Tips Memilih Induk Kenari Untuk Diternakkan

Cara Memilih Induk Kenari

Tips Memilih Induk Kenari Untuk Diternakkan - Ada beberapa faktor kunci penentu keberhasilan ternak kenari. Pemilihan induk kenari adalah salah satunya. Penting diperhatikan oleh para peternak kenari tentang pemilihan calon induk kenari dan ciri-ciri induk kenari yang siap tangkar.

Berikut di bawah adalah tips memilih induk kenari yang siap diternakkan. Meski bukan teori baku namun setidaknya dapat memberikan gambaran khususnya bagi peternak kenari pemula. Selanjutnya pengalamanlah yang akan menempa peternak kenari pemula menjadi peternak kenari yang sukses.

Usia Induk Kenari

Pastikan peternak memilih induk kenari yang telah cukup umur. Pada umumnya burung kenari baik jantan maupun betina akan siap kawin pada usia 7-8 bulan. Cara lain jika peternak kesulitan mengetahui usia induk kenari adalah dengan mengamati ciri fisiknya.

Induk kenari yang jantan yang telah memasuki usia 7-8 bulan biasanya telah mampu berbunyi dengan nyaring dengan irama panjang dan tidak terputus-putus.

Hindari memilih induk kenari jantan yang belum berbunyi dengan nyaring, karena bisa jadi induk kenari jantan tersebut belum masuk usia ideal untuk diternakkan.

Selain itu, ciri induk kenari jantan yang telah siap kawin adalah bagian alat kelaminnya akan tampak menonjol dengan warna kemerah-merahan.

Sedangkan ciri fisik induk kenari betina yang telah siap kawin bisa diamati di sekitar alat kelaminnya. Induk kenari betina yang siap kawin umumnya pada bagian perut di sekitar alat kelamin akan menjadi lebih besar dan kencang.

Selain itu induk kenari betina yang siap kawin akan terlihat gelisah ketika mendengar suara kenari jantan. Bulu sayapnya akan dikepakkan sambil mencicit jika mendengar suara pejantan.

Pilih Induk Kenari Yang Sehat

Selain usia, penting juga memastikan bahwa induk kenari yang akan diternakkan sedang berada dalam kondisi yang prima. Induk kenari yang digunakan sebaiknya memiliki warna bulu yang mulus serta  postur tubuhnya  ideal yakni tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus.

Pastikan juga induk kenari tersebut tidak memiliki cacat fisik baik di bagian paruh, sayap, tubuh, kaki dan tidak sedang berganti bulu. Perhatikan juga irama pernafasan induk kenari. Induk kenari yang sehat ketika bernafas maka badan dan bulu ekornya tidak akan tampak ikut bergerak.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response