Prospek Ternak Kucing Maine Coon

ternak kucing maine coon

Bila Anda mau berbisnis namun punya modal pas-pasan sekitar Rp20 juta, bidang bisnis apa yang kira-kira punya prospek cerah untuk digeluti? Mungkin ini salah satu alternatif terbaik: beternak kucing ras jenis Maine Coon.

“Berbisnis kucing Maine Coon ini bagus kok prospeknya. Breeder spesialis Maine Coon masih sedikit sekali di Indonesia, sementara peminatnya makin hari makin banyak,” kata Cacang Effendi, pemilik Candra Cattery.

Dikatakan bahwa berbeda dengan pasar penggemar kucing Persia yang sangat besar di Indonesia, pasar kucing Maine Coon sedang tumbuh. Anak kucing Maine Coon usia 3-4 bulan dijual Rp8-10 juta.

Dengan harga jual sebesar itu bisa ditebak, pasarnya adalah kalangan menengah ke atas, serta kelompok pekerja profesional berpenghasilan dan berpendidikan tinggi.

Memiliki kucing Maine Coon bahkan juga bisa dianggap menunjukkan derajat prestise pemiliknya yang tinggi.

Kendati pasarnya mulai membesar dan jumlah peminatnya bertambah, namun peternak kucing berbulu tebal berwajah mirip harimau dengan bulu berbentuk surai di bagian dada ini ternyata masih sedikit sekali di Indonesia.

Cacang Effendi bahkan mengklaim bahwa dialah satu-satunya importir kucing ras jenis ini di Indonesia.

“Karena itu, saya tahu jumlah breeder-nya memang masih sedikit di Indonesia, sebab mereka membeli dari saya,” kata Cacang.

Perihal larisnya dagangan kucing jenis Maine Coon, dibuktikan Cacang dengan menunjukkan album foto-foto anakan (istilah untuk anak kucing berusia di bawah empat bulan) kucing Maine Coon.

Ditunjukkan bahwa dari delapan ekor anakan Maine Coon miliknya, empat ekor telah dipesan oleh para pembeli dari Malaysia.

Sementara itu, Suyanto Alimprabowo, pemilik “Linda Cattery” pada kesempatan yang sama mengatakan mengenai cerahnya prospek bisnis kucing ras jenis Maine Coon.

Pada awalnya ia membeli kucing betina Maine Coon dari “Candra Cattery” milik Cacang karena tertarik dengan keunikannya.

Lama-kelamaan, karena banyaknya permintaan anakan kucing, Suyanto pun lalu membeli pejantan impor, juga dari Cacang, seharga Rp40 juta dan mendirikan “Linda Cattery”.

Berapa harga yang dipatok oleh para penjual kucing Maine Coon ini? Ternyata baik Suyanto maupun Cacang mematok harga yang sama, untuk anakan kucing betina seharga Rp8 juta, sementara anakan kucing jantan seharga Rp10 juta.

Kucing jantan Maine Coon dihargai lebih mahal karena pada usia dua tahun panjang badannya rata-rata mencapai satu meter, dari kepala hingga ekor.

Sementara yang betina rata-rata mencapai 80 centimeter. Bandingkan dengan kucing domestik (kucing kampung) yang rata-rata panjang badannya cuma 40-50 centimeter, sementara ras Persia antara 50-60 cm.

Menurut informasi dari situs http://kucingkita.blogspot.com, Maine Coon adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah, berasal dari negara bagian Maine, AS. (Sumber : CiputraEntrepeneurship)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response