Populasi Ternak Kerbau Lebak Tertinggi Di Banten

ternak kerbau lebak

Kabupaten Lebak tercatat sebagai daerah dengan populasi ternak kerbau terbesar se- Provinsi Banten. Sementara di tingkat nasional, Lebak menduduki urutan ketujuh.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, saat ini populasi kerbau di Lebak tercatat sebanyak 43.730 ekor. Selain kerbau, di Lebak juga terdapat populasi sapi yang jumlahnya mencapai sekitar 24 ribu ekor. Sedangkan jumlah populasi ayam pedaging sekitar 11 juta ekor.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Iman Santoso mengatakan, jumlah populasi kerbau di Kabupaten Lebak terbilang cukup besar, sehingga Lebak menjadi pemasok utama kebutuhan daging kerbau di Banten.

“Kami terus mengembangkan populasi kerbau ini, dan masyarakat juga mendukung,: kata Iman disela-sela acara Pesta Patok Kerbau 2013 di Alun-alun Kecamatan Sajira, Selasa (30/4). Menurut Iman, selain menggelar Pesta Patok Kerbau secara rutin, pihaknya juga menggalakkan gerakan mengkonsumsi telur sejak dini.

Sementara untuk menjaga kesehatan hewan ternak, pada kesempatan kegiatan Pesta Patok Kerbau ini Dinas Peternakan juga melakukan pengobatan massal gratis untuk hewan-hewan ternak, termasuk yang dilakukan dari kandang ke kandang.

“Kami juga sudah melakukan penilaian bibit ternak kerbau produktif dari enam wilayah yang ada di Kabupaten Lebak. Diharapkan dengan adanya kegiatan Pesta Patok Kerbau ini, bisa memupuk semangat para peternak untuk meningkatkan produksi ternaknya,” Imbuh Iman.

Anggota Komisi IV DPR RI, Iti Octavia Jayabaya yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, untuk meningkatkan produksi ternak atau peternakan di Kabupaten Lebak, pihaknya sebagai anggota DPR RI yang membidangi sektor peternakan dan pertani, akan terus berupaya mendorong program-program dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Lebak.

“Alhamdulillah, kita sekarang sudah memiliki 17 sarjana peternakan yang di dalamnya terdapat juga dokter hewan. Ini tentunya masih belum cukup. Karena itu kedepan kita harus ada program beasiswa terhadap dokter hewan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang ini ,” katanya.

Hal senada dikatakan Sekda Lebak, Dede Jaelani yang juga hadir mewakili Bupati Lebak. Menurut Dede, meskipun Kabupaten Lebak dinyatakan menempati urutan pertama populasi kerbau di Banten, namun untuk mencukup kebutuhan konsumsi daging masyarakatnya masih kekurangan dan mendatangkan dari luar Lebak.

“Saat ini tingkat konsumi daging masyarakat di kita (Lebak-red) masih jauh dari standar nasional. Di kita baru mencapai 6,5 kilogram perkapita per tahun. Untuk itu saya berharap para petani lebih semangat lagi dalam mengelola peternakannya,” katanya. (Sumber : Banten Pos)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response