Ternak Angsa Putih Dikembangkan Di Kaltim

Ternak Angsa Putih

Ardianto, 53 tahun, salah seorang peternak asal Sangata Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, kini terus mengembangkan usaha ternak angsa putih karena belakangan nilai harga terus naik hingga mencapai Rp600 ribu perpasang.

“Kalau sepasang angsa putih yang ukuran besar saya bisa jual sebesar Rp600 ribu, sedangkan yang ukuran sedang Rp400 ribu sepasang”kata Ardianto, Selasa.

Menurut Ardianto, awalnya hanya iseng memelihara jenis Angsa Putih, namun justru peminatnya lumayan makanya saya tekuni karena harganya mahal dan peminatnya juga banyak. Apalagi rata-rata mereka yang suka angsa datang langsung membeli, jadi saya tidak perlu repot-repot ke pasar.

Ardianto yang mantan karyawan perusahaan tambang batubara PT Kaltim Prima Coal (KPC) ini mengatakan, keinginanya untuk mengembangkan ternak angsa putih jika nanti sudah memiliki modal cukup. Karena untuk mengembangkan usaha ternak angsa ini, butuh biaya besar, karena makanannya banyak dan butuh obat-obatan serta vitamin.

“Saya ingin menambah modal, tapi kemana dan caranya bagaimana, mau pinjam banka susah persyaratannya, mau pinjam Pemkab Kutai Timur prosedurnya juga sulit”kata Ardianto, menambahkan.

Angsa Putih, (Sygnus color), yang merupakan salah satu burung air besar dan bisa terbang ini,menurut Ardianto, cocok di ternak, karena selain harganya tinggi, angsa juga aman dari gangguan manusia ataupun binatang, karena ketika ada sesuatu yang akan mengganggu dia teriak dengan suara nyaring.

Selain beternak Angsa putih, Ardianto juga ternak ayam kampung dan mentok yang mencapai ratusan ekor dengan kandang kayu keliling.

“Saya bisa menjual ayam kampung dan mentok ratusan ekor dalam sebulan den gan harga bervariasi antara Rp110 ribu per ekor hingga Rp 200 ribu per ekor”katanya.

Kalau harga ayam kampung ukuran rumah makan padang itu sebesar Rp110 ribu per ekor, kemudian  yang ukuran sedang harganya Rp150 ribu per ekor sedangkan yang besar Rp200 ribu per ekor. Sedangkan mentok itu rata-rata dijual sebesar Rp150 per ekor.

“Saya berharap ada jalan untuk mendapatkan modal usaha, agar ternak angsa, ayam dan mentok ini tetap berjalan, karena keuntungannya lumayan meski biaya juga besar”ujar dia. (Sumber  : ANT)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

4 Comments on "Ternak Angsa Putih Dikembangkan Di Kaltim"

  1. baswan October 10, 2013 at 1:10 am - Reply

    saya ingin angsa putih bisa pesan? ini no hp ku 085735320296 brp no hp anda?

  2. HPIrawan October 26, 2013 at 11:21 am - Reply

    Kalo angsa putihnya jenis Cygnus olor (angsa liar Eropa) seperti disebut dalam tulisan di atas, saya mau banget beli. Tapi saya yakin itu pasti bukan Cygnus olor, tapi Anser cygnoides alias “angsa Cina”, seperti yg banyak dipiara di kampung-kampung dan dijual di pasar2 kayak ayam..

  3. mesin tetas December 30, 2015 at 5:20 am - Reply

    PELUANG USAHA BISNIS PENETASAN TELUR…. Buat yg hobby unggas, yg ingin mengembang biakkan ternak unggas nya lebih bnyk lg dgn lbh cepat dan praktis, tersedia mesin tetas serba otomatis kap 50, 100, 210, 560btr. tanpa di putar manual lg, bs ditinggal2, hsl tetasan maksimal 98% berhasil, karna itu mesin kami banyak di minati para peternak unggas di seluruh wilayah indonesia..Buat Anda yg di kota/kerja di Luar negeri, mesin tetas ini, cocok juga utk dikirim ke Kampung Guna membantu sanak saudara yg di kampung halaman utk nambah penghasilan mereka dgn bisnis penetasan telur ayam , kalkun, bebek, puyuh, kenari, murai, jalak,lovebird, merpati dan burung lainnya…
    kami Siap kirim ke seluruh wilayah indonesia

    Hub.08561764900 pin.57E0CAA2

  4. Eko ngawi April 26, 2016 at 5:25 pm - Reply

    Kami www*.bursaayamhias.com menyediakan berbagai jnis angsa(black swan,mite swan,black neck swan dll) berbagai macam bebek (mandrin duck,caroline duck,red breasted goose,barneckle duck dll /bisa hubungi di nomer tlpon/Wa 081216419740 lokasi ngawi jatim bisa bantu kirim seluruh indonesia. Kecuali yang berzona merah.

Leave A Response