Peternak Ayam Bangka Dapat Pinjaman Tanpa Bunga

PInjaman Tanpa Bunga

Bupati Bangka, H. Yusroni Yazid, SE.MM menyerahkan pinjaman tanpa bunga (PTB) sebesar Rp 600 Juta kepada Ikatan Peternak Kecil Ayam Pedaging Mendobarat (IPKAP-MB),Rabu (27/02) bertempat di lokasi peternak ayam desa Petaling, Kecamatan Mendobarat. Penyerahan PTB tersebut dilakukan bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Pangkalpinang dalam bentuk tabungan dan akan dilakukan pengembalian oleh para peternak untuk kemudian digulirkan kembali.

Bupati Bangka H. Yusroni Yazid, SE.MM dalam sambutannya mengatakan, program pinjaman tanpa bunga ini adalah salah satu bentuk untuk menyikapi keprihatinan para peternak kecil yang mengalami kesulitan dalam pengelolaan usahanya. Pemkab Bangka dalam hal ini terus melakukan pembinaan dengan melakukan kordinasi dengan para pengusaha agar bermitra dengan peternak kecil agar kelangsungan usaha peternak kecil bisa terus eksis dan mandiri.

“Peternak dan pengusaha harus bermitra. Pengusaha menyiapkan pembibitan, pakan, teknologi, dan melakukan pembinaan sedangkan peternak mempunyai tenaga. Peternak juga harus bersatu agar bisa terus eksis dalam mengembangkan usahanya,”ungkap Bupati Bangka.

Dikatakan Bupati Bangka lagi, program ini adalah sebuah pilot projeks dimana kalau program ini berhasil maka akan dilakukan pengembangan lagi ke bidang lainnya di Kabupaten Bangka dan akan ditingkatkan bantuannya.

Para peternak yang mendapatkan dana tersebut diwajibkan untuk melakukan mengembalian tanpa dikenakan bunga karena bunga pinjaman dari Bank Mandiri Syariah tersebut akan ditanggung oleh Pemkab Bangka dan kemudian digulirkan kembali kepada para peternak serta akan dikembangkan ke sektor-sektor perekonomian lainnya.

“Semua harus ikut mengawasi agar program ini berhasil dan menjadi percontohan untuk dikembangkan ke daerah lainnya di Kabupaten Bangka ini. Kepada para peternak harus melakukan usaha ini dengan sebaik-baiknya dan diharapkan berhasil dan bisa mensejahterakan para peternak kecil, serta menciptakan peternak-peternak ayam yang mandiri, baik mandiri dalam usaha maupun mandiri dalam permodalan sehingga dapat menjadi contoh untuk usaha-usaha lain yang memungkinkan mendapat bantuan peminjaman permodalan dari Pemkab Bangka, ” jelas Bupati Bangka.

Sekda Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM sebagai Penanggungjawab tim terpadu pemberian pinjaman kepada kelompok masyarakat peternak ayam kecamatan Mendobarat dalam laporannya yang diwakili kepala DPPKAD, H. Iskandar, SE mengatakan bahwa latar belakang program ini adalah dalam rangka membantu meningkatkan perkembangan usaha kecil menengah (UKM) sehingga kehidupan perekonomian masyarakat meningkat maka Pemkab Bangka membantu modal UKM tersebut dengan memberikan pinjaman (kredit) lunak tanpa jaminan.

“Jumlah peternak yang tergabung dalam IPKAP-MB ini sebanyak 70 peternak yang masing-masing memiliki lahan/lokasi sebagai tempat usaha peternakan ayam pedaging. Semua peternak memiliki kandang dengan ukuran dan kapasitas yang bervariasi dengan rata-rata bisa menampung 1000 ekor ayam.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian peternak dan mendorong pertumbuhan dan berkembangnya sentra kawasan agribisnis peternakan sehingga meningkatnya perekonomian rakyat pedesaan,”jelas H. Iskandar.

Sementara itu, Ketua IPKAP-MB, Ikhsan Mokoginta Dasin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bangka dalam hal ini Bupati Bangka yang telah memberikan PTB tersebut kepada para peternak ayam di Desa Petaling, Mendobarat sehingga para peternak bisa terus eksis dan mandiri.

“Kita juga mengharapkan dukungan dan pembinaan dari Pemkab Bangka dalam pengelolaan usahanya. Kita memang mengalami kesulitan dalam persaingan bisnis dan diharapkan pihak terkait dalam memberikan pembinaan dan bimbingan dalam pengelolaan peternakan sehingga kami bisa mengembalikan pinjaman ini secara bertahap,”ungkap Iksan Mokoginta.

Dalam kegiatan yang dihadiri para kepala SKPD Lingkungan Pemkab Bangka, Camat Mendobarat, ratusan peternak ayam dan pengusaha, serta tamu undangan lainnya itu, Kepala Bank Mandiri Syariah, Nover W didampingi Bupati Bangka menyerahkan buku tabungan yang berisikan dana 600 juta kepada ketua IPKAP-MB, Ikhsan Mokoginta Dasin. (Sumber : Rakyat Pos)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response