Usaha Ternak Cacing Untuk Komoditas Kesehatan

Ternak Cacing Merah

Cacing bagi sebagian orang mungkin menjadi binatang yang menjijikkan, namun tidak demikian bagi sejumlah warga di Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Hewan tak bertulang belakang ini menjadi komoditas yang menguntungkan lantaran memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Ternak Cacing yang dikembangbiakkan  sejumlah warga di Kalisoro, Kecamatan Karanganyar, merupakan jenis cacing tanah merah atau lumbricus rubellus, berbeda dengan cacing umumnya, ben­tuk ca­cing­nya ini berbentuk pi­pih dan bewarna te­rang ke­me­rah-me­rah­an, Paikem, salah satu peternak cacing di Kalisoro, mengatakan dirinya mulai beternak cacing ini sejak 5 tahun lalu.

Awal­nya, wanita berusia 50 tahun ini bersama sejumlah warga menerima bibit cacing untuk dikembangkan, untuk perawatan dan perkembangan cacing ini sendiri tergolong mudah, hanya dengan media tanah dan suhu yang cukup serta pemberian makan yang teratur, cacing dapat berkembang dengan cepat, meski bagi sebagian orang menggelikan, binatang lunak ini ternyata berkhasiat sebagai obat atau bahan baku kosmetik, bahkan cacing merah menjadi komoditas dan menjadi andalan untuk ekonomi keluarga.

Pesanan sendiri datang dari wilayah karanganyar dan luar Karanganyar, bahkan tak jarang warga langsung datang sendiri untuk dikonsumsi, karena mereka meyakini cacing lumbricus rubellus dapat menyembuhkan penyakit,biasanya mereka memesan cacing yang telah menjadi bubuk dan dimasukkan dalam kapsul, untuk sekali panen tiap peternak cacing lumbricus rubellus ini dapat menghasilkan 10 hingga 20 kilorgram per dua pecan,dalam sebulan sendiri dari hasil usaha ini para petani dapat meraup minimal delapan ratus ribu hingga Rp.1.000.000,- sekali panen . (Sumber : MantebCom)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

2 Comments on "Usaha Ternak Cacing Untuk Komoditas Kesehatan"

  1. rochadi February 11, 2014 at 2:14 pm - Reply

    Alamat lengkap peternakan cacingnya mana ya mas?saya mau beli bibit cacingnya

  2. Adi Santoso February 24, 2015 at 5:32 pm - Reply

    Santoso Lumbricus Rubellus Farm
    Siap melayani kebutuhan rutin anda akan cacing Lumbricus Rubellus

    Siap mengantar ke lokasi yang anda inginkan

    Siap bekerjasama dalam usaha pembibitan, pembesaran dan pembelian cacing Lumbricus Rubellus

    Hubungi : Adi Santoso
    Jl.Duri A9 No.4 – Jakarta 10140
    08174832089
    e-mail : santosorico@yahoo.com

Leave A Response