Penyakit Kembung Ancam Ternak Sapi di Balangan

Penyakit Kembung Pada Sapi

Dibalik meningkatnya populasi ternak sapi di Kabupaten Balangan yang mencapai angka sekitar 17,2 persen serta angka kelahiran sebesar 2 persen setiap tahunnya, ternyata tidak luput dari kendala.

Kendala tersebut yakni seputar pengetahuan peternak dalam memelihara sapi ternak, yang sangat berdampak pada angka kematian hewan ternak. Dari data yang dirilis Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, hingga sekarang setidaknya ada empat laporan dari peternak sapi di Desa Muara jaya dan Desa pematang Kecamatan Awayan, tentang kematian beberapa ekor sapi yang disebabkan oleh penyakit kembung.

“Kesalahan jadwal dalam memberikan pakan ternak pada sapi juga bisa mengakibatkan penyakit kembung pada ternak sapi. Sebaiknya pemberian pakan pada sapi dilakukan setelah pukul 09.00. karena pada waktu itu, embun air yang mengandung udara, tidak menempel di rumput,” jelas Tuhalus, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Peternakan dan Perikanan (PTHPP) Kabupaten Balangan.

Salah satu cara untuk melakukan pertolongan pertama pada ternak sapi yang terkena penyakit kembung tersebut kata Tuhalus hanya cukup dengan pengobatan secara tradisional, yakni dengan cara memasukan batang berlubang selama lima menit kedalam anus sapi, yang berguna untuk mengeluarkan angin yang mengisi perut sapi.

“Dalam hal ini, pengetahuan peternak sapi memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan ternak sapi yang dikelola. Karena, kesalahan dalam memelihara sapi, bisa mengakibatkan penyakit kembung dan berujung pada kematian sapi,” ujar tukasnya.

Selain menghindari penyakit kembung yang menyerang sapi katanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kematian pada sapi yang juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan, yakni pengelolaan kandang yang baik dan benar.

Sehingga kepada peternak sapi diharapkan agar lebih teliti dalam merawat kandang dan sapi ternaknya, dengan memperhatikan kebersihan dan jadwal pemberian pakan rumput pada sapi agar tidak terjadi lagi kematian pada ternak sapi

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response