Swasembada Daging, Pemeriksaan Hewan Ternak Sapi Dilakukan di Berbagai Daerah


DUNIATERNAK.COM, – Tim Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten bersama dengan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta, melakukan pemantauan dan penanggulangan gangguan reproduksi sapi di kandang ternak kelompok di Klaten, Selasa (9/8/2016).

Sasaran pemantauan dan penanggulangan gangguan reproduksi sapi  dilakukan di Desa Cucukan Desa Kokosan Kecamatan Prambanan dan di Desa Granting, Desa Joton Kecamatan Jogonalan Klaten.

Petugas Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten, drh Yusuf mengatakan, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia yang  merupakan program nasional yang dilaunching oleh Kementerian Pertanian RI pada awal Juli 2016.

Yusuf menjelaskan, program tersebut dalam rangka peningkatan populasi, produksi dan mutu genetik ternak demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan swasembada daging. Menurutnya, peternak di Klaten sudah memahami cara beternak sapi, namun  dalam pengamatan birahi sapi masih kurang.

“Faktor utama yang paling penting itu pakan, jadi kalau kekurangan pakan atau nutrisi itu sangat berpengaruh pada reproduksi . Sebenarnya kalau di Klaten itu peternakannya sudah lumayan cuma untuk pengamatan birahinya yang kurang,” tambahnya.

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, program pemantauan dan penanggulangan gangrep di Klaten  ditargetkan mencapai 108 ekor sapi, kegiatan di lakukan selama 5 hari di mulai 8 hingga 12 Agustus mendatang. Sedangkan umur sapi  yang mulai birahi atau dikawinkan pertama kali minimal 18 bulan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Ternak Lestari Makmur Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan Klaten, Sugiyo mengatakan, populasi sapi di kandang ternak lestari makmur berjumlah 40 ekor dengan jenis sapi lokal. Kelompok ternak ini memiliki anggota 17 orang. Hingga saat ini belum ada penyakit yang menyerang sapi karena sering dilakukan pemeriksaan rutin, pemberian nutrisi, dan vaksinasi. Ia berharap dengan adanya program pemantauan gangrep ini produktifitas sapi bisa meningkat. (Sumber: rri.co.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.