Potensi Sumber Bahan Pakan Ternak Sapi, Belum Dioptimalakan

kapal angkutan ternak

DUNIATERNAK.COM, – Kabupaten Purbalingga hari ini mendeklarasikan Sentra Peternakan Rakyat (SPR). Tujuannya antara lain untuk memfasilitasi sarana pembibitan, meningkatkan kompetensi ) sumber daya manusia (SDM) pembibit, membentuk serta penguatan kelompok peternak sebagai pembibit.

“Deklarasi SPR juga untuk menumbuhkan dan mendorong peternak dalam menerapkan pemurnian dan prinsip-prinsip pembibitan serta membentuk wilayah sumber bibit sapi potong.” Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Muladno dalam sambutan tertulis yang dibacakan, Direktur Kesehatan Hewan Drh Pujiatmoko MSc Phd usai pelaksanaan Deklarasi SPR di Kandang Komunal Kelompok Tani Ternak (KTT) Lembu Kencana Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga, Selasa (17/11/2015).

Deklarasi SPR dilanjutkan Gelar Potensi Peternakan, Gerakan Minum Susu, Kontes Sapi Peranakan Ongole (PO).

Sasaran jangka pendek pencanngan SPR adalah tersedianya sarana pembibitan serta terlaksanananya penerapan prinsip-prinsip pembibitan di KTT yang terlibat dalam pelaksanaankegiatan. Jangka menengah. agar terbentuk kelompok pembibit sapi serta tersedianya bibit ternak kerbau sesuai standar nasional Indonesia (SNI) secara berkelanjutan. Untuk jangka panjang, agar tercapainya wilayah sumber bibit rumpun sapi asli lokal.

Penyelenggaraan SPR di Purbalingga sebagai bukti awal kesanggupan para peternak yang telah tergabung dalam wadah tersebut untuk membentuk gugus perwakilan pemilik ternak ternak (GPPT). Terpilihnya Purbalingga, sebagai salah satu kabupaten untuk melaksanakan kegiatan pembibitan sapi potong serta potensi ternaknya, dirancang agar kegiatan tersebut berkesinambungan atau multi years dengan dukungan awal yang cukup besar dari APBN.

“Dukungan APBD, baik provinsi maupun kabupaten sangat diperlukan untuk keberlanjutan kegiatan ini, dalam kerangka terbentuknyawilayahan sumber bibit ternak sapi potong”jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan (Dinnakan) Kabupaten Purbalingga Sediyono menjelaskan, Purbalingga dengan luas 77.764, 122 hektar termasuk relatif kecil dibanding dengan daerah lain.

“Potensi sumber bahan pakan sebesar 85.000 hektar hijauan rumput unggul, limbah pertanian dan tanaman legium. Dari potensi yang ada baru dimanfaatkan untuk 54.000 satuan ternak,”jelasnya.

(Sumber: rri.co.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.