Pemprov Diminta Tingkatkan Daya Saing Pasar Ternak


Pasalnya, penyakit burcolosis dan hocolera tersebut, mengakibatkan mutu ternak menjadi rendah dan daya saing pasar untuk dua jenis ternak ini di tingkat nasional kalah dengan daerah lain.

Ketua Asosiasi Peternakan Babi (Aspebi) NTT Vinsen Pata kepada VN di Kupang, Kamis (21/8) mengatakan, prospek pasar ternak babi dan sapi di NTT cukup menjanjikan. Namun, belum banyak yang dibawa ke luar atau hanya untuk memenuhi kebutuhani dalam daerah.

“Kalau mau kita ekspor ke luar, harus bebas dulu dari penyakit,” katanya. Menurutnya, khusus untuk ternak babi yang ada di Pulau Timor, jangankan ke luar NTT, ke Flores saja tidak bisa. Dikhawatirkan penyakit yang diidap bisa menular ke ternak babi lain di Flores.

Karena itu, kata Vinsen, untuk meningkatkan daya saing pasar ke luar daerah, pemerintah harus menghentikan penyakit yang menyerang babi dan sapi di NTT. Sebab, daerah lain pun akan melarang masuknya ternak dari luar yang membawa wabah penyakit.

Menurutnya, peluang pasar ternak NTT sangat menjanjikan karena dilirik oleh dua negara tetangga yakni Timor Leste dan Australia. Pemerintah Timor Leste belum lama ini menjajaki kerja sama dengan NTT di bidang peternakan, khususnya ternak babi.

“Ada kelompok pengusaha dari Jerman yang bekerja sama dengan Timor Leste untuk membeli babi dari NTT,” katanya. Sementara ternak sapi, lanjut Vinsen, akan ada programpendampingan dari Pemerintah Australia. Diakuinya, belum lama ini ada pertemuan para pengusaha ternak di NTT dengan utusan Pemerintah Australia membahas tentangpeternakan sapi.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Thobias Uly mengatakan, peluang pasar ternak ke negara Timor Leste sangat terbuka bagi pengusaha ternak di NTT. Karena itu, dia memintapara pengusaha untuk memanfaatkan peluang ini, karena dari Pemerintah Timor Leste menjajaki kerja sama di bidang peternakan, khususnya tenak babi.

Dia mengaku, pada 22 Juli lalu, pengusaha dan peternak di Timor Leste datang ke NTT untuk melihat peternakan babi di NTT. Mereka tertarik untuk mengembangkan ternak babi di negaranya.(Sumber : vnewsmedia.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response