Peternak Ayam Kampung Kaltim Kewalahan Penuhi Permintaan

Peternak Ayam Kampung

Kebutuhan daging ayam kampung di Kalimantan Timur belum tercukupi oleh pasokan peternak ayam kampung lokal. Dari kebutuhan per bulan sekitar 50.000 ekor, peternak ayam kampung di Kaltim baru bisa memenuhi sekitar 10.000 ekor.

“Kebutuhan daging ayam kampung terus naik, namun kapasitas produksi ayam kampung belum bisa ditambah. Selain jumlah bibit ayam kampung yang terbatas dan luas kandang, yang membudidayakannya pun kurang,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Kaltim Darusallam di Balikpapan.

Ia mencontohkan produksi ternak ayam kampung di Makarti yang per hari sekitar 300 ekor yang habis di desa sendiri. Para peternak ayam kampung mayoritas memasok ke rumah makan dan sedikit yang dijual ke pasar.

“Itu pun, peternak ayam kampung di Makarti hanya bisa memasok separuh dari total permintaan ayam kampung di Makarti. Permintaan pasar dari Bontang, Samarinda, bahkan Balikpapan, selalu ada. Tetapi tidak pernah bisa kami penuhi, karena kami pun sudah kerepotan di sini,” ujarnya.

Ketua Kelompok Ternak Ayam Kampung Organik di Teritip Ahmad Mauludin mengatakan, produksi ternak ayam kampung di kelompoknya yang mencapai 1.000 ekor per bulan, selalu habis.

“Mungkin jumlah itu pun hanya memenuhi seperlima kebutuhan ayam kampung di Balikpapan,” kata Ahmad.

Dijelaskan Ahmad, ayam kampung mencapai usia potong saat dua bulan. Saat itu ayam kampung beratnya sekitar 1 Kg atau hanya separuh berat ayam broiler. Ayam-ayam kampung di kelompok ternak itu diberi pakan organik antara lain dedak, tepung ikan, dan tepung tulang.

“Konsumi masyarakat lebih banyak ayam pedaging (broiler) yang mencapai ratusan ribu ekor per bulan. Namun dalam beberapa tahun ke depan, besar kemungkinan sebagian masyarakat akan melirik ke ayam kampung karena dianggap kadar lemak dan kolesterol lebih rendah,” ujar Darussalam. (MI)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

3 Comments on "Peternak Ayam Kampung Kaltim Kewalahan Penuhi Permintaan"

  1. arie December 6, 2014 at 4:55 am - Reply

    Mantap. Kami dipenajam paser utara malah kualah memasarkannya hasil ternak ayam kampung, pembelinya blm banyak, kami menyedikan 1000ekor perbulannya, v pemasaranya yang agak rumit,mohon solusinya

  2. hirung January 5, 2016 at 8:14 am - Reply

    saya juga punya komunitas ternak ayam kampung saya masih kesulitan pemasaran jika didaerah balikpapan ada yang pembeli agar bisa menguhubungi saya di nomor telpone 085246245634 thks

  3. thamrin March 24, 2016 at 5:57 am - Reply

    Bagi para peternak ayam kampung,kebetulan saya banyak dedak untuk pakan ternak. Dan saya memang mencari pembeli khusus di daerah kal-tim.
    Bagi yang berminat hub,saya di no ini :
    081345174555

Leave A Response