Mulai Dari Hobi Menjadi Ternak Kelinci

Cara Beternak Kelinci

KELINCI, siapa yang tak kenal dengan hewan mamalia satu ini. Hewan yang lucu dengan memiliki bulu yang lembut dengan dihiasai beragam warna ini ternyata lagi digandrungi semua orang. Dari mulai orang tua, muda hingga remaja putri, belakangan banyak yang memelihara hewan yang suka makan wortel ini.

Selain lucu, hewan ini juga mudah untuk dipelihara, dan tanpa harus memerlukan tempat yang istimewah. Cukup dengan kandang ukuran 40×50 centimeter dua kelinci sudah bisa bernaung dan berkembang biak dengan baik. Asalkan paham akan tata-cata merawat hewan ini.

Faizal (30) warga Perumahan Villa Pelangi Desa Getasan Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon ini, sudah satu tahun terakhir memiliki hobi baru memelihara 28 kelinci berbagai jenis. Muali dari local hingga kelinci jenis Rex dan Fuzzy Lop.

“Awalnya sih, kurang suka dengan kelinci. Setelah melihat teman pelihara kelinci dan di berikan dua ekor, jadi suka deh. Abis bulunya lucu,” kata Faizal saat ditemui di rumahnya, Jumat (7/8).

Menurutnya, setelah memiliki kelinci ia bersama teman-temannya membuat wadah (komunitas) dengan nama Komunitas Pecinta Kelinci Hias Cirebon (KPKHC) yang didirikan pada 4 Juni 2014 lalu bersama 7 orang temanya.

“Dengan memiliki wadah, kita bisa bertukar informasi tentang kelinci mulai darai penyakit, makanan hingga dalam perkawinan,” katanya.

Bapak satu anak ini, menjelaskan, teman-temanya dalam kesehariannya tak lepas dari dunia kelinci yang bagi mereka sangatlah mengasyikkan, bisa menghibur dan bahkan menjadi teman dekat. Apalagi jika kelinci kesayangannya itu memiliki bentuk atau bulu yang sangat indah, maka rasanya tak bisa lepas dari hewan mamalia tersebut.

“Ya, mereka semua adalah komunitas penggemar kelinci hias. Jadi selalu bergelut dengan dunia kelinci, tetapi mereka juga pekerja ko, ada yang kantoran, mahasiswa, pelajar dan pedagang termasuk saya sebagai pencari berita,” paparnya.

Dunia penggemar kelinci itu, kata Faizal, tentunya akan lebih menyenangkan jika banyak teman sehobi yang bisa bergabung. Karena mereka tak sendirian bisa bergelut dengan kelinci dan bisa bertukar pengalaman tentang binatang kesayangan mereka.

Diakui, dengan bergabungnya sejumlah penggemar kelinci tersebut, maka akan semakin membuat para anggota lebih nyaman bisa selalu bermain dengan kelinci. Kelinci yang mereka sukai, terdiri dari beragam jenis di antaranya, English Anggolan, Holand Lop, Rex, Fuzzy Lop, dan beberapa jenis kelinci hias yang bentuknya sangat lucu dan menarik lainnya.

”Setiap anggota memiliki kesenangan sendiri-sendiri, ada yang cenderung pada satu jenis dan ada pula yang dua jenis atau bahkan lebih,” ujarnya.

Dia juga mengaku anggota komunitasnya tidak hanya menggilai kelinci saja namun mereka juga mulai merambah pada jual beli dan beternak. Karena seringnya bergelut dengan kelinci, maka mereka lama-lama ingin mencoba mengembangbiakkan kelinci hias dan masuk ranah jual beli.

“Ragam kegiatan tentang kelinci itu menjadi sesuatu yang menarik untuk bisa digeluti dan saling mendukung,” katanya.

Ia mengatakan, aktivitas yang tak sekadar bergelut dalam hobi itu juga tak lepas dari kerapnya berkumpul di antara anggota. Sehingga bisa dikatakan ada kemajuan dalam komunitas tersebut karena tidak sekadar dalam hobi saja. Bahkan dunia kelinci itu bisa menjadi dunia usaha yang cukup menguntungkan, dilihat dari kemudahan beternak kelinci.

“Ada beberapa di antara kita yang memang sudah mengembangkan usaha ternak, karena beternak kelinci itu menyenangkan dan mudah dilakukan,” tambahnya. (Sumber : cirebonnews.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response