Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak

pelepah-sawit-untuk-pakan-ternak

DUNIATERNAK.COM, – Pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dissosnakertrans)Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melatih sebanyak 20 warga untuk mengolah pelepah kelapa sawit menjadi makanan ternak sapi, hal ini terlihat saat uji coba dalam praktek, di Dusun Boncah Poran Desa Babussalam Kecamatan Rambah, Sabtu(7/11).

Kadissosnakertrans Rohul Heri Islami mengatakan pelatihan dilaksanakan selama lima hari mulai Kamis 5 November sampai Senin 9 Nopember, merupakan pengembangan keterampilan dan wira usaha ketenagakerjaan dengan program pemberdayaan tenaga kerja dari Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI.

“Kemenaker telah memberikan bantuan satu Unit mesin CHOPPER C-515 untuk membuat Pakan ternak sapi kepada kita, kemudian untuk tahap awal ini diberikan kepada kelompok peternak Sapi di Desa Babussalam,” ujarnya.

Sebelumnya, mesin tersebut difungsikan terlebih dahulu dilakukan pelatihan selama lima hari dengan mendatangkan Instruktur pengolahan pakan ternak dari Kemenaker RI, juga dari Kadin Provinsi Riau, lanjutnya, pelatihan tersebut telah dilakukan pengetahuan secara teori selama tiga hari dan praktek selama tiga hari dan Jumat (6/11) merupakan hari praktek secara langsung di lapangan.

Heri Islami, didampingi Kabit Tenaga Kerja Aprizon mengatakan cara kerja mesin tersebut dengan mengumpulkan pelepah sawit sebanyak-banyaknya, kemudian diolah dengan Mesin dengan menghancurkan
sehingga menjadi bubur. “Hasil olahan tersebut dimasukkan kedalam tong besar dan ditutup rapat dan dibiarkan selama satu minggu, setelah itu baru diberikan kepada ternak sapi,” bebernya.

Terangnya, setelah dilakukan pembinaan serta bantuan mesin akan berdampak positip kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha ternak dan pakan seperti saat ini bantuan mesin diberikan berkapasitas 500 kilogran/Jam.

Selain itu, Heri Islamy berpendapat mesin tersebut bisa dimanfaatkan kelompok untuk meningkatkan perekonomian dengan mengolah pelepah sawit menjadi pakan ternak sapid an dijual kepada warga yang membutuhkan pakan sapi.

“Setelah berhasil untuk bantuan tahap pertama ini akan kita usulkan kembali kepada Kementyrian Ketenaga kerjaan atas dasar antusias masyarakat penerima bantuan,” pungkas Heri Islamy mantan Kadiskoperindag tersebut.

Masih di tempatnya Sementara itu salah seorang peserta pelatihan mengatakan dengan adanya bantuan mesin dan pelatihan tersebut sangat membantu masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja baru yakni membuat pakan ternak dari pelepah sawit selama ini belum pernah mereka kerjakan.

“kami mengucapkan terima kasih kepada kementrian tenaga kerja dan juga Dissosnakertrans Rohul telah memberikan kami lapangan kerja baru mudah-mudahan dengan bantuan tersebut dapat menambah penghasilan kami di samping beternak sapi juga menjual pakan sapi,” terangnya.

(Sumber : doprak.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.