Pulogadung Mengolah Sampah Organik Menjadi Pakan Ternak

sampah organik sebagai pakan ternak

Kecamatan Pulogadung membuat gebrakan dengan mengolah sampah organik menjadi pakan ternak. Hal tersebut mulai digalakkan di empat pasar di empat kelurahan di wilayah Pulogadung.

Adapun keempatnya ialah Pasar Palad Kelurahan Pulogadung, Pasar Enjo Kelurahan Pisangan Timur, Pasar Rawamangun Kelurahan Rawamangun, Pasar Pulogadung Kelurahan Jatinegara Kaum, serta satu Rumah Pemotongan Hewan yang juga ada di Jatinegara Kaum. Inovasi itu demi merealisasikan target zero waste alias tidak ada sampah.

“Awalnya gerakan ini karena volume pengangkutan sampah agak tersendat makanya kecamatan dan kelurahan ambil langkah preventif, terobosan dan invonasi dengan melakukan program semacam ini,” kata Camat Pulogadung, Ahmad Hariadi, Rabu (10/6).

Ahmad menjelaskan pihaknya berusaha mengurangi sampah organik yang ada di Pulogadung dengan menghimpun dari tempat yang paling besar yakni dari pasar. Sampah-sampah yang berada di sejumlah pasar yang telah ditunjuk, sudah dipilah berdasarkan jenisnya seperti sayuran, buah, daging dan sebagainya.

Lurah Pulogadung, Agusno S. Harahap menambahkan peran pedagang sangat penting karena mereka lah yang memilah-milah sampah sesuai dengan jenis yang telah ditentukan. Sebelum tiba di tempat pembuangan, sampah sudah dipilah dan dimasukkan ke dalam karung sesuai dengan jenis yang ada.

“Yang milah-milah pedagang langsung, jadi enggak ditebar lagi. Kan sosialisasi ke pedagang udah dilakukan dua minggu yang lalu,” katanya.
Nantinya apabila sudah waktunya, sampah-sampah tersebut akan diangkut ke Serpong, Tangerang per dua hari sekali sesuai dengan jadwal dimana menggunakan truk berukuran sedang. Hal itu akan terus dilakukan secara berkala.

Ahmad menambahkan pihaknya berharap dengan program tersebut target zero waste bisa segera menjadi kenyataan dalam waktu dekat. “Akhir tahun atau awal tahun depan mudah-mudahan target zero waste bisa segera terealisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam program itu pihaknya bekerjasama dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia yang berada di Serpong, Tangerang. Pasalnya selama ini rekanannya tersebut kekurangan bahan baku pembuatan pakan ternak. (Sumber: tribunnews.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.