Peternak Ayam Sukabumi Lirik Ternak Ayam Arab

Ternak Ayam Arab

Peternak ayam di Kabupaten Sukabumi, mulai mengembangkan ternak ayam Arab yang dinilai memiliki sejumlah keunggulan. Bagaimana cerita ternak ayam arab tersebut ?

Usaha ternak ayam arab tersebut dilakukan Kelompok Pemuda Tani “Remaja Berkah” Desa Parungseah Kabupaten Sukabumi, akhir-akhir ini.

Ketua Kelompok Tani Remaja Berkah Taufik Gagan, mengatakan bisnis ternak ayam Arab memang cukup menggiurkan. Karena produktivitas telurnya yang tinggi, dibarengi dengan permintaan pasar yang tinggi pula. Ternak ayam arab yang dikelolanya merupakan hasil penyilangan dari ayam Arab dengan ayam Kampung.

“Meski hasil persilangan, tetap yang mendominasi adalah ayam Arab yang berubah hanya warnanya saja. Kalau ayam Arab hanya memiliki dua warna gold dan silver saja, tetapi setelah disilangkan ayam ini memiliki varian warna yang berbeda-beda,”ujar Ketua Kelompok Tani Remaja Berkah Taufik Gagan kepada Radar Sukabumi.

Bisnis ternak ayam Arab ini digelutinya sejak 2004. Awalnya, Gagan begitu sapaan akrabnya, hanya memilki lima ekor ayam Arab yang kemudian telur-telurnya ia kembangkan. Hinga saat ini, kelompok taninya memiliki 12.608 ekor ayam Arab. Dengan kemampuan produktivitas telur untuk bulan ini sekitar 176.763 butir.

“Untuk bulan ini, produkivitasnya meningkat dibanding Oktober sekitar 122.285 butir telur,”jelasnya.

Selain permintaan telur yang cukup tinggi di pasaran, ternyata daging ayam Arab ini juga disukai konsumen terutama untuk restauran besar di Jakarta.

Sejumlah daerah seperti Sukabumi, Bogor dan Jakarta merupakan pangsa pasar telur-telur yang dihasilkan Kelompok Tani Remaja Berkah. Dengan pengiriman 30 ribu-50 ribu butir telur setiap minggunya. Sedangkan untuk ayam potong, pengirimannya 300 ekor perharinya.

“Satu butir telur kami hargai sekitar 1300/ butir, sedangkan ayam potong dijual Rp60 ribu per ekor. Dalam sebulan Alhamdulillah kelompk tani kami mampu meraih omset sekitar Rp12 juta perbulan,”tuturnya.

Ayam Arab ini memiliki rasa daging yang lebih gurih, dibandingkan ayam jenis lainnya. Sehingga tak heran banyak para pengusaha restauran yang memesan ayam ini. Selain itu, telurnya juga sangat baik untuk kesehatan. Karena mengandung protein yang cukup tinggi, dibandingkan jenis ayam lainnya.

Meski produktivitasnya cukup tinggi, namun karena permintaan pasar lumayan banyak, membuat Gagan dan anggota lainnya cukup kewalahan menerima pesanan. Alhasil, banyak permintaan dari kota-kota lainnya yang tidak terlayani. Karena jumlah telur dan hewan ternaknya terbatas.

Baru-baru ini, kelompok tani Remaja berkah telah berhasil mendapatkan penghargaan, dan saat ini Gugun beserta kelompoknya sedang mengikuti kontes ternak ayam Arab tingkat nasional.

“Alhamdulilah, minggu kemarin kita masuk tingkat lima besar, dan sekarang kita sedang menunggu hasil untuk pengumuman juara 1, 2 dan 3, ya mudah-mudahan kita bisa juara,”harapnya. (radar sukabumi)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response