Ternak Itik Alabio Dilirik UMKM Lamongan

ternak itik alabio

Para pelaku industri kecil menengah dan perajin di Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengaku tertarik akan potensi ternak itik Alabio yang dikembangkan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

Berbagai produk Itik Alabio yang bisa dikembangkan menjadi Industri olahan seperti dendeng dan kerupuk itik, telor asin serta produk olahan lainnya dinilai perajin Lamongan memberi prospek yang cerah untuk dikembangkan.

Saat menerima rombongan studi pembelajaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Desa Plosowahyu Kabupaten Lamongan Kamis, salah seorang pengurus Lembaga Keberdayaan Masyarakat (LKM) Bahagia Sejahtera mengutarakan keinginan para pelaku usaha UMKM khususnya di Desa Plosowahyu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara pengembangan Itik Alabio dari mulai pembibitan hingga menjadi berbagai produk olahan.

“Kami sudah lama mengetahui ternak Itik Alabio melalui berbagai informasi di Internet dan kerabat. Yang berdomisili di Kalteng, keberadaan ternak Itik Alabio memiliki prospek luas untuk dikembangkan di luar Kalimantan,” ujar salah satu Pengurus LPM Bahagia Sejahtera Dwijatmiko di Desa Plosowahyu baru-baru ini.

Meski termasuk daerah pesisir yang sudah banyak mengembangkan berbagai produk olahan makanan khususnya hasil laut, namun menurutnya berbagai potensi lain diluar daerah juga masih memiliki potensi untuk dikembangkan.

Salah satu produk UMKM dari Kabupaten HSU yang juga memberi inspirasi petani Lamongan adalah usaha Ikan Sepat yang kemas dan dipasarkan hingga ke manca negara merupakan usaha yang belum dikembangkan di Lamongan.

Padahal, terangnya sebagai daerah pesisir laut sebelah timur Pulau Jawa, kabupaten Lamongan sudah lama dikenal sebagai pusat kuliner hasil laut (sea food) yang sudah terkenal di Indonesia.

“Namun kami baru tahu kalau ikan sepat yang dikemas bisa dipasarkan hingga diminati dimancanegara” katanya.

Ia berharap, para petani dan perajin di Lamongan, khususnya di Desa Plosowahyu yang selama di bina LKM Bahagia Sejahtera
juga bisa melakukan kunjungan studi pembelajaran ke Kabupaten HSU yang banyak memiliki banyak usaha kerajinan dan UMKN ini.

Terhadap keinginan Perajin di Desa Plosowahyu ini, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten HSU Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesra Drs HM Suharyanto menyatakan kegembiraan terhadap keinginan petani Lamongan tersebut.

“Kita bisa saling tukar pengalaman karena para pelaku UMKM di HSU juga tengah terus berupaya mengembangkan industri kerajinan dan produk olahan pertanian” tuturnya.

Suharyanto menyatakan Pemkab HSU siap menyambut kedatangan rombongan studi pembelajaran asal Lamongan sebagaimana Pemkab Lamongan dan masyarakat Desa Plosowahyu juga menyambut cukup antusias kehadiran rombongan studi banding Pemkab HSU di daerahnya. (Sumber : Radar Banjarmasin)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

One Comment on "Ternak Itik Alabio Dilirik UMKM Lamongan"

  1. husni December 15, 2013 at 1:36 pm - Reply

    assalamualaikum pak
    saya dari manado dan ingin mencoba usaha peternakan itik petelur,saya mau tanya dimana biasanya untuk pemesanan bibit bebek petelur thx

Leave A Response