Ternak Puyuh Putih Lebih Produktif

Ternak Puyuh Putih

Burung Puyuh yang biasa disebut gemak ini sering diternakkan untuk diambil telurnya dan diolah menjadi aneka kuliner melezatkan. Namun, jika puyuh sudah tidak produktif bisa diafkir dan menjadi puyuh potong. Dagingnya bisa digoreng atau dibuat menjadi masakan istimewa.

Salah satu pembudidaya asal Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Rony Febriyanta menjelaskan ada dua jenis burung puyuh yang banyak dikembangkan, yaitu puyuh berwarna coklat dan putih. Khusus puyuh putih diyakini mempunyai banyak keunggulan, seperti lebih jinak, tidak mudah takut maupun tidak mudah stress.

“Selain itu harga puyuh putih afkir dibandrol lebih mahal dibanding puyuh coklat,” papar Rony.

Alumnus Fakultas Ekonomi UGM ini menjelaskan, biasa membeli bibit puyuh di salah satu pengepul. Pembelian dilakukan dua tahap sehingga saat tahap pertama diafkir, tahap kedua masih produktif. Artinya, kandang tidak kosong dan saat ini sudah ada ribuan ekor puyuh yang dipelihara.

“Setelah sebulan pembelian bibit, puyuh sudah produktif bertelur. Dalam satu bulan mampu terkumpul 33 sampai 34 dos dan satu dosnya diisi 750 butir telur puyuh. Harga telur puyuh satu dosnya antara Rp 130 ribu sampai Rp 140 ribu. Sebelum satu minggu sudah harus terjual,” tandasnya.

Rony menambahkan pakan puyuh yang rutin diberikan setiap pagi dan sore buatan pabrik. Saat ini per saknya Rp 270 ribu. Sedangkan penggantian minum cukup pagi hari saja. Setiap pagi diselang-seling mulai dari air sumur biasa, air dicampur vitamin dan air dicampur tetes tebu. Lalu kembali lagi ke air sumur biasa dan seterusnya.

Adapun hasil sampingan dari budidaya puyuh, yakni kotorannya dapat diolah menjadi pupuk maupun dijadikan pakan ikan lele. (Sumber : KR)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

13 Comments on "Ternak Puyuh Putih Lebih Produktif"

  1. ade March 25, 2013 at 8:22 pm - Reply

    salam.
    saya sudah mencoba beternak puyuh di daerah tangerang. hasilnya pun sudah jelas dan bisa saya rasakan. hanya saja saya ada kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dalam hal beternak puyuh. mohon bagi para rekan-rekan yg telah berpengalam sudi berbagi info untuk mendapatkan bibit puyuh & kebutuhannya di daerah JABODETABEK. trimakasih

  2. alfian harmadi January 27, 2014 at 7:34 pm - Reply

    kaloq puyuh putih [ejantan brapa hargannya

  3. wahyudin July 8, 2014 at 5:29 am - Reply

    Saya ♏åΰ coba usaha puyuh…kira2 ada gak ya bibit didaerah tangerang

  4. mulyanto August 7, 2014 at 1:03 am - Reply

    ada mas hubungi 083873020235
    sya tingal di tangrang

  5. wahab October 29, 2014 at 4:03 am - Reply

    saya mau coba usaha burung puyuh.. kira2 ada ga alamat lengkap yg jual bibit burung puyuh dan kandangnya di wilayah tangerang?

  6. alya November 4, 2014 at 1:11 pm - Reply

    ni sekarang dimana bisa membeli bibit puyuh putih yang unggul,,ane di kediri jawatimur

  7. prasetyana January 29, 2015 at 4:55 pm - Reply

    kami menyediakan puyuh coklat jenis catunic jawanica bila anda butuh dalam jumlah banyak,kami siap melayani anda,hub,pras 0877.3938.4062

  8. dimas arya February 8, 2015 at 12:11 pm - Reply

    Tepat nya posisi mas ada di mana,bibit burung puyuh petelur berapa harga nya ya

  9. anton kurniawan September 1, 2015 at 5:30 am - Reply

    Butuh puyuh putih ni buat kawin silang

  10. dodysuardi March 10, 2016 at 2:20 am - Reply

    selamat pagi saya bapak dody dari tangerang teluk naga tangerang,saya mau tanya adakah peternak yang menjual puyuh pedaging.insya allah saya mau buka kuliner olahan burung puyuh.sekian terimakasih.

  11. Randa April 9, 2016 at 5:14 am - Reply

    Benar sekali, peluang beternak puyuh memang sangat menjanjikan (khususnya puyuh putih). Hal lain yang juga harus kita perhatikan sebagai peternakan adalah harga jual dan biaya pakan. Untuk referensi tambahan baca juga konsultasipeternakan.blogspot.com.

    Semoga Bermanfaaat…

  12. lia October 2, 2016 at 4:15 am - Reply

    Boleh minta kontaknya bp Rony Febrianto atau alamat lengkapnya nuwun

  13. Pendhi January 22, 2017 at 7:54 am - Reply

    Adakah informasi burung puyuh putih di jogja / area jateng. Nuwun

Leave A Response