Musim Pancaroba Ternak Sapi Rawan Terserang Flu

Demam Tiga Hari Sapi

Musim pancaroba membuat peternak sapi waswas. Pasalnya, selama peralihan musim, ternak mereka rentan terserang demam dan flu. Jika dibiarkan tanpa diobati, maka ternak mereka bisa mati.

Setidaknya kondisi ini dialami peternak di Kecamatan Wonosegoro. Data dari Kantor UPTD Peternakan dan Perikanan Wonosegoro, satu dari 20 ekor populasi sapi saat ini menderita demam akibat pancaroba. Selain sapi, kondisi yang sama juga terjadi pada ternak kambing.

Namun untuk kambing memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik di bandingkan sapi. Suwarso, Kasubag TU UPTD Peternakan dan Perikanan Wonosegoro mengungkapkan, musim pancaroba ini membuat ketahanan tubuh ternak menurun hingga mudah terserang penyakit, di antaranya demam dan flu.

Satu dari 20 ternak di Wonosegoro terserang demam, ungkap dia, Jumat (13/12).

Ciri-ciri ternak yang terserang demam di antaranya ditandai dengan berkurangnya nafsu makan dan malas bergerak. Dalam kondisi tersebut jika tidak mendapat penangan segera, kaki sapi bisa menjadi pincang.

Bahkan kalau dibiarkan, ternak sapi bisa mati. Namun sejauh ini belum ada laporan kematian sapi di empat kecamatan di bawah koordinasi UPTD Peternakan dan Perikanan Wonosegoro, diantaranya Kecamatan Karanggede, Juwangi, Kemusu dan Kecamatan Wonosegoro sendiri.

Kondisi ini menurut Suwarso tidak lepas dari kesadaran peternak sapi yang semakin baik. Penanganan sapi yang sakit jelas Suwarso, dilakukan oleh dokter hewan maupun mantri hewan diantaranya dengan pemberian multivitamin, suntik antibiotik dan obat penurun panas jika suhu tubuh ternak sapi tinggi.

Meski demikian, Suwarso juga mengimbau supaya peternak lebih memperhatikan pola makan sapi. Ia mengatakan menurutnya standar pola makan sapi yakni memenuhi ketentuan 10 persen dari bobot sapi. Dan makanan yang diberikan berupa pakan hijauan seperti rumput dan dedaunan.

5-3 persennya bisa pakan ternak tambahan, seperti katul atau pakan pabrikan, kalau komposisi ini dipatuhi nantinya sapi tidak mudah sakit,imbuh dia. (Sumber : Joglosemar)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response