Sapi Kusnan Juara Kontes Ternak Bojonegoro

sapi-juara-kontes-ternak

Bojonegoro – Kontes ternak yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disperta) di Desa Pesen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, dimenangkan oleh Paero dan Paejo, keduanya nama sapi milik Kusnan, warga Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro.

Paero, sapi kereman berjenis kelamin jantan ini mempunyai bobot satu ton satu kuintal lima kilogram. Paero berhasil mengalahkan ratusan ternak sapi lainnya dalam kontes ternak promosi yang diikuti ratusan peternak sapi dari wilayah Bojonegoro tersebut.

Menurut Kusnan, sapi yang diberi nama Paero itu sudah berumur tiga tahun. Ia merawat dan memelihara Paero layaknya anaknya sendiri. Untuk mencapai bobot sapi yang maksimal seperti itu, Kusnan mengaku memberinya pakan sapi yang berkualitas dan merawatnya dengan baik.

“Paero dan Pejo itu saya rawat dan perlakukan seperti anak sendiri,” tutur Kusnan girang.

Kusnan menuturkan, selain memberi makanan berupa jerami dan tebon, Paero juga mendapatkan asupan makanan tambahan berupa comboran yakni campuran bekatul dan ampas tahu. Selain itu, Paero masih diberi pakan khusus tambahan untuk sapi.

Namun, kata Kusnan, dibalik semuanya masih ada perlakuan khusus yang diberikan pada Paero yakni dimandikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Kemudian, untuk menciptakan rasa bahagia pada sapi kesayangannya itu Kusnan selalu mengajak Paero jalan-jalan pada pagi dan sore hari.

Menurutnya, mengajak sapi jalan-jalan itu penting untuk pertumbuhan sapi. Selain Paero, sapi peliharaan Kusnan juga berhasil meraih juara yakni Paejo dengan bobot satu ton dan 40 kilogram. Paejo merupakan sapi berjenis kelamin jantan dan kini telah berumur tiga tahun.

Sementara itu juara lomba kontes ternak antara lain lomba kelompok tani dan ternak sapi potong yakni juara satu diraih kelompok tani ternak Kedunggondang, Desa Jono Kecamatan Temayang, juara dua diraih kelompok tani Karya Unggul Desa Sekar Kecamatan Sekar dan juara tiga diraih kelompok tani ternak Mulya Desa Pejok Kecamatan Kepohbaru.

Sedangkan untuk lomba kelompok tani ternak kambing dan domba keluar sebagai juara satu yakni kelompok ternak Jaya Mandiri Desa Tikusan Kecamatan Kapas, Juara dua diraih kelompok ternak Rukun Mulya Desa
Bondol Kecamatan Ngambon dan juara tiga diraih kelompok ternak Sumber Rejeki Desa Margomulyo Kecamatan Balen.

Sedangkan untuk pemenang kontes ternak kereman hasil inseminasi buatan juara satu diraih oleh Kusnan dari Kecamatan Sukosewu, juara dua dan tiga masing-masing diraih oleh Waji dari Kecamatan Baureno dan Minjan dari Kecamatan Ngasem.

Pada acara hasil promosi peternakan ini juga dilakukan deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) oleh Ketua LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) Prastowo yang disaksikan oleh Asisten II Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono.

SPR Kasiman, Kedungadem dan Temayang yang berada di Kabupaten Bojonegoro ini merupakan SPR ke 9,10 dan 11 di Indonesia. Sebelumnya juga dilakukan gerakan memasyarakatkan makan daging, telur dan minum susu yang diikuti oleh pelajar-pelajar sekolah dasar di Kecamatan Kanor.(Sumber : beritajatim.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response