Peternak Sapi Perah Indonesia Pelatihan Di Selandia Baru

Ternak Sapi Perah Selandia Baru

Fonterra dan Kementerian Pertanian Indonesia, dalam hal ini Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, hari ini melepas keberangkatan 12 peternak sapi perah Indonesia untuk mengikuti program kursus pengembangan peternak sapi perah yang akan berlangsung selama 10 di minggu di Selandia Baru.

Acara Pelepasan Peserta Pelatihan Peternak Sapi Perah Indonesia ke Selandia Baru yang diadakan di Jakarta ini dilakukan oleh Dr. Ir. Riwantoro, MM, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Mr. David Taylor, Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, dan Ratih Puspitasari, Direktur Scientific and Regulatory Affairs Fonterra Brands Indonesia. Acara pelepasan tersebut dihadiri oleh keduabelas peternak sapi perah baik dari pulau Jawa maupun luar Jawa yang telah lulus seleksi untuk mengikuti pelatihan di Selandia Baru tersebut.

Program pelatihan ini dirancang untuk membantu pengembangan kemampuan teknis para peternak di Indonesia dalam hal pengelolaan peternakan sapi perah lokal, sebagai bagian dari kemitraan antara Fonterra dan Kementerian Pertanian Indonesia cq Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pemerintah Selandia Baru juga turut mendukung program pengembangan peternak ini dengan mensponsori dua peternak diantaranya.

Riwantoro mengatakan bahwa kerjasama ini memberikan kesempatan bagi para peternak sapi perah di Indonesia serta staf kami untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru dan membantu mengembangkan industri susu di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat berkerjasama dengan Fonterra sebagai salah satu bagian dari upaya kami untuk membantu mengembangkan industri susu Indonesia. Program kursus pengembangan peternak ini diharapkan akan melahirkan talenta muda yang cemerlang bagi dunia peternakan sapi perah sehingga diharapkan dapat berkontribusi terhadap industri susu yang lebih baik di Indonesia,” ujar Riwantoro dalam siaran persnya, Kamis (7/2).

Riwantoro menambahkan, dengan diselenggarakannya workshop Pemberian Pakan dan Gizi untuk Sapi Perah pada bulan Nopember 2012, memberikan pemahaman yang lebih baik kepada 47 petugas teknis Kementan serta perwakilan dari koperasi sapi perah lokal dalam menyediakan dan memberikan makanan dan gizi terbaik untuk sapi perah.

“Para petugas tersebut diharapkan dapat menggunakan pengetahuan tersebut, untuk membimbing peternak sapi perah lokal di daerahnya masing-masing, membantu mereka meningkatkan kesehatan ternak, serta meningkatkan produksi dan kualitas susu. Membangun kemampuan di tingkat lokal merupakan langkah awal yang sangat penting dalam membantu meningkatkan produksi lokal serta efisiensi dan kesinambungan industri susu,” jelasnya.

Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Alan Fitzsimmons, mengatakan bahwa program kemitraan tersebut akan memberikan kesempatan kepada Fonterra untuk dapat bekerja berdampingan dengan para pelaku industri susu Indonesia secara berkesinambungan.

“Fonterra telah lama hadir berbisnis di Indonesia; kami telah memasok nutrisi susu ke Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Bekerja bersama para pelaku industri susu lokal merupakan bagian integral dalam bisnis kami untuk membina hubungan yang berkelanjutan dengan negara.” imbuh Fitzsimmons. (Sumber : Warta Ekonomi)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response