Pemkab Pelalawan Salurkan 100 Ekor Sapi Australia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Peternakan, berhasil merebut dana pusat pada 2015. Dana ini berupa bantuan binatang ternak sapi Australia (jenis Baracot, red) berjumlah 100 ekor.
Direncanakan awal Juli depan bantuan tersebut telah sampai ke Pelalawan dan langsung diserahkan kepada UPTD Pembibitan Peternakan Kabupaten Pelalawan yang berada di Kecamatan Langgam.

“Ya, sesuai dengan instruksi Pak Bupati Pelalawan HM Harris bahwa dinas harus mampu mendekatkan diri kepada pemerintah pusat serta merebut peluang dana APBN. Untuk itu, maka Dinas Peternakan langsung melakukan tindakan serta langkah-langkah. Alhamdulillah, hasilnya melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015 ini, kami mendapat bantuan 100 ekor sapi. Sedangkan sapi-sapi tersebut akan ditempatkan di Unit Pelayan Teknis Daerah (UPTD) Kabupaten Pelalawan yang berada di Kecamatan Langgam, untuk dipelihara dan dilakukan pengembangbiakannya,” terang Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Pelalawan Ir H Tengku Wahiduddin MSi kepada Riau Pos, Jumat (5/6) di Pangkalankerinci.

Dijelaskan Kepala Disnak, bahwa dana yang berhasil diraih pihaknya merupakan implementasi dari kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) beberapa waktu lalu. Dan dana APBN tersebut dalam bentuk bantuan 100 ekor sapi Australia yang merupakan titik awal kerja sama Peternakan Pelalawan dengan BPPT. Disamping bantuan sapi tersebut, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan BPPT terutama kajian tentang ketersediaan pakan komplit ternak sapi.

“Ya, guna memaksimalkan produksi daging sapi yang berkualitas tinggi, tentunya perlu disediakan asupan gizi untuk hewan ternak. Untuk itu, maka kami dan BPPT bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit, telah menggelar penandatanganan (MoU) pakan ternak sapi dengan pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit, pelepah dan daun kelapa sawit. Dengan demikian, maka MoU tersebut memastikan pakan ternak sapi ini akan selalu tersedia, khususnya bingkil dan solip,” ujarnya.

Diungkapkan Wahiduddin, bahwa Kabupaten Pelalawan merupakan daerah yang mendapat alokasi bantuan hewan sapi yang lebih banyak dari daerah lainnya dengan jumlah sebanyak 100 ekor sapi. Sedangkan untuk daerah lainnya, hanya mendapat bantuan hewan sapi sebanyak 50 ekor sapi dengan jenis yang sama.

(Sumber : riaupos.co)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.