Peternak Deliserdang Banjir Permintaan Telur Puyuh

telur puyuh

Tingginya permintaan telur burung puyuh membuat para peternak burung puyuh mengalami kesulitan memenuhi permintaan tersebut. Seperti yang diakui Alex, seorang peternak burung puyuh di Desa Paya Gambar, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang.

“Permintaan telur puyuh dipasaran sangat tinggi. Sehingga ketersediaan yang ada tidak mampu memenuhinya,” kata Alex kepada MedanBisnis, Senin (5/8).

Dalam seminggu ia hanya mampu memproduksi sebanyak 80 kotak telur burung puyuh, yang tiap kotaknya berisi 500 butir telur. “Tetapi permintaan ke saya dalam seminggu lebih dari 100 kotak. Dengan jumlah ternak yang ada, saya tidak dapat memenuhinya,” kata dia lagi sembari menambahkan tiap butirnya telur puyuh dihargai Rp 270.

Lelaki keturunan Arab ini, mengatakan, produksi telur puyuh miliknya itu sebagin dipasarkannya di pasar-pasar kota Medan, selebihnya kepada para pengusaha sate yang menyediakan telur puyuh rendang sebagai dagangannya. “Tapi ada juga memang yang langsung datang kepeternakan saya untuk mengambilnya,” sebutnya.

Untuk dapat memenuhi permintaan tersebut, Alex berencana melakukan penambahan jumlah ternak. “Saat ini saya hanya memiliki 10.000 ekor burung puyuh yang setiap harinya berproduksi. Jadi, untuk menambah kemampuan produksi saya akan menambah sekitar 5.000 ekor lagi. Mudah-mudahan dengan jumlah segitu permintaan pasar dapat saya penuhi,” ungkapnya.

Alex juga mengakui, sebagian peternak burung puyuh di tempatnya setiap bulan meminta bibit burung puyuh yang dibudidayakannya. “Kalau untuk bibit burung puyuh, jumlah yang diminta mencapai 2.000 ekor. Tapi itu bukan angka pasti sebab tergantung permintaan pula,” bebernya.

Sementara itu, T Marpaung, seorang pedagang di Pasar Petisah mengakui peminat telur puyuh di pasaran sangat tinggi, terlebih di bulan puasa. “Kalau pada bulan puasa seperti ini, permintaan telur puyuh meningkat. Dihari biasanya saya hanya mampu menjual paling banyak sekitar 15 kotak per hari, tetapi dibulan puasa ini permintaan bisa menjadi 2 kali lipat,” sebutnya. (Sumber : Medan Bisnis)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response