Sapi Berbobot 738 kg Juara Kontes Ternak Sapi

Kontes Sapi jumbo

DUNIATERNAK.COM, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Pertanian menggelar kontes ternak sapi di Desa Selimau Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kamis (13/8). Kontes ternak sapi dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan ini merupakan pagelaran yang keempat kali.

Pada tahun lalu hanya diikuti Kecamatan Tanjung Selor dan Tanjung Palas. Namun pada tahun ini jumlah peserta sudah bertambah 2 kecamatan, yakni Tanjung Palas Timur dan Tanjung Palas Utara. Bahkan jumlah peserta pun pada tahun ini bertambah, yang sebelumnya hanya 60 orang kini menjadi 125 orang. Tapi dari jumlah tersebut kemudian dilakukan seleksi, hanya 80 orang yang dinyatakan lolos.

Terdapat 8 kategori yang dilombakan dalam kontes ternak kali ini. Meliputi pejantan Bali, anak pejantan persilangan, anak betina persilangan, calon pejantan persilangan, calon induk persilangan, pejantan persilangan, induk persilangan dan kelas ekstrim. Saat penilaian dilakukan sapi berbobot 738 kg yang dinyatakan juara dan bisa dibilang cetak rekor untuk kategori ekstrem.

“Kita tambah satu kategori ekstrem yang tahun lalu tidak ada. Juara untuk kategori itu diraih sapi yang memiliki bobot 738 kg,” ujar Kepala Dinas Pertanian Bulungan Muhammad Iqbal yang ditemui Bulungan Post, Kamis (13/8).
Iqbal mengungkapkan penilaian terhadap juara telah dilakukan, Rabu (12/8) lalu, dengan melibatkan beberapa tim juri. Dewan juri yang terlibat yakni Fakultas Peternakan Universitas Mulawarman Samarinda (3 orang), Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang (2 orang), dan Dinas Pertanian Bulungan (1 orang). “Penilaian yang dilakukan terhadap ternak sapi berdasarkan bentuk, berat dan kesehatan. Tak dilihat berapa usia sapi tersebut,” sebutnya.

Anggaran untuk pelaksanaan kontes ternak sapi, kata Iqbal, berkisar Rp 105 juta karena melombakan 8 kategori. Ke depan, pihaknya mengusulkan untuk melombakan kandang kelompok sehingga bisa mempersiapkan piala bergilir. Menurutnya, adanya kontes ternak sapi ini untuk memberikan motivasi peternak agar dapat meningkatkan produksi yang berkualitas. Serta, bagaimana dalam memelihara dan dapat berbagi pengalaman sesama peternak sapi.

Kontes ternak sapi mendapat apresiasi dari Bupati Bulungan Budiman Arifin. Apalagi jumlah peserta yang ikut ada 4 kecamatan. Hadiah jutaan rupiah telah disediakan. Mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 8 juta bagi setiap pemenang. “Alhamdulillah, hari ini (kemarin, Red) jumlah peserta mengalami peningkatan. Yang biasanya hanya ada 2 kecamatan, tapi kali ini sudah 4 kecamatan yang ambil bagian. Bila perlu tahun berikutnya jumlah kecamatan meningkat,” kata Budiman.

Budiman menuturkan, pada kontes ternak sapi tahun ini juga mencetak rekor pada kategori ekstrem. Berat sapi mencapai 738 kg. Berat sapi yang juara ini tertinggi dibanding kontes-kontes sebelumnya. Kontes ini dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat, khususnya peternak dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ternak sapi di Bulungan.

Melalui kontes ini pula, calon pembeli bisa memilih hewan sapi dengan kualitas terbaik dari kecamatan-kecamatan di Bulungan. Bahkan, para peternak juga bisa saling bertukar ilmu dan pengetahuan dalam mengembangkan ternak sapi. “Bila kualitas sapi meningkat, harga jualnya ikut naik, praktis pendapatan masyarakat pun meningkat. Bahkan tak menutup peluang untuk melakukan penjualan sapi hingga ke luar daerah,” katanya.

Untuk melakukan penjualan sapi hingga ke luar daerah, masalah angkutan perlu dipikirkan. Yang jadi pertimbangan bila dijual ke luar daerah, angkutan dan bongkar muat untuk bisa sampai di daerah tujuan. “Bila ada peningkatan dan jumlah ternak sapi lebih banyak, maka potensi untuk menjual ke luar daerah bisa saja,” ungkapnya.

Sumber : beraupost.co.id

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.