Ternak Cucak Rowo, Dari Hobi Menjadi Hoki

Ternak Cucak Rowo

Meski harganya terbilang fantastis, namun burung Cucak Rowo merupakan salah satu burung kicauan yang banyak diburu oleh para Kicau Mania. Bayangkan, sepasang  cucak rowo yang baru berusia 4 bulan, harganya bisa mencapai Rp 6 juta rupiah.

Dengan harga yang lumayan tinggi tersebut membuat bisnis ternak burung Cucak rowo memiliki prospek yang cukup menarik dan menjanjikan.

Seperti usaha ternak cucak rowo yang di geluti olehAbdul Azis(40) warga perumahan Rewwin Jalan merpati I no 10 kecamatan Waru Sidoarjo.

Menurut Azis Panggilan akrabnya saat ditemui dikediamanya mengatakan, hobi menangkar burung cucak rowo itu digelutnya sejak 6 tahun silam yang awalnya memiliki satu pasang saja.

Dia menggeluti penangkaran cucak rowo itu lantaran rasa keprihatinanya dengan habisnya habitat burung cucak rowo di alam.

“Karena prihatinan itu saya mencoba untuk menangkarkan cucak rowo. Akhirnya saya berusaha untuk berternak cucak rowo,”jelas pria ini.

Berjalan seiringnya waktu, semula hanya memiliki sepasang induk cucak rowo , sekarang Azis memiliki 40 kandang cucak rowo dengan berukuran lebar 1,5 meter, dan tinggi 2 meter .

Meskipun sudah memiliki kandang dan indukan yang cukup banyak, namun Azis masih  juga kewalahan dalam menangani permintaan pelanggan.

“Paling banyak permintaan burung cucak rowo ini berasal dari Jakarta dan Jatim. Untuk untuk luar pulau juga ada permintaan seperti Kalimantan, dan Sumatra, bahkan kadang-kadang belum menetas sudah dipesan sama orang” terang pria yang selalu berpenampilan kalem.

Ia pun mengatakan kebanyakan penangkar cucak rowo yang ada itu bukan karena semakin langkahnya cucak rowo, melainkan tergiur dengan mahalnya harga burung tersebut.

“Kebanyakan orang mau ternak cucak rowo itu bukan karena sudah semakin punahnya burung tersebut, melainkan keuntungannya yang banyak dan harga cucak rowo itu mahal. Bagi saya menangkar cucak rowo merupakan kesenangan tersendiri dan juga hobi,” ujarnya.

Sementara itu Aris yang menjadi pekerja yang mengurusi cucak rowo mengatakan sangat sulitnya merawat cucak rowo tidak seperti burung biasa.

“Kebersihan kandang yang paling penting dalam menjaga kesehatan cucak rowo itu, selain itu tepat waktu untuk memberikan makan agar tubuhnya bisa tumbuh dan sehat ” jelasnya.

Kini Abdul azis mempunyai julukan baru di kalangan warga sekitar perumahan rewin dengan sebutan Azis cucak rowo, pasalnya keberhasilan dan ketelatenanya dalam ternak cucak rowo yang hampir punah ini patut di acungi jempo.

“Terkadang orang yang mau melihat burung cucak rowo yang saya ternakan itu bila bertanya oleh warga sekitar pasti mereka menyebutkan nama Azis cucak rowo. Mungkin sebutan itu merupakan trade mark saya sebagai peternak cucak rowo” pungkasnya. (Sumber : Kabar Sidoarjo)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

2 Comments on "Ternak Cucak Rowo, Dari Hobi Menjadi Hoki"

  1. asep djaja July 21, 2014 at 3:12 pm - Reply

    Om sy seorang hoby dan ingin jg memperbanyak habbitat cucak rowo d indonesia’sy bth indukan unt memulainya’dptkah sy membeli satu pasang indukannya dari om…?unt menambah habitat yg ada sekarang’trimx

  2. asep djaja July 21, 2014 at 3:13 pm - Reply

    Om sy seorang hoby dan ingin jg memperbanyak habbitat cucak rowo d indonesia’sy bth indukan unt memulainya’dptkah sy membeli satu pasang indukannya dari om…?unt menambah habitat yg ada sekarang’trimx’08996546533 Asep

Leave A Response