Ternak Kerbau Kalang Unggulan Peternakan Kukar

Ternak Kerbau Kalang

Kerbau Kalang Kaltim yang terdapat di Kutai Kartanegara, akan dijadikan salah satu produk unggulan peternakan di daerah itu. Kepala Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kutai Kartanegara H. Sukhrawardy mengatakan, Kerbau Kalang yang ada di daerah itu tergolong unik, karena hampir seluruh aktivitas kehidupannya dilakukan di air, terutama saat mencari makan

“Kerbau Kalang yang ada di Kutai Kartanegara ini memang beda dengan di daerah lain, karena benar-benar berenang di danau untuk mencari makan dan aktivitas lainnya. Jadi Kerbau Kalang yang ada di daerah ini memang tergolong unik,” katanya ditemuai saat melakukan vaksinasi Kerbau Kalang di Kecamatan Muara Wis, Sabtu (23/3).

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kutai Kartanegara kata dia menaruh harapan untuk menjadikan Kerbau Kalang sebagai salah satu ternak unggulan di daerah itu dan dijadikan sebagai plasma nutfah sentra peternakan Kerbau Kalang Kaltim.

Pupulasi Kerbau Kalang di Kutai Kartanegara kata Sukhrawardy berjumlah lebih delapan ribu ekor yang pengembangannya tersebar di zona Hulu Mahakam yakni Kecamatan Muara wis, Muara Muntai dan Kota Bangun.

Di tiga kecamatan tersebut terhampar danau dan rawa sangat luas dengan ketersediaan rerumputan liar pakan kerbau yang melimpah, sebagai habitat Kerbau Kalang.

“Prospeknya sangat memungkinkan untuk dikembangkan, karena didukung letak geografis di tiga kecamatan  yang terdapat danau dan rawa yang luas,” ujarnya.

Upaya Disnakkesawan Kutai Kartanegara untuk meningkatkan populasi Kerbau Kalang diantaranya, dengan perbaikan mutu genetik melalui kawin suntik dan mendatangkan pejantan yang unggul dan sehat.

Hal tersebut agar tak terjadi ‘in breeding’ atau perkawinan satu rumpun yang berakibat menyusutnya ukuran dan bobot kerbau.

Upaya selanjutnya tambah dia yakni menekan angka kematian kerbau dengan cara menjaga kesehatan ternak seperti vakinasi, pengobatan dan pengambilan sampel darah untuk mengetahui kondisi kerbau.

Untuk diketahui bahwa Kerbau Kalang yang ada di Kutai Kartanegara selain untuk mememnuhi kebutuhan pasar lokal akan daging kerbau, pembelinya juga ada yang datang dari luar Kaltim, yakni dari Kalsel.

Selain itu, Kerbau Kalang di Kutai Kartanegara kerap dibeli untuk diapakai dalam upacara adat suku Dayak.

“Bahkan dari Toraja juga kerap membeli Kerbau Kalang, jadi usaha ini memang sangat menjanjikan,” demikian terangnya. (Sumber : Antara Kaltim)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response