dari Kelurahan Malanu dan kelompok ternak Seko dari Kelurahan Klamana.

Kelompok ternak Keikere Malanu mendapatkan bantuan 20 ekor babi, sementara kelompok ternak Seko Klamana mendapatkan bantuan 20 ekor sapi. Dua kelompok peternak tersebut merupakan masyarakat asli Papua, dengan harapan bantuan yang diberikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kota Sorong, Dra. Welly Tigtigweria kepada wartawan mengatakan, bantuan ternak sapi dan babi yang diserahkan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat melalui Dinas Pertanian Papua Barat.

Bantuan ternak yang diberikan diharapkan mampu membantu peternak khususnya dari masyarakat asli Papua dapat mengembangkan diri untuk peningkatan kesejahteraan keluarga melalui beternak. Wali Kota Sorong pada kesempatan ini megatakan, bantuan ternak yang diberikan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah. Karena itu, ternak yang ada harus diperlihara dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berkembang baik dan memberikan manfaat bagi peternak.

“Dari ternak yang diberikan tentunya harus ada pertanggungjawaban, bukan setelah diberikan beberapa bulan kemudian sudah tidak jelas dimana hewan ternak tersebut, apakah dipotong sendiri atau dijual. Jadi saya tegaskan kepada penyuluh peternakan dapat membimbing dan membina para peternak sehingga mampu mengembangkan ternaknya”,kata Wali Kota.

Menurutnya, ternak yang ada harus dibuatkan kandang, harus dipelihara dengan baik, tidak boleh dibiarkan saja karena dapat mengganggu masyarakat lainnya. Wali Kota juga menghimbau agar para peternak ini dapat belajar kepada warga masyarakat lainnya seperti masyarakat Jawa yang sudah lama di Sorong begitu uletnya beternak sapi, yang tentunya dapat dicontohi.

“Banyak saudara kita masyarakat Jawa yang ternak sapi, begitu ulet mencari rumput untuk ternak-ternak sapi yang dimilikinya. Ini merupakan contoh yang baik dalam beternak, kalau memang ada lahan luas bisa dipagar keliling, tetapi kalau tidak bisa, ya dikandangkan dan diberikan pakan,” pungkasnya.(Sumber : radartimika.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response