Populasi Ternak Ayam Pelung Meningkat Pesat

ternak ayam pelung cianjur

Populasi ayam pelung saat ini dinilai terus berkembang pesat. Hingga kini, tak kurang dari jutaan ekor ayam pelung yang dibudidayakan dari para peternak maupun penggemar.

Ketua Umum Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI), Djamaludin mengatakan, pengembangan budi daya ayam pelung sebagai plasma nutfah asli Kabupaten Cianjur, sudah menyebar hingga ke berbagai provinsi di Indonesia. Setidaknya hal itu terlihat dari terbentuknya HIPPAPI di 9 provinsi.

“Bahkan saat ini peternak dan penggemar ayam pelung sudah merambah Indonesia timur, di antaranya Maluku dan Sulawesi dengan jumlah mencapai ratusan peternak dan juga penggemar,” kata Djamaludin, Senin (23/9/2013).

Keberadaan ayam pelung sendiri, kata Djamaludin, sudah mengantongi hak paten dari pemerintah pusat. Artinya, peternak tidak khawatir ayam pelung akan diklaim wilayah lain sebagai ikon khas Kabupaten Cianjur.

“Semakin berkembangnya keberadaan ayam pelung sendiri tidak terlepas dari telah dikantonginya hak cipta ayam pelung serta merk dagang dari pemerintah pusat. Bahkan saat ini ayam jenis pelung telah diakui dunia dalam kategori salah satu unggas terbesar. Ayam pelung ini merupakan salah satu plasma nufnah yang telah dipatenkan dan memiliki sertifikasi yang sah secara hukum,” tutur Djamaludin.

Jumlah peternak ayam pelung yang terhimpun di HIPPAPI sendiri, kata dia, lebih dari 1.000 anggota dengan jumlah populasi ayam pelung mencapai jutaan ekor. Sementara di Kabupaten Cianjur sendiri, sebut Jamal, masih mendominasi jumlah populasi ayam pelung saat ini.

“Seorang peternak bisa memiliki ribuan ekor. Namun kondisi di luar Cianjur atau luar pulau Jawa, jumlah peternaknya relatif masih sedikit, kebanyakan mereka hanya penggemar,” katanya.

Untuk mempertahankan kualitas dari ayam pelung, pihaknya selalu mengagendakan kegiatan lomba adu suara ayam pelung secara berkelanjutan. Dalam lomba itu, kata dia, seekor ayam pelung yang berkualitas kalau memiliki bobot ideal serta suara yang khas.

“Biasanya ayam pelung yang ikut lomba apalagi juara harganya bakal naik, bisa puluhan hingga ratusan juta,” pungkasnya. (Sumber : Inilah)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response