Perawatan Burung Tekukur

DUNIATERNAK.COM, – Tekukur adalah burung yang mempunyai paruh, berdarah panas, dan bereproduksi dengan cara bertelur. Tubuh berukuran sedang (30 cm).Warnanya coklat kemerahjambuan. Ekor burung ini tampak panjang. Bulu ekor terluar dengan tepi putih tebal. Bulu sayap lebih gelap dibanding tubuh. Ada bercak-bercak hitam putih khas pada leher. Iris jingga, paruh hitam, kaki merah.
Hidup dekat dengan manusia. Mencari makan di permukaan tanah. Sering duduk berpasangan di tempat terbuka. Bila terganggu terbang rendah di permukaan tanah, dengan kepakan sayap pelan. Jika Anda punya peliharaan burung tekukur atau derkuku, rajin-rajinlah memandikannya, minimal seminggu sekali. Anda akan mendapat banyak manfaat:
  1. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, mandi akan menjaga kesehatan bulu dan kulit derkuku atau tekukur.
  2. Jika derkuku sering dimandikan, kutu dan serangga yang hidup dan berkembang biak pada bulu-bulunya akan berkurang, derkukupun menjadi lebih rajin bernyanyi.
  3. Dengan sering mandi, derkuku juga tidak akan sibuk mencari kutu yang menempel di badannya. Selain itu, bulu derkuku akan terlihat lebih mengilap dan dapat menghidarkan burung dari penyakit pilar bulu.
  4. Untuk derkuku bakalan hasil tangkapan dari alam bebas, sebelum dimasukkan ke dalam sangkar sebaiknya dimandikan terlebih dahulu serta diberi tambahan vitamin burung yang banyak terjual di pasaran bebas.

Tips memandikan terkuku:

  1. Mandikan terkuku paling sedikit seminggu sekali.
  2. Anda bisa gunakan air leri atau air bekas cucian beras dicampur dengan beberapa macam bunga dan daun-daunan. Seperti, bunga mawar merah, mawar putih, melati, daun kelor, dan daun pandan diremas-remas, kemudian dicampurkan ke dalam air leri yang masih berwarna putih dan kental.
  3. Bunga dan daun-daun sangat ampuh untuk membasmi kutu dan serangga yang menempel di badan derkuku.
  4. Wadah yang dipergunakan sebaiknya yang agak lebar sehingga tidak merusak bulu derkuku.
  5. Untuk menghindari agar burung derkuku tidak berontak saat dimandikan, kedua kaki derkuku dijepit di antara jari manis dan jari kelingking, jari telunjuk dan ibu jari menahan leher, sedang jari tengah menahan dada.
  6. Sebelum dicelupkan ke dalam air, badan derkuku dibasahi terlebih dulu. Setelah itu, derkuku dimasukkan secara pelan-pelan ke dalam air pencuci.
  7. Seluruh bulu dibersihkan, kedua sayap dibentangkan secara bergantian di dalam air cucian.Setelah semua bulu bersih, derkuku diangkat dari air leri dan disuapi dengan vitamin sebelum dimasukkan lagi ke dalam sangkar.

Untuk sementara waktu, sangkar yang berisi derkuku yang baru saja dimandikan dan masih basah kuyup digantung di tempat yang teduh. Derkuku dibiarkan terkena angin sampai bulu-bulunya agak kering. Setelah itu, boleh digantung di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. (Sumber: hewanternak.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.