Prospektif, Usaha Ternak Kelinci Dikembangkan di Kaltim

Ternak Kelinci Pedaging

Usaha ternak kelinci di Kota Samarinda sejauh ini memang belum berkembang menjadi komoditi bisnis. Namun, untuk memenuhi kebutuhan protein hewani dari daging yang belakangan waktu ini terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk, Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Peternakan dan Perikanan memandang perlu mengembangkan usaha ternak kelinci tersebut.

“Harus diketahui bisnis komoditi ini sebenarnya sangat menguntungkan karena selain pemeliharaannya cukup mudah, cepat pula menghasilkan daging,” jelas Kepala Dinas Peternakan (Diknas) Samsul Bachri belum lama ini.

Ia menambahkan bahwa kandungan gizi daging kelinci sebenarnya memiliki keunggulan bila dibanding dengan daging hewan lain, terutama rendah kalori, rendah natrium, lemak, dan kolesterol selain seratnya yang halus. “Cita rasa daging kelinci memang belum familiar di lidah. Namun, bila diolah dengan kreasi makanan cepat saji seperti nugget, rolade, dan lain sebagainya ternyata pangan tersebut lebih enak dan gurih,” imbuhnya.

Sedangkan keunggulan dari segi pengembangan, Samsul menyebut, dalam satu tahun kelinci dapat melahirkan 16 ekor anak dengan pola tradisional, dan bisa mencapai jumlah kelahiran sekitar 50 lebih bila menggunakan pola intensif. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan sapi atau kambing yang dalam 1,5 tahun hanya bisa melahirkan satu ekor anak.

Melihat prospek tersebut, budi daya dan usaha ternak kelinci di Kota Samarinda, ujar Samsul akan dikembangkan secara intensif melalui konsep kampung kelinci berbasis kelompok/keluarga dengan menerapkan pola go green. Setiap peternak diharapkan menanam pohon/sayur sebagai pakan kelinci atau pemanfaatan kotoran dan urine menjadi pupuk organik untuk tanaman sayuran sekaligus dalam upaya mewujudkan kawasan rumah pangan lestari.

Pada tahun 2014 pula bersama tim Balitnak Bogor, Disnak akan melakukan survei dalam rangka penyusunan grand design usaha ternak kelinci, selain menyiapkan pusat pembibitan kelinci dengan target terbentuk 50 peternak mandiri. (Sumber : Kaltim Post)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response