Peternak Ciamis Gelar Kontes Ayam Sentul

ternak ayam sentul

Ikut menjaga kelestarian hewan ternak asli daerah dilakukan oleh puluhan kelompok ternak pemelihara ayam buras (ayam kampung). Hal tersebut dilakukan di Kabupaten Ciamis.

Selain melestarikan keberadaan hewan lokal, tujuan lain dari adanya kelompok peternak ini adalah untuk memenuhi pasokan kebutuhan daging dan telur ayam kampung. Ayam Sentul. Begitu sebutan untuk unggas khas Ciamis ini.

Sebanyak 60 kelompok ternak pemelihara ayam buras di Kabupaten Ciamis akan mengikuti kontes ayam sentul (ayam lokal khas Ciamis) unggul. Kontes ayam sentul unggul ini akan berlangsung di arena Pesta Patok (pesta tahunan para peternak) tingkat Ciamis di Pasar Ternak Terpadu Komplek Pajagalan Cigembor Ciamis pada hari Selasa-Rabu (17-18/12) nanti.

“Ada dua jenis yang dilombakan pada kontes ayam sentul unggul tersebut. Yakni kategori ayam betina bibit unggul dan kategori ayam jantan penjantan unggul,” ujar Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Cabang Ciamis, Nur Muttaqien SHi.

Kategori ayam sentul unggul kata Nu Muttaqien sesuai dengan sertifikasi ayam sentul yang sudah ditetapkan dengan SK Menteri Pertanian.

“Ayam sentul merupakan ayam lokal khas Ciamis. Ada lima jenis ayam sentul yang saat ini masih ditemukan, mulai dari ayam sentul geni, batu, emas, kebalu dan debu,” ujarnya.

Kontes ayam sentul unggul ini merupakan kontes pertama yang dilaksanakan setelah keberadaan ayam sentul diakui secara nasional sebagai ayam lokal khas Ciamis yang ditetap dengan SK Menteri Pertanian tahun 2013. “Diharapkan kontes ini menjadi agenda tahunan Himpuli dalam rangka melestarikan dan mengembangkan ayam sentul unggul,” kata Nur Muttaqien.

Dan kontes ayam sentul unggul ini menurut Nur Muttaqien akan diikuti 60 kelompok peternak pemelihara ayam sentul se-Ciamis.
Sementara Pesta Patok, tradisi tahunan para peternak tingkat Ciamis yang akan berlangsung di Pasar Ternak Terpadu di Pajagalan Cigembor Ciamis, Selasa – Rabu (17-18/12) juga dimeriahkan dengan kontes sapi, domba dan kambing unggul serta peluncuran program makan nugget dan minum susu sehat. (Sumber : Tribun News)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response