Populasi Sapi Potong Di Grobogan Terbesar Kedua Di Jateng

Usaha Ternak Sapi Potong Rumahan

Grobogan – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan menggelar Ekspo Perternakan selama dua hari mulai Rabu (27/08/2014) di areal komplek Kantor Disnakkan Jalan Ahmad Yani Purwodadi.

Ekspo yang dibuka Bupati Bambang Pudjiono berlangsung meriah dan mendapat sambutan peternak dan petani di daerah itu. Ekspo memamerkan peralatan, mesin, makanan ringan dan obat-obatan yang berhubungan dengan ternak dan ikan.

Yang paling menarik dan mendapat kunjungan pengunjung adalah pada stan pamer kambing perakanan etawa (PE). “Ternak dan hewan yang dipamerkan semuanya berasal dari jenis unggul,” kata Kepala Disnakkan drh Riyanto, di sela-sela mendampingi bupati mnengunjungi beberapa stan yang ada.

Selain kambing, juga dipamerkan beberapa jenis kucing, kelinci, jenis ayam, burung langka, sapi, dan juga mesin pembuat bio gas dari bahan baku kotoran sapi, serta produk perbankan dari sejumlah bank.

Bupati mengatakan, pembangunan sektor peternakan dan perikanan di daerahnya mempunyai peran yang strategis dalam mencerdaskan masyarakat, terutama dalam penyediaan protein hewani melalui penyediaan produk-produk seperti daging, telur, susu dan ikan. Oleh sebab itu berbagai upaya dilakukan agar masyarakat dapat mengkomsuminya dalam jumlah cukup dan berkualitas.

Disebutkan bupati, populasi ternak di daerahnya cukup menggembirakan. Bahkan populasi sapi potong di Grobogan terbesar kedua di Jateng setelah Blora. Pada tahun 2013, populasi sapi potong mencapai 154.559 ekor, sapi perah 357 ekor, kambing 109.575 ekor, babi 148 ekor, kerbau 1.973 ekor, kuda 439 ekor, unggas 1.478.822 ekor dan kelinci 15.236 ekor. Sedangkan produksi ikan air tawan melalui budidaya masyarakat mencapai 1.364,3 ton, produksi penangkapan ikan di peraiaran umum 814,4 ton dan produksi benih ikan 20,3 juta ekor.

“Jika mencermati perkembangan populasi ternak yang ada di Grobogan, sapi potong, kambing dan unggas merupakan unggulan dan andalan. Dengan dilaksanakan Ekspo Peternakan, kami harap bisa lebih meningkatkan produksi dan produktivitas ternak sekaligus meningkatkan pendapatan peternak,” harap bupati.(Sumber : krjogja.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response