Pemkot Jakbar Gelar Apresiasi Olahan Hasil Ternak dan Ikan

Pemerintah Kota Jakarta Barat mengadakan apresiasi olahan hasil ternak dan ikan, Kamis (19/6), di halaman parkir selatan kantor wali kota. Kegiatan yang dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat H Syamsuddin Lologau itu diikuti sebanyak 48 kelompok, terdiri atas PKK, Dharma Wanita, dan pelajar SMK. Hadir pada kesempatan itu Ketua PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jakbar Hj Supriyanti Anas.

Untuk ketegori terbagi dua, yakni olahan ikan 24 kelompok dan olahan ternak 24 kelompok. Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat, Eviaty, mengatakan kegiatan rutin tahunan untuk memperingati HUT ke-487 Kota Jakarta itu dimaksudkan menambah wawasan dan keterampilan sekaligus mempromosikan olahan hasil ternak dan ikan di Jakbar. “Tujuannya untuk memasyarakatkan makanan olahan hasil ternak dan ikan,” ujarnya.

Pada sambutannya, Seko H Syamsuddin Lologau mengatakan upaya perbaikan gizi masyarakat merupakan syarat penting untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, maju dan mandiri. “Guna memenuhi gizi yang seimbang, harus tersedia pangan dalam jumlah yang cukup dengan mutu gizi yang baik,” ujarnya.

Dikatakan, bedasarkan pendapat ahli gizi, idealnya seseorang harus mengonsumsi makanan berprotein 35 gram per hari, dimana 16 gram merupakan protein hewani yang dapat diperoleh dari ikan dan daging. “Sebagaimana yang harus kita penuhi target konsumsi makan ikan per kapita per tahun nasional tahun 2014 adalah sebesar 38 kg. sedangkan pada 2013, angka konsumsi ikan (AKI) Provinsi DKI saat ini 33,32 kg per kapita per tahun. Untuk protein hewani yang berasal dari ternak, target nasional sebesar 7 kg per kapita per tahun, dan baru terpenuhi sebesar 4,2 per kapita per tahun,” sebut Seko.

Menurutnya, peran kaum ibu memiliki pengaruh besar dalam penyediaan asupan protein keluarga maupun mayarakat. Mengingat mellui kaum ibu proses peningkatan protein hewani dan gizi keluarga serta masyarakat dapat terkendali. “Karenanya, pembekalan terhadap ibu rumah tangga dan siswa SMK tentang aneka masakan perlu dilakukan melalui pengenalan aneka ragam masakan yang berasal dari ternak dan ikan,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk kelompok PKK ketegori olahan ikan, juara I diraih PKK Kebon Jeruk, juara II Kembangan, juara III Palmerah, harapan I-II Tamansari dan Kalideres. Kelompok Dharma Wanita, juara I Sudin Pemakaman, juara II Dikdas, juara III Perindustrian dan Energi, harapan I-II P2B dan Damkar PB. Kelompok SMK/SMA, juara I SMKN 60 Duri Kepa, juara II SMA 60 Kebon Jeruk, juara III Satria Srengseng, harapan I-II Ibu Pertiwi Slipi dan SMK 45 Kebon Jeruk.

Sedang kategori olahan ternak kelompok PKK juara I Gropet, juara II Kebon Jeruk, juara III Kembangan, harapan I-II Palmerah dan Tamansari. Kelompok Dharma Wanita, juara I Bagian Tata Ruang dan LH, juara II Bagian Kesos, juara III Satpol PP, harapan I Kesbangpol. Kelompok SMK/SMA, juara I SMK Prima Wisata, juara II SMKN 60, juara III SMKN 42, harapan I-II SMKN 13 dan SMK Widya Patria. Juara umum diraih Kecamatan Kebon Jeruk.

Tropy dan hadiah diserahkan Seko H Syamsuddin Lologa, Ketua DWP Jakbar Hj Supriyanti Anas dan Kasudin Peternakan dan Perikanan. Juara I-III mendapat tropy dan hadiah Kulkas, Kompor gas dan tabung gas, dan microwave. Untuk kelompok PKK, juara I-III akan mewakili Jakarta Barat ke tingkat DKI pada 26 Juni mendatang.(Sumber : barat.jakarta.go.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response