Susu Kambing Etawa : Permintaan Tinggi, Produksi Terbatas

jual susu kambing etawa

Permintaan susu kambing etawa untuk pasar domestik tinggi. Namun tingginya permintaan ini tidak dapat dipenuhi petani kambing etawa di wilayah Kecamatan Gumelar karena produksinya terbatas.

Menurut petani kambing etawa Desa Gumelar, H Tjarsam, pasar susu kambing etawa sekarang ini sangat terbuka. Apalagi minum susu sudah membudaya di masyarakat baik untuk kesehatan anak, penyembuhan penyakit serta untuk konsumsi biasa setiap hari.

“Pasar kebanyakan membutuhkan susu kambing etawa karena konsumsi masyarakat tinggi,” katanya.

Dia menambahkan pemasaran susu kambing etawa milik para petani Gumelar selain di pasarkan di wilayah Banyumas, juga ke luar kota, seperti Jakarta, Tegal dan Bandung.

“Tapi kalau produksi susu di tempat kami hanya di pasarkan di Banyumas saja, karena tidak mampu mencukupi permintaan dari luar daerah,” katanya.

Produksi susu kambing etawa di wilayah kecamatan itu antara satu petani dengan petani lainnya berbeda, tergantung dari jumlah indukan yang diternak. Tapi rata-rata berksiar antara 5 sampai 25 liter per hari. Harga susu kambing di tingkat peternak berkisar Rp 20 ribu per liter.

“Kalau di tempat saya setiap hari memproduksi susu 3 sampai 5 liter, sehingga banyak konsumen yang tak terlayani,” katanya menjelaskan.

Peternak kambing etawa lainnya, Ruswoyo mengatakan setiap hari mampu menghasilkan 25 liter. Susu tersebut selain dijual literan, juga dikemas dalam kantong plastik. “Harganya stabil terus karena permintaannya sangat tinggi,” katanya.

Menigkatkan Produksi

Untuk meningkatkan produksi susu, biasanya para petani melakukannya dengan menyusui anakan kambing dengan susu sapi, sehingga susu kambing bisa diperah. Kambing anakan, diberi susu sapi ketika sudah masuk usia sebulan.

“Efektif panen satu ekor kambing etawa selama limba bulan penuh dalam setahun, setelah dikurangi masa bunting dan menyusui anakan kambing. Perhitungannya satu ekor kambing mampu memproduksi 1,5 liter susu per hari,” kata Tjarsam.

Tingginya permintaan susu kambing etawa telah merangsang perkembangan kelompok peternak kambing etawa di Gumelar. Kelompok itu sekarang ini semakin tumbuh pesat. Berdasarkan data yang diperoleh pada kelompok kambing etawa Petramas, produksi susu kambing etawa sekitar 30 – 40 liter/hari.

Pengurus kelompok kambing ewawa Ngudi Makmur Desa Samudra Kulon, Minto juga mengemukakan, pembentukan kelompok peternak kambing etawa baru semakin banyak. “Kami juga termasuk kelompok baru. Kami masih fokus budi daya kambing, belum sampai pada pemerahan susu,” katanya. (Sumber : Suara Merdeka)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response